WAJIB
INTERNET BAGI GURU
Oleh : Waluyo
Karya Ilmiah
Populer
Program
bebas buta aksara bagi warga Indonesia sudah tidak ada lagi gaungnya ini memberikan indikasi bahwa hampir semua
rakyat Indonesia dapat membaca maupun menulis. Keberhasilan ini tentunya tidak
lepas dari peranan guru . di era globalisasi kemampuan guru sebagai ujung
tombak pendidikan. dituntut untuk kreatif dan inovatif didalam proses
pembelajaran.
Penomena
saat ini buku teks masih merupakan sumber belajar yang paling utama, hal ini
terjadi karena sebagian besar guru belum memiliki kemampuan mengakses sumber
belajar di dunia maya .atau internet. Sangat ironis, kalau di era digital dan globalisasi, masih
ada guru yang gagap teknologi
Keterbatasan
guru mengakses internet menjadi salah satu sebab kejanggalan sistem pendidikan
di Indonesia. Kendala ini sebenarnya sudah lama tercium, namun hanya sebagian
kecil sekolah yang mencari solusinya. Sebagian besar guru-guru yang ada di
Indonesia sudah mampu didalam
menggunakan Komputer dan Labtop (Note Book), namun didalam penggunaan Komputer
dan Laptop (Note Book) terasa kurang lengkap jika tidak di sertakan dengan
akses internet
Internet
merupakan singkatan dari interconnected Network jika diterjemahkan langsung
berarti jaringan yang saling terhubung, karena merupakan sebuah jaringan sebuah
kamputer yang terhubung ke internet berarti terhubung dengan sumua computer di
seluruh dunia yang juga terhubung ke internet. Semua computer yang terhubung ke
internet dapat mengakses semua informasi yang terdapat di internet secara
gratis.
Internet
merupakan sebuah dunia maya yang tidak ada penguasa. Artinya, semua orang
mempunyai hak yang sama di internet. Karena itu internet merupakan dunia yang
bebas tanpa harus terikat pada peraturan
–peraturan negara tertentu dan tanpa dibatasi oleh batas wilayah teritorial
negara tertentu
Ada
dua peranan internet yang sangat penting yakni (1) sebagai sumber data dan
informasi dan (2) sarana pertukaran data dan informasi. Sebagai sumber
informasi, internet menyimpan berbagai informasi dalam jumlah yang tidak
terbatas, kita dapat mengakses informasi apapun di internet bahkan kita dapat
menempatkan informasi yang kita miliki di interenet agar dapat diakses oleh
orang lain.
Salah
satu fungsi guru saat ini sebagai motivator transfer informasi bagi
peseta didik. Saat ini sumber informasi sudah tanpa batas waktu dan tempat,
namun sebagian besar guru tingkat partisipasi di ranah maya masih pada tingkat
inactive yaitu tingkatan paling rendah. Menurut Forrester (Social Technographics ) ada 6 tingkat partisipasi
di ranah maya
- Pencipta. Mereka adalah orang yang mempublikasikan di web (blog, website, video, podcast).
- Kritikus. Mereka adalah orang yang memposting review online, komentar di blog, atau memberikan kontribusi dengan cara lain untuk konten yang ada.
- Kolektor. Mereka adalah orang yang membaca banyak informasi dan dapat memilih atau menandai halaman atau foto.
- Joiner. Mereka adalah orang yang memiliki profil yang berbeda pada situs jejaring sosial dan mengunjungi mereka dengan keteraturan tertentu.
- Penonton. Mereka adalah orang yang membaca informasi online, daftar podcast, dan menonton video tetapi tidak berpartisipasi.
- Inactives. Seperti diduga, ini adalah orang yang tidak terlibat dalam salah satu teknologi sosial.
Sehingga saat ini
sebagian besar guru tidak terlibat dalam teknologi social ( internet), sehingga
fungsi guru sebagai motivator pentranfer ilmu kurang berjalan secara optimal.
Internet sebagai sumber informasi dan sumber data
memiliki banyak manfaat bagi dunia pendidikan
A. Bagi guru
1.
Menambah dan meningkatkan pengetahuan
2.
Sharing ilmu, cerita dan pengalam kepada
rekan-rekan guru yang lain yang ada di dalam negeri ataupun di luar negeri
3.
Bekerjasama dengan guru-guru lain
4.
Segala ide atau hasil karya bisa
langsung di publikasikan dengan cepat
5.
Dengan memiliki situs atau blog bisa
mengasah kemampuan menulis agar lebih baik lagi
6.
Membuat forum konsultasi dengan teman
sejawat
7.
Mendapatkan informasi dengan cepat
8.
Bisa memilih dan mendapatkan bahan ajar
9.
Menjalin tali silathturahmi dengan
guru-guru lain melewati jejaring sosial, contoh face book, twitter, yahoo
masenger ataupun email.
10.
Mudah mendapatkan informasi-informasi
penting seputar dunia pendidikan.
B. Bagi Peserta didik
1.
Membantu meningkatkan komunikasi siswa
terhadap siswa lainnya
2.
Memudahan mendapatkan bahan pelajaran
3.
Bisa konsultasi langsung dengan gurunya,
baik melewati jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Yahoo Masenger dan
email ataupun melalui website gurunya
Mengingat begitu
besarnya manfaat internet bagi guru memiliki beberapa aplikasi internet minimal
:
1.
Electronik Mail ( E-Mail )
Adalah
aplikasi internet untuk sarana komunikasi surat-menyurat dalam bentuk
elektronik. Email merupakan alat komunikasi yang murah dan cepat. Kita dapat
mengirim surat keseluruh dunia dengan biaya yang sangat murah. Karena kommunikasi
melalui internet dilakukan dengan cepat, maka email yang kita kirim akan sampai
dengan cepat pula, yakni setelah kita kirim. Email juga merupakan syarat utama
untuk membuat web atau untuk ikut dalam
suatu situs social ( Log In )
2.
Mailing List
Adalah
aplikasi internet yang digunakan sebagi sarana diskusi atau bertukar informasi
dalam satu kelampok (contoh kelompok Guru IPS ) melalui email. Setiap email
yang dikirim ke alamat mailing list (
millis )akan terkirim ke seluruh alamat email yang terdaftar sebagai anggota
millis .
3.
Blogs
Blog
berasal dari kata Web dan Log (WEBLOG) yang berarti catatan online (yang berada
di web). Pengertian yang lebih lengkap, blog adalah situs web yang berisi
tulisan, artikel atau informasi bermanfaat yang diupdate (diperbaharui) secara
teratur dan dapat diakses secara online baik untuk umum maupun pribadi. Dengan blog guru dapat memanfaatkan sebagai
tempat untuk menyampaikan informasi secara onlne, baik materi pelajaran, tugas
untuk siswa sehingga siswa yang tidak masukpun masih dapat mengakses pelajaran,
di blogs ini pula guru dapat menampilkan nilaI ulangan atau tugas yang diberikan siswa sehingga
orang tua siswa juga dapat mengetahui dari awal kemampuan belajar anaknya.
4.
Mesin pencari
Apabila
kita sudah berinternet melakukan
browsing dengan Mozilla Fire Fox atau Opera secara otmatis kita akan disajikan
mesin pencari informasi di internet misalya Google,yahoo,Lycos dll. Disinilah
kita akan mencari informasi yang kita perlukan.
Mengingat begitu besar
manfaat internet bagi guru maka guru yang professional sudah waktunya harus
dapat berinternet pada tingkat pencipta sehingga proses pembelajaran akan lebih
kreatif dan inovatif dan akan lebih bermakna
sehingga menghasilkan peserta didik yang berkualitas.
Daftar Pustaka
Henry
Pandia(2006), Teknologi Informasi dan
Komunikasi, Jakarta : Erlangga
|
Laksaman
Media(2008), Cara Baru Buat Blog, Yogyakarta:
Mediacom
|
Rusman(2010)
Model-Model Pembelajaran, Jakarta
: Rajawali Pers
|
Trianto(2007),
Model-Model Pembelajaran, Jakarta:
Prestasi Pustaka
|
Triyadi(2006),
Teknologi Informasi dan Komunikasi 3, Solo: PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri,
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar