Kami keluarga besar MGMP IPS Kabupaten Kubu Raya Mengucapkan SELAMAT HARI NATALTAHUN 2013 DAN SELAMAT TAHUN BARU 2014 . Semoga di tahun 2014 MGMP IPS dapat lebih memberikan manfaat dalam peningkatan profesionalisme guru INFORMASI PERTEMUAN BULAN JANUARI DILAKSANAKAN TANGGAL 16 JANUARI PUKUL 07.30 DI SMP NEGERI 12 SUNGAI RAYA HARAP MEMBAWA RPP

Senin, 16 Juli 2012

PERPUSTAKAAN SEKOLAH


PERPUSTAKAAN  SEKOLAH  DAN FUNGSINYA BAGI SEKOLAH
OLEH : JOKO HADIWIJAYA,



Sekolah merupakan tempat memperoleh ilmu, mendidik serta mencerdaskan peserta didik\,dengan demikian sekolah mempunyai peranan yang sangat penting untuk menciptakan generasi bangsa yang cerdas yang pada akhirnya meningkatkan harkat dan martabat bangsa oleh karena itu sekolah harus selalu menambah sarana dan prasarana terutama yang berkaitan dengan perpustakaan adanya kesenjangan antara sekolah yang berada di perdesaan dengan perkotaan salah satunya disebabkan adanya perpustakaan yang kurang memadai atau bahkan ada sekolah yang tidak memiliki perpustakaan.

Apakah perpustakaan sekolah ?

Perpustakaan berasal dari kata “pustaka” yang berarti “buku” (juga “ librari” yang berasal dari kata yunani “liber” yang berarti “ buku ).

Isi perpustakaan sekolah
1.       Buku
Ditinjau dari peredarannya, buku-buku perpustakaan dapat digolongkan atas buku sirkulasi yaitu buku yang dapat dipinjamkan dalam periode tertentu, dan buku referensi yaitu buku petunjuk yang dapat dipergunakanuntuk menemukan fakta atau data tertentu.
Ditinjau dari tebal tipis nya sampul buku-buku perpustakaan dapat dibagi atas buku-buku yang berkulit tebal yang biasa disebut hard bound bokks dan buku-buku yang berkulit tipis biasanya disebut paperback.
Ditinjau dari segi isi buku-buku dapat diklasifikasikan dalam beberapa macam golongan.
Klasifikasi terkenal yang dikembangkan dinegara kita adalah yang disusun oleh melvil dewey yaitu yang membagi ilmu pengetahuan kedalam sepuluh golongan : filsafat, agama, ilmu pengetahuan sosial, bahasa, ilmu pengetahuan murni, teknologi, kesenian, kesustraan, sejarah/geografi, dalam kelompok umum.
2.       Majalah, surat kabar, dan pamplet
Majalah dan surat kabar koleksi kedua disamping buku  tentang pamplet pengertiannya dibatasi sebagai publikasi yang terddiri atas beberapa lembar cetakan, yang isinya terdiri dari hal-hal yang menarik perhatian umum, keagamaan, sosial, ekonomi, politik.
Apabila surat kabar dan majalah dijadikan koleksi perpustakaan karena penerbitannya teratur dan isinya memenuhi selera pembaca, maka pamplet dipilih berdasarkan sebagai berikut :
a.       Isikan bersifat khusus, yang mungkin tidak dimuat didalam majalah atau surat kabar.
b.      Uraiannya singkat tetapi up to date
c.       Pengarangnya biasanya orang-orang / lembaga-lembaga yang berwenang
d.      Pamplet biasanya bebas dari iklan atau reklame.
e.      Harganya murah dan bahkan kadang-kadang diberikan secara Cuma-Cuma

3.       Fungsi perpustakaan sekolah
Bagi sekolah, perpustakaan memiliki peranan penting, antara lain :
a.       Sebagai media edukasi
Pihak sekolah perlu usaha agar pengetahuan muridnya selalu up to date. Oleh karena itu perpustakaan sekolah dapat membantu pengetahuan para guru dan para murid.
b.      Sebagai pusat informasi yang bermacam ragam maka perpustakaan sekolah menyediakan informasi luas yang diperlukan oleh para guru dan para murid.
c.       Sebagai media referensi
Referensi yang diperlukan oleh para guru dan para murid disediakan oleh perpustakaan sekolah.

Mengingat penting perpustakaan sekolah, maka setiap sekolah perlu memiliki perpustakaan sehingga fungsi sekolah sebagai lembaga pendidikan dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar