Kami keluarga besar MGMP IPS Kabupaten Kubu Raya Mengucapkan SELAMAT HARI NATALTAHUN 2013 DAN SELAMAT TAHUN BARU 2014 . Semoga di tahun 2014 MGMP IPS dapat lebih memberikan manfaat dalam peningkatan profesionalisme guru INFORMASI PERTEMUAN BULAN JANUARI DILAKSANAKAN TANGGAL 16 JANUARI PUKUL 07.30 DI SMP NEGERI 12 SUNGAI RAYA HARAP MEMBAWA RPP

Senin, 16 Juli 2012

SEPULUH TERBAIK PENDIDIKAN


SEPULUH TERBAIK PENDIDIKAN DI DUNIA
Oleh : WARYO, S.Pd
Karya Ilmiah Populer


Laporan Newsweek 2 Desember 1991 dengan Judul “ The Best Scools in the World “ makin menjelaskan betapa pendidikan Amerika Serikat jauh ketinggalan dari sejumlah Negara . Ia hanya unggul pada dua dari sepuluh bidang yang dibandingkan, yaitu pendidikan seni dan pascasarjana.
Dalam laporan tersebut dikemukakan , 10 negara tampil dengan prestasi yang unggul dalam pendidikan, melebihi Negara-negara lain. Selandia Baru nomor satu dalam pelajaran membaca dan menulis. Italia adalah yang terbaik dalam pendidikan Pra sekolah (taman kanak-knk ). Negara Belanda unggul dalam matematika dan bahasa asing. Jepang dalam IPA. Swedia dalam pendidikan Orang dewasa. Amerika Serikat dalam pendidikan seni dan Pasca Sarjana.
Mungkin ada bias dalam laporan itu akibat kecenderungan melakukan generalisasi. Tapi paling tidak laporan itu memberikan gambaran mengenai peta kekuatan antar Negara. Harap dicatat: laporan itu ditunjang  bukti-bukti mengenai hasil tes internasional , khususnya untuk membaca, matematika, IPA dan Bahasa. Yang menarik ialah, mengapa Negara-negara itu kuat dalam bidang tersebut?
Di Selandia Baru, 50%  waktu belajar dikelas di kelas-kelas awal SD digunakan untuk pelajaran membaca dan menulis. Alokasi Waktu yang banyak itu dilengkapi dengan kelengkapan buku-buku bacaan yang menarik anak untuk membacanya. Di kelas anak anak dibagi dalam kelompok berdasarkan kemampuan membacanya. Asumsinya , modal untuk belajar adalah kemampuan membaca, dan satu-satunya belajar adalah membaca adalah dengan membaca. Hasilnya adalah, anak-anak selandia baru mencapai skor tertinggi dalam tes membaca dibandingkan dengan anak-anak di Negara manapun di dunia.
Di Italia, Negara asal Dr.Maria Montessori, tokoh pendidikan pra sekolah – tepatnya di kota Reggio Emilia sebagai sampel yang diamati Newsweek – 90% anak umur 3 tahun telah masuk TK. Kelas dirancang sedemikian rupa sehingga anak-anak aktif. Dalam kegiatan membimbing anak-anak , guru yang telah terlatih dibantu oleh orang tua secara sukarela, sehingga terjalin kerjasama antara guru dan orang tua. Hasilnya adalah, pendidikan prasekolah di Negara itu dinilai sebagai yang terbaik di dunia.
Negeri Belanda unggul dalam matematika dan bahasa asing. Apa rahasianya? Dalam matematika, mereka menerapkan apa yang disebut “Matematika Realistik” yang dikembangkan selama 15 tahun oleh Freudental Institute, Universitas Utrecht.. Premis yang melandasinya ialah “anak-anak punya cara alamiah untuk belajar berhitung. Yang menarik lagi semua anak Belanda menurut laporan itu , mulai dengan belajar matematika realistic sebelum belajar matematika Abstrak yang penuh dengan logika matematik.
Baru pada tingkat sekolah menengah dan perguruan tinggi mereka belajar matematika abstrak. Sebab matematika abstrak cenderung tidak disukai oleh anak-anak. Kegunaan matematika dalam keseharian juga dipertimbangkan . Matematika abstrak diakui kurang fungsional untuk kehidupan sehari hari. Dengan cara itu , maka matematika menjadi bagian dari kehidupan anak-anak., dan yang lebih penting adalah anak-anak berminat dulu pada matematika.

Daftar Pustaka
Elly, W.B.(1992), How in the world Do Students Read? The hague: IEA
Djojonegoro, Wardiman. 1996 Lima puluh Tahun perkembangan Pendidikan Indonesia.
Rusman(2010) Model-Model Pembelajaran, Jakarta : Rajawali Pers
Trianto(2007), Model-Model Pembelajaran, Jakarta: Prestasi Pustaka
Triyadi(2006), Teknologi Informasi dan Komunikasi 3, Solo: PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri,



Tidak ada komentar:

Posting Komentar