Kami keluarga besar MGMP IPS Kabupaten Kubu Raya Mengucapkan SELAMAT HARI NATALTAHUN 2013 DAN SELAMAT TAHUN BARU 2014 . Semoga di tahun 2014 MGMP IPS dapat lebih memberikan manfaat dalam peningkatan profesionalisme guru INFORMASI PERTEMUAN BULAN JANUARI DILAKSANAKAN TANGGAL 16 JANUARI PUKUL 07.30 DI SMP NEGERI 12 SUNGAI RAYA HARAP MEMBAWA RPP

Senin, 16 Juli 2012

SEKOLAH GRATIS


MASUK SEKOLAH SMP NEGERI GRATIS
Oleh:
DWI SUDARMI
Artikel  Populer

Dalam dunia pendidikan pada masa sekarang ini pemerinah selalu memperhatikan pendidikan pada anak- anak bangsa,untuk sekolah dan mendukung wajib belajar Sembilan tahun.Yang mana para orang tua selalu memacu atau memotivasi anak pada saat  ujian akhir SD untuk selalu belajar dengan lebih giat biar bisa masuk SMPNegeri dengan  melewati tes dan lolos dalam jurnal  SMPN yang sudah di tetapkan masing-masing sekolah.
            Dalam undang-undang Nomor 20/2003 tentang system pendidikan nasional disebutkan bahwa setiap warga Negara mempunyai hak yang sama untuk memperoleh pendidikan yang bermutu.Bahkan warga Negara yang memiliki kelainan fisik,emosional,mental intelektual ,atau sosial berhak memperoleh pendidikan khusus demikian pula warga Negara didaerah terpencil atau terbelakang serta masyarakat yang terpencil berhak memperoleh pendidikan yang layak khusus .
            Untuk memenuhi hak warga Negara,pemerintah pusat dan pemerintah daerah wajib memberikan  layanan dan kemudahan,serta menjamin terselenggaranya pendidikan yang bermutu bagi setiap warga negra tanpa diskriminasi pemerintah pusat dan pemerintah daerah wajib menjamin tersedianya dana guna terselenggaranya pendidikan bagi setiap warga Negara yang berusia tujuh sampai dengan lima belas tahun.
            Untuk mengejar ketertinggalan dunia pendidikan baik dari segi mutu dan alokasi anggaran pendidikan dibandingkan dengan Negara lain, UUD 1945 mengamanatkan bahwa dana pendidikan selain dari gaji pendidik dan biaya pendidikan kedinasan dialokasikan minimal 20% dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara pada sector pendidikan dan minimal 20% dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah.
Dengan kenaikan jumlah alokasi anggaran pendidikan diharapkan terjadi pembaharuan sistem pendidikan nasional.Pendidikan nasional mempunyai visi terwujudnya sistem pendidikan sebagian pranata sosial yang kuat dan berwibawa untuk memperdayakan semua warga Negara Indonesia berkembang menjadi manusia yan berkualitas sehingga mampu dan proaktif.
            Sesuai dengan visi tersebut,pendidikan nasional berfungsi  mengembangkan  kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa,bertujuan untuk berkembang nya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu,cakap,kreatif,mandiri dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggungjawab.
            Pemerintah untuk membantu sukses nya pendidikan,memberlakukan biaya sekolah gratis bukan berarti penurunan kualitas pendidikan, tetapi memacu agar pendidikan di Indonesia bisa lebih maju dari tahun sebelumnya,dan mampu menyaingi Negara lain di dunia pendidikan.
            Biaya pendidikan gratis,muncul karena adanya kenaikan jumlah dana BOS(Bantuan Operasional Sekolah) sebesar 50 % lebih banyak tahun sebelumnya. Dalam teori nya biaya BOS tersebut dialokasikan untuk sumbangan pembiayaan Pendidikan (SPP), biaya ujian sekolah,biaya pendidikan buku dll.Biaya pendidikan gratis lebih cendrung mengarah  kepada kenaikan BOS. Untuk mewujudkan program pemerintah.
            Berbeda dengan kenyataannya,hanya sebagian kecil sekolah negeri saja yang sudah menerima dan mempertanggungjawabkan dana BOS.Bagaimana dengan sekolah-sekolah swasta hamper tidak di perhatikan. Padahal yang baru memperoleh dana BOS adalah sebagian sekolah negeri yang ada di Tanah air.
            Kita ketahui bahwa bahwa dana BOS yang disediakan pemerintah juga berasal dari Anggaran Pendidikan Depdiknas.
            Program wajib belajar gratis  hanya mengantarkan siswa  untuk menyelesaikan pendidikan setingkat SMP.


DAFTAR PUSTAKA
Undang-undang Pendidikan Nomor 20/2003
Anggaran Pendidikan dalam APBN 2009
Internet

Tidak ada komentar:

Posting Komentar