Kami keluarga besar MGMP IPS Kabupaten Kubu Raya Mengucapkan SELAMAT HARI NATALTAHUN 2013 DAN SELAMAT TAHUN BARU 2014 . Semoga di tahun 2014 MGMP IPS dapat lebih memberikan manfaat dalam peningkatan profesionalisme guru INFORMASI PERTEMUAN BULAN JANUARI DILAKSANAKAN TANGGAL 16 JANUARI PUKUL 07.30 DI SMP NEGERI 12 SUNGAI RAYA HARAP MEMBAWA RPP

Senin, 16 Juli 2012

WAJIB INTERNET BAGI GURU



WAJIB INTERNET BAGI GURU
Oleh : Waluyo
Karya Ilmiah Populer


Program bebas buta aksara bagi warga Indonesia sudah tidak ada lagi gaungnya  ini memberikan indikasi bahwa hampir semua rakyat Indonesia dapat membaca maupun menulis. Keberhasilan ini tentunya tidak lepas dari peranan guru . di era globalisasi kemampuan guru sebagai ujung tombak pendidikan. dituntut untuk kreatif dan inovatif didalam proses pembelajaran.
Penomena saat ini buku teks masih merupakan sumber belajar yang paling utama, hal ini terjadi karena sebagian besar guru belum memiliki kemampuan mengakses sumber belajar di dunia maya .atau internet. Sangat ironis, kalau di era digital dan globalisasi, masih ada guru yang gagap teknologi
Keterbatasan guru mengakses internet menjadi salah satu sebab kejanggalan sistem pendidikan di Indonesia. Kendala ini sebenarnya sudah lama tercium, namun hanya sebagian kecil sekolah yang mencari solusinya. Sebagian besar guru-guru yang ada di Indonesia sudah mampu  didalam menggunakan Komputer dan Labtop (Note Book), namun didalam penggunaan Komputer dan Laptop (Note Book) terasa kurang lengkap jika tidak di sertakan dengan akses internet
Internet merupakan singkatan dari interconnected Network jika diterjemahkan langsung berarti jaringan yang saling terhubung, karena merupakan sebuah jaringan sebuah kamputer yang terhubung ke internet berarti terhubung dengan sumua computer di seluruh dunia yang juga terhubung ke internet. Semua computer yang terhubung ke internet dapat mengakses semua informasi yang terdapat di internet secara gratis.
Internet merupakan sebuah dunia maya yang tidak ada penguasa. Artinya, semua orang mempunyai hak yang sama di internet. Karena itu internet merupakan dunia yang bebas tanpa  harus terikat pada peraturan –peraturan negara tertentu dan tanpa dibatasi oleh batas wilayah teritorial negara tertentu
Ada dua peranan internet yang sangat penting yakni (1) sebagai sumber data dan informasi dan (2) sarana pertukaran data dan informasi. Sebagai sumber informasi, internet menyimpan berbagai informasi dalam jumlah yang tidak terbatas, kita dapat mengakses informasi apapun di internet bahkan kita dapat menempatkan informasi yang kita miliki di interenet agar dapat diakses oleh orang lain.
Salah satu  fungsi guru saat ini  sebagai motivator transfer informasi bagi peseta didik. Saat ini sumber informasi sudah tanpa batas waktu dan tempat, namun sebagian besar guru tingkat partisipasi di ranah maya masih pada tingkat inactive yaitu tingkatan paling rendah. Menurut Forrester (Social   Technographics ) ada 6 tingkat partisipasi di ranah maya
  1. Pencipta. Mereka adalah orang yang mempublikasikan di web (blog, website, video, podcast).
  2. Kritikus. Mereka adalah orang yang memposting review online, komentar di blog, atau memberikan kontribusi dengan cara lain untuk konten yang ada.
  3. Kolektor. Mereka adalah orang yang membaca banyak informasi dan dapat memilih atau menandai halaman atau foto.
  4. Joiner. Mereka adalah orang yang memiliki profil yang berbeda pada situs jejaring sosial dan mengunjungi mereka dengan keteraturan tertentu.
  5. Penonton. Mereka adalah orang yang membaca informasi online, daftar podcast, dan menonton video tetapi tidak berpartisipasi.
  6. Inactives. Seperti diduga, ini adalah orang yang tidak terlibat dalam salah satu teknologi sosial.
Sehingga saat ini sebagian besar guru tidak terlibat dalam teknologi social ( internet), sehingga fungsi guru sebagai motivator pentranfer ilmu kurang berjalan secara optimal.
            Internet sebagai sumber informasi dan sumber data memiliki banyak manfaat bagi dunia pendidikan
A. Bagi guru
1.      Menambah dan meningkatkan pengetahuan
2.      Sharing ilmu, cerita dan pengalam kepada rekan-rekan guru yang lain yang ada di dalam negeri ataupun di luar negeri
3.      Bekerjasama dengan guru-guru lain
4.      Segala ide atau hasil karya bisa langsung di publikasikan dengan cepat
5.      Dengan memiliki situs atau blog bisa mengasah kemampuan menulis agar lebih baik lagi
6.      Membuat forum konsultasi dengan teman sejawat
7.      Mendapatkan informasi dengan cepat
8.      Bisa memilih dan mendapatkan bahan ajar
9.      Menjalin tali silathturahmi dengan guru-guru lain melewati jejaring sosial, contoh face book, twitter, yahoo masenger ataupun email.
10.  Mudah mendapatkan informasi-informasi penting seputar dunia pendidikan.
B. Bagi Peserta didik
1.      Membantu meningkatkan komunikasi siswa terhadap siswa lainnya
2.      Memudahan mendapatkan bahan pelajaran
3.      Bisa konsultasi langsung dengan gurunya, baik melewati jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Yahoo Masenger dan email ataupun melalui website gurunya
Mengingat begitu besarnya manfaat internet bagi guru memiliki beberapa aplikasi internet minimal :
1.      Electronik Mail ( E-Mail )
Adalah aplikasi internet untuk sarana komunikasi surat-menyurat dalam bentuk elektronik. Email merupakan alat komunikasi yang murah dan cepat. Kita dapat mengirim surat keseluruh dunia dengan biaya yang sangat murah. Karena kommunikasi melalui internet dilakukan dengan cepat, maka email yang kita kirim akan sampai dengan cepat pula, yakni setelah kita kirim. Email juga merupakan syarat utama untuk membuat web atau untuk  ikut dalam suatu situs social ( Log In )
2.      Mailing List
Adalah aplikasi internet yang digunakan sebagi sarana diskusi atau bertukar informasi dalam satu kelampok (contoh kelompok Guru IPS ) melalui email. Setiap email yang dikirim ke alamat  mailing list ( millis )akan terkirim ke seluruh alamat email yang terdaftar sebagai anggota millis .
3.      Blogs
Blog berasal dari kata Web dan Log (WEBLOG) yang berarti catatan online (yang berada di web). Pengertian yang lebih lengkap, blog adalah situs web yang berisi tulisan, artikel atau informasi bermanfaat yang diupdate (diperbaharui) secara teratur dan dapat diakses secara online baik untuk umum maupun pribadi.  Dengan blog guru dapat memanfaatkan sebagai tempat untuk menyampaikan informasi secara onlne, baik materi pelajaran, tugas untuk siswa sehingga siswa yang tidak masukpun masih dapat mengakses pelajaran, di blogs ini pula guru dapat menampilkan nilaI ulangan  atau tugas yang diberikan siswa sehingga orang tua siswa juga dapat mengetahui dari awal kemampuan belajar anaknya.
4.      Mesin pencari
Apabila kita  sudah berinternet melakukan browsing dengan Mozilla Fire Fox atau Opera secara otmatis kita akan disajikan mesin pencari informasi di internet misalya Google,yahoo,Lycos dll. Disinilah kita akan mencari informasi yang kita perlukan.
Mengingat begitu besar manfaat internet bagi guru maka guru yang professional sudah waktunya harus dapat berinternet pada tingkat pencipta sehingga proses pembelajaran akan lebih kreatif dan inovatif dan akan lebih bermakna  sehingga menghasilkan peserta didik yang berkualitas.
Daftar Pustaka
Henry Pandia(2006), Teknologi Informasi dan Komunikasi, Jakarta : Erlangga
Laksaman Media(2008), Cara Baru Buat Blog, Yogyakarta: Mediacom
Rusman(2010) Model-Model Pembelajaran, Jakarta : Rajawali Pers
Trianto(2007), Model-Model Pembelajaran, Jakarta: Prestasi Pustaka
Triyadi(2006), Teknologi Informasi dan Komunikasi 3, Solo: PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri,


Tidak ada komentar:

Posting Komentar