PENGGUNAAN MEDIA MUSIK DAN NYANYIAN UNTUK
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM
MATA PELAJARAN IPS SEJARAH DIKELAS
IX
F SMP NEGERI 3 SUNGAI RAYA KABUPATEN KUBU RAYA.
PROPOSAL
OLEH :
MASHUDI
RAHMAD .S.Pd
JOKO
HADIWIJAYA.S.Pd
SALIYAH.S.Pd
WARYO.S.Pd
PEMERINTAH KABUPATEN KUBU RAYA
DINAS PENDIDIKAN
SMP NEGERI 3 SUNGAI RAYA
2012
LEMBAR PENGESAHAN
PENGGUNAAN
MEDIA MUSIK DAN NYANYIAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPS
SEJARAH DIKELAS
IX
F SMP NEGERI 3 SUNGAI RAYA KABUPATEN KUBU RAYA.
OLEH :
MASHUDI
RAHMAD .S.Pd
JOKO
HADIWIJAYA.S.Pd
SALIYAH.S.Pd
WARYO.S.Pd
DISETUJUI OLEH
KATA PENGANTAR
Fuji sukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, yang telah melimpahkan taufik
dan hidayahnya serta kekuatan dan kemudahan bagi peserta / peneliti sehingga
dapat menyelesaikan Laporan Penelitian Tindaka sekolah sebagai imflementasi
dari Tugas MGMP Dari tanggal 25 juni sampai 17 juli 2012.
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan Judul ” Penggunaan media musik dan
nyanyian untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS
Sejarah di kelas IX F SMP Negeri 3 Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya,
Segala Upaya dalam penyelesaian
Kartulis Ilmiah ini adalah karna berkat kerjasama kelompok dan pembimbing yang
mendukung satu sama lain maka melalui laporan ini kami menghaturkan banyak
terima kasih kepada Yth :
1. Bapak widiaswara Asep Sutisna M.Pd
2. Kerjasama
kelompok SMP, Khusunya Kelompok IPS
Kabupaten Kubu Raya
3. Pihak-pihak
lain yang mendukung.
Semoga
apa yang menjadi masukan dan saran dari
semua fihak dapat menjadi acuan dan perbaikan Karya tulis ilmiah ini sehingga
untuk dimasa yang akan datang karya tulis ini tampil lebih mendekati
kesempurnaan demi karya dimasa-masa yang akan datang.
Akhirnya atas nama peneliti hanya dapat
menghatur terima kasih atas segala kontribusinya terhadap penyelesaian karya
tulis ini mudah-mudahan dengan tampil karya tulis ini dapat membantu Bapak /Ibu
guru dalam upaya peningkatan Propesional guru dan kualitas pendidikan pada
umunya
Pontianak, 12 juli 2012
Peneliti
DAFTAR ISI
Judul………….…………………………………………………………… . i
Lembar
Pengesahan…………………………………………………………ii
Daftar Isi…….………………………………………………………………iii
Kata
Pengantar………………………………………………………………iv
Daftar
Lampiran………………………………………………………….. v
Ringkasan………………………………………………………………….
vi
BAB. I PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang Masalah………………………………………………… 1
B.
Identifikasi
Masalah …………………………………………………2
C.
Pemecahan
Masalah…………………………………………………….. 2
D.
Tujuan
Penelitian………..……………………………………………… 2
E.
Manfaat
penelitian…………………………………………………… … 2
BAB.II KAJIAN PUSTAKA
A.
Kajian
Teori dan hasil Penelitianyang relevan…………………….……..3
B.
Kerangka
berpikir …..………………………………………….…….3
BAB. III METODE PENELITIAN
A.
Subjek,Lokasi
dan Waktu Penelitian……………………………………. ..8
B.
Prosedur Penelitian……..………………………………………………... 8
C.
Teknik
Pengumpulan Data..…………………………………………….…8
D.
Teknik
Analisis Data……….……………………………………………..10
E.
Indikator
Keberhasilan……………………………………………………11
JUDUL.A
PENGGUNAAN MEDIA MUSIK DAN NYANYIAN UNTUK
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM
MATA PELAJARAN IPS SEJARAH DIKELAS
IX
F SMP NEGERI 3 SUNGAI RAYA KABUPATEN KUBU RAYA.
B.LATAR BELAKANG
Proses
pembelajaran dalam sistem
intruksional merupakan salah
satu aspek yang didalamnya terjadi berbagai interaksi unsur pembelajaran,diantaranya adalah
guru,tujuan,materi, metode, alat bantu
mengajar bagi siswa .Guru
harus mampu menciptakan model
pembelajaran yangefektif untuk mencapai
tujuanpembelajaran.
Proses pembelajaran akan berhasil dengan
baik bila mana ditunjang dengan kemampuan guru dalam
menciptakan situasi atau interaksi belajar mengajar,interakasi dalam proses
belajar yang menarik dan menyenangkan
akan menumbuhkan minat belajar yang tinggi bagi siswa.Sehubungan dengan itu
Guru harus menentukan atau memilih metode mengajar yang sesuai dengan tujuan
dan materi pelajaran dalam proses
pembelajaran yang dilakukan.
Pelajaran IPS Sejarah merupakan
pembelajaran yang sulit bagi siswa,karena pelajaran tersebut merupakan
pelajaran yang banyak menggu-Nakan
hafalan dan cerita yang berkaitan dengan
terjadinya suatu peristiwa . Salah
sutu metode yang mampu membuat siswa berfartisipasi dalam pembelajaran adalah
dengan menggunakan nyanyian dan musik .Agar siswa mampu
menghafal hal-hal yang berkaitan dengan materi yang disampaikan kepada siswa
. Mengubah kalimat dalam lagu menjadi kalimat yang berkaitan dengan materi yang
disampaikan,,ini semua bisa membantu
siswa menghafal mulai dari kejadian,tempat kejadian,tanggal kejadian
sampai tokoh-tokoh yang terlibat peristiwa yang lalu yang menjadi sejarah
bangsa .Pada kenyataannya bahwaSetiap pelajaran sejarah sebagian besar murid
SMP Negeri 3 Sungai RayaKelas IX E mengalami kesulitan untuk menghafal hal-hal
yang berkenaanTanggal kejadian,tempat kejadian,dan nama tokoh yang terlibat
dalamKejadian tersebut serta peristiwa apa yang terjadi.
Pada dasarnya kelas IX F ini merupakan
kelas yang dilihat dari hasi lbelajarnya pada mata pealajaran IPS Sejarah
,apabila dilakukan penilaianSecara tertulis maupun lisan selalu mendapatkan
nilai dibawah KMM.Dengan menggunakan nyanyain dan musik maka ada peningkatan
dalamHasil penilaian secara tertulis maupun lisan.
A. RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan latar belakang tersebut
diatas, maka masalah dalam penelitian ini
adalah : “Apakah dengan menggunakan media musik dan nyanyian dapat
meningkatkan hasil bejar siswa SMP Negeri 3 Sungai “Raya Kelas IX f.
1
2
B. TUJUAN PEMBELAJARAN
Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka tujuan penelitian tindakan
kelas ini adalah:
1. Meningkatkan
hasil siswa dalam pembelajaran pelajaran IPS
2. Meningkatkan
prestasi siswa pada mata pelajaran IPS sejarah
3. Meningkatkan
kinerja guru dalam pembelajaran IPS Sejarah kelas IX F
C. MANFAAT PENELITIAN
Hasil dari penelitian tindakan kelas ini
akan memberikan manfaat yang berarti bagi perorangan ./intansi di bawah ini
1.
Siswa
a.memberikan
motivasi dan mengubah prilaku murid dalam kegiatan belajar
mengajar.
b.mengungkap
pengetahuan siswa dalam menghafal tanggal, tempat dan tokoh
yang terjadi
c.melakukan
evaluasi akhir satu pokok bahasan atau sub pokok bahas an yang
dibelajarkan .
2.
Guru
a. Meningkatkan
kemampuan guru dalam menggunakan media computer
b. Lebih
memudahkan melaksanakan KBM
c. Dengan
menggunkan musik dan nyanyian lebih memudahkan guru dalam menyampaikan materi
D. KAJIAN TEORI
Belajar dalam pandangan teori modern
adalah merupakan proses perubahan
tingkah laku interaksi
dengan lingkungan , jadi seorang dikatakan melakukan
kegiatan belajar setelah
ia memperoleh hasil misalnya dari tidak tahu ,tidak
mengerti menjadi mengerti .
Belajar menurut
daya, jiwa manusia terdiri
dari berbagai daya,Keinginan dan
daya kemauan. Daya akan berfungsi
jika telah terbentukAtau berkembang ,oleh karena
itu daya tersebut harus terlatih belajar Menurut
fiskologi assosiasi.
Aliran fiskologi
ini terkenal dengan
sebutan S-R Bond The Ory Yaitu teori stimulus dan respon.
Setiap stimulus akan
menimbulkan respon atau
jawaban tertentu ,ikatan stimulus
dan respon ini akan bertambah kuat apabila sering mendapat
latihan.Tiori ini dikemukakan oleh Thorndike.
Teori belajar menurut fiskologi
daya seperti yang sudah diuraikan
diatas, bahwa jiwa manusia terdiri dari berbagai daya dimana salah satu
diantaranya adalah daya ingat.Hakekat dari daya ingat adalakemampuan dari jiwa
manusia untuk mengungkapkan atau mengaktualkan
kembali hal-hal
3
atau konsep-
konsep yang telah diterimaOleh jiwanya. Daya ingat dalam proses
pembelajaran IPS sejarah
merupakan ide- ide ,struktur-struktur dari
hubungan yang lebih abstrak (Herman
Hudojo,1979,hal 96 ).
Kata media berasal dari bahasa latin
dan merupakan bentuk jamakDari kata medium yang secara harfiah berarti perentara, dan juga mediaItu merupakan wahana
penyalur pesan atau informasi belajar,
sedangkan defenisi mediapendidikan atau media pembelajaran dalam IPS sejarah sering disebut dengan alat
peraga.Dalam pembelajaran dapat
Terjadi komunikasi,dan hal ini bisa
disebabkan oleh beberapa hal,diantaranya :
1. Guru
kurang mampu dalam menyampaikan informasi
2. Adanya
perbedaandaya tangkap para siswa
3. Adanya
perbedaan ruang dan waktu
4. Jumlah
siswa dalam kelas relatif besar sehingga sulit dijangkau.
Untuk menghindari kemungkinan terjadi salah
komunikasi, maka perlu media pembelajaran yang menurut Darhim (1993) berfungsi:
1. Menghindari
kesalahan komunikasi
2. Meningkatkan
hasil proses belajar mengajar
3. Membangkitkan
minat belajar
4. Membantu
daya ingat atau daya tilik siswa
5. Melihat
hubungan antara konsep IPS Sejarah dengan lingkungan
E.
METODE
PENELITIAN
1. Tempat
penelitian
Tempat penelitian dilakukan di SMP Negeri 3 Sungai
Raya Kabupaten Kubu Raya Khususnya Pada
kelas IX F.
2.
Prosedur
penelitian dan Rencana tindakan
Siklus pertama
Penelitian ini menggunakan metode tindakan
kelas,yang bersiklus dialkukan dalam tahap, penelitian ini dilakukan melalui 2
tahap :
1.
Tahap Perencanaan
Dalam tahap perencanaan ini dilakukan dengan cara
mempersiapkan perangat pembelajaran
2.
Tahap
Pelaksanaan
Dalam tahap pelakasanaan ini adalah tahap yang
menetukan apakah metode yang diterapkan
itu bisa tercapai atau tidak.
Tahap
pelaksanaan terdiri dari :
a.Menyusun
rencana tindakan
Untuk menyusun rencana tindakan ini
dilakukan beberapa cara:
1. Guru mempersiapkan bahan ajar termasuk dalam hal
ini RPP
2. Karena menggunakan media musik dan nyanyian ini juga
dipersiapkan.
4
a. Melaksanakan tindakan.
Untuk
melaksanakan tindakan ini siswa
diajak mengingat salah satu lagu yang lagi tren atau yang lagi top-topnya
setelahItu kita ganti kata dalam lagu itu dengan kata –kata dalam materi yang
yang akan kita sampaikan .Kemudian siswa kita ajak menyanyikan lagu yang
kalimatnya sudah diganti dengan materi pelajaran .
Selain kami sendiri
selaku peneliti juga dari guru yang sama-sama mengajar IPS sekaligus
pengamat dalam kegiatan mengajar
berlangsung dan siswa yang dikenai tindakan.
b.
Alat
pengumpul data dan observasi
Alat
pengumpul data adalah
1.Catatan harian
ini meliputi perubahan cara guru dalam
menetukan
metode pembelajaran agar siswa dapat menghafal hal-hal yang
penting dalam pelajaran IPS sejara
2 Pengamatan kelas untuk merekam interaksi
guru dan murud
Dalam hal ini penanaman konsep yang meliputi
suasana kelas,dan aktifitas siswa
dalam mengikuti pelajaran. Pengamatan yang dilakukan oleh peneliti
dengan guru IPS yang lainsebagai
pembantu peneliti
3.pengukuran
hasil belajar
Pengukuran
hasil belajar dilakukan dengan tes belajar
yang disusun
berdasarkan konsep /sub konsep
yang
diajarkan
dengan bentuk nyanyian yang dibuat oleh
guruCatatan
harian ini meliputi perubahan cara guru
dalam
menetukan metode pembelajaran agar siswa
dapat
menghafal hal-hal yang penting dalam pelajaran
IPS
sejara
F.
ANALISIS
DAN REFLEKSI
a.
Prosedur
analisis
Data dianalisis berdasarkan perubahan serta siklus
tentang banyakNya frekwensi siswa yang mampu menghafal hal-hal yang
berkaitanDengan pelajaran IPS Sejarah.
b.
Pemaknaan
hasil analisis dan kreteria keberhasilan
Pemaknaan hasil penelitian mengenai hasil dari materi pembelajaranDengan membuatnya
menjadi nyanyian membuat sisemakin mampu untumenghafal hal- hal yang menyangkut
pelajaran IPS sejarah .
Rencana
tindakan siklus berikutnya
Pada siklus berikutnya diharapkan ada peningkatan
perubahan prilaku maupun kamampuan menghafal materi IPS Sejarah, Apabila pada
siklus ini tidak terjdi perubahan akan dilanjutkan pada siklus berikunya ,
persentase yang diharapkan pada siklus ini minimal 20 %Dari siklus sebelumnya.
JADWAL PENELITIAN
Jadwal penelitian dibuat pada bulan awal januari 2011 ( awal semester
genap ) sampai pada akhir maret.
No
|
Jenis
Kegiatan
|
Januari
|
Pebruari
|
Maret
|
|||||||||
1
|
Persetujuan
Proposal
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Persiapan
Penelitian
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Tindakan
Kelas
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Pengelolaam
data
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Analisis
Hasil
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Laporan
Hasil
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
DAFTAR
PUSTAKA
H.U
.Husna Asmara ,Prof,Dr.( 2007-2008 ) Penulisan Karya ilmiah
Thondike,S-R Bond The Ory (1993) Teori stimulas dan respon
Lif
Khoiru Ahmadi,M.Pd, Sopan Amari,S.Pd( Mei 2011) Pengembangan
Pembelajaran
LAMPIRAN
Contoh
Lagu Yang kalimatnya di ubah menjadi
Nada
lagu ini Adalah Gugur Bunga
Betapa
hatiku takkan pilu telah gugur Pahlawanku
Betapa
hatiku takkan sedih Hamba ditinggal sendiri
Gugur
Pahlawanku di Lubuk buaya
Karena
Dibunuh oleh PKI
Gugur
satu
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMPN 3 SUNGAI RAYA
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester : IX
/ 2
Standar
Kompetensi : 6. Memahami usaha
mempertahankan Republik Indonesia.
Kompetensi dasar : 6.1 Mendeskripsikan peristiwa tragedi nasional,
peristiwa Madiun/PKI, DI/TII, G 30 S/PKI dan konflik-konflik internal lainnya.
A. Tujuan Pembelajaran :
Setelah
selesai kegiatan pembelajaran, siswa dapat :
1. Menjelaskan dampak persoalan hubungan pusat – daerah,
persaingan idiologis serta pergolakan sosial politik lainnya terhadap kehidupan
nasional dan daerah sampai awal tahun 1960-an dengan tetap memperdulikan sosial
dan lingkungan.
2. Mendeskripsikan terjadinya peristiwa Madiun / PKI dan
cara yang dilakukan oleh pemerintah dalam penanggulangannya dan konflik-konflik
internal lainnya dengan jujur dan berfikir logis dan kritis.
3. Menjelaskan terjadinya peristiwa DI / TII dan cara
yang dilakukan oleh pemerintah dalam penanggulangannya dengan jujur dan
berfikir logis dan kritis.
4. Menjelaskan keadaan politik, ekonomi, sosial dan
budaya sebelum terjadinya peristiwa G 30 S / PKI jujur dan berfikir logis dan
kritis.
5. Menjelaskan terjadinya G 30 S / PKI serta cara
penanggulangannya dengan jujur kreatif dan inovatif.
# Karakter siswa yang diharapka
Dapat dipercaya ( Trustwort ) Rasa Hormat dan perhatian ( Respect) Tekun ( Dilegenc ) Jujur ( Fairnes) Kewarganegaraan ( Citizenship)
B. MATERI PEMBELAJARAN
1.
Dampak hubungan pusat daerah, persaingan idiologis serta pergolakan
sosial politik lainnya terhadap kehidupan nasional dan daerah sampai awal tahun
1960-an.
2. Latar belakang terjadinya peristiwa Madiun / PKI, serta yang dilakukan
oleh pemerintah dalam penanggulangannya.
3. Latar belakang terjadinya peristiwa DI / TII, serta
yang dilakukan oleh pemerintah dalam penanggulangannya.
4.
Keadaan politik,
ekonomi serta sosial budaya sebelum terjadinya peristiwa G 30 S / PKI.
Peristiwa G 30 S / PKI serta cara penanggulangannya.
C. METODE PEMBELAJARAN
1. Ceramah bervariasi
2. Penugasan
3. Diskusi
4. Tanya jawab
5. Observasi
D. Laangkah-langkah kegiatan pembelajaran
1. Pertemuan I
a.
Pendahuluan
Apersepsi : Guru menanyakan materi yang lalu kepada
siswa.
Motivasi : Guru menyampaikan kompetensi dasar yang baru kepada siswa.
b.
Kegiatan
Eksplorasi
-
Guru mengarahkan
siswa untuk membaca buku sumber dan mengamati gambar-gambar yang berhubungan
dengan kehidupan bangsa Indonesia (pusat
– daerah) sampai awal tahun 1960-an.
-
Siwa di suruh
mengingat satu salah satu lagu yang akan di berikan oleh guru
-
Guru mengajak siswa untuk menyanyikan lagu tersebut
dan kemudian kata-kata dalam lagu tersebut diganti dengan kata kata yang akan
dihafal oleh siswa
-
Guru menilai
siswa dengan cara menyanyikan lagu tersebut
-
Elaborasi
-Mempasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas
-Memberikan
kesempatan untuk berfikir,menganalisis menyelesaikan masalah
dan bertindak tanpa rasa takut.
-Mempasilitasi peserta didik dalam pembelajaran
kooperatif dan kolaborasi,
-Mempasilitasi
peserta didik berkompetensi secara sehat untuk meningkatkan
Prestasi belajar
-Mempasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik
lisan maupun tertulis,secara individual
maupun kelompok.
-Mempasilitasi
peserta didik unutk menyajikan hasil kerja indipidual maupun
Kelompok
-Mempasilitasi
peserta didik melakukan pameran,turnamen,festival,serta roduk
yang dihasilkan
-Memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan
kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Konfermasi
*Guru bertanya
jawab tentang hal- hal yang belum diketahui siswa
*Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulakan
c.
Penutup
-
Membuat
kesimpulan bersama-sama dari hasil
penyampaian materi
-
Refleksi
-
Guru memberikan
tugas untuk dikerjakan di rumah.
-
E.Sumber
Belajar
1. Buku
IPS yang relefan
2. Peta
Indonesia
3.Nara
Sumber
4.Gambar-
gambar pahlawan
5. Fhoto-
fhoto dokumen
6. Guru
F. Penilai hasil belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Tehnik
|
Bentuk
instrumen
|
Contoh instrumen
|
|
·
Mendikripsikan terjadinya peristiwa madiun/PKI dan
cara yang dilakukan oleh pemerintah dalam penanggulangannya
·
Mendiskripsikan terjadinya peristiwa DI/TII dan cara
yang dilakukan oleh
Pemerintah
untuk penanggulangannya.
·
Mengidentifikasi keadaan politik,ekonomi,sosial dan
budaya sebelum terjadi.G.30/S/PKI
· Mendiskripsikan
terjadinya peristiwa G.30/SPKI dan cara Penumpasannya.
|
Tes tertulis
Tes Tertulis
Tes Tertulis
Tes Tertuli
|
Tes Lisan
Tes lisan
Tes Lisan
Tes Lisan
|
Jelaskan terjadinya p-eristiwa madiun/Pki dan
jel;askan cara yang dilakukan pemerintah untuk menanggulanginya.
Jelaskan terjadinya peristiwa DI/TII dan cara
ppemerintah dalam menanggulanginya
Lakukan wawan cara kepada tokoh tokohnya atau
anggotaa masyarakat yang mengalami keadaan politik,ekonomi,sosial,dan budaya
sebelum terjadinya peristiwa G.30 S/PKI kemudian buatlah kesimpulannya serta
buatlah laporannya
Jelaskan terjadinya peristiwa G.30 S./PKI dan cara
penanggulangannya.
|
Mengetahui
.SUNGAI RAYA AGUSTUS 2011-11-17
Kepala Sekolah SMP Negeri 3
Sungai Raya Guru
Mata Pelajaran
ADNANSYAH,S.Pd S A L I Y A H. S Pd
Tidak ada komentar:
Posting Komentar