Kami keluarga besar MGMP IPS Kabupaten Kubu Raya Mengucapkan SELAMAT HARI NATALTAHUN 2013 DAN SELAMAT TAHUN BARU 2014 . Semoga di tahun 2014 MGMP IPS dapat lebih memberikan manfaat dalam peningkatan profesionalisme guru INFORMASI PERTEMUAN BULAN JANUARI DILAKSANAKAN TANGGAL 16 JANUARI PUKUL 07.30 DI SMP NEGERI 12 SUNGAI RAYA HARAP MEMBAWA RPP

Senin, 16 Juli 2012

goup investigation


PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS
OLEH:
Dwi Sudarmi Sri Ernawati, John Barnabas, Syarif
                        Pada  masa sekarang, peranan yang harus di mainkan oleh dunia pendidikan dalam mempersiapkan anak didik untuk berpatisipasi secara utuh dalam kehidupan bermasyarakat sangat berbeda dengan peranan trasdisional yang selama ini diterapkan di sekolah-sekolah. Persepsi umum selama ini adalah tugas guru untuk mengajar dan menyadari siswa dengan muatan-muatan informasi dan pengetahuan. Guru perlu bersikap  atau setidak nya di pandang oleh siswa sebagai yang mahatahu dan sumber informasi.
                        Tampak perlu adanya perubahan  paradigma  dalam  menelaah proses belajar siswa dan interaksi antara siswa dan guru. Adanya beberapa alas an penting mengapa system pengajaran ini perlu dipakai  di sekolah. Seiring proses globalisasi, juga terjadi tranformasi social, ekonomi dan demografis yang mengharuskan sekolah untuk lebih menyiapkan anak didik dengan ketrampilan baru untuk ikut berpartisipasi dalam dunia pendidikan .
                        Apakah pembelajaran kooperatif model Group Investigasi berpengaruh terrhadap hasil belajar  ilmu pengetahuan sosial siswa kelas VIII tahun pelajaran  2011/2012 di SMPN 12 Sungai  Raya
Seberapa tinggi tingkat penguasaan materi pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dengan diterapakan metode pembelajaran kooperatif model Group Investigatin pada tahun 2011/2012 di SMPN 12 SUNGAI RAYA
      Hasil dari artikel ini akan memberikan manfaat yang berarti
a.      Tahu cara memberikan  motivasi bagi siswa dalam perilaku kegiatan belajar dalam berkelompok
b.      Memberikan pengetahuan siswa dalam  belajar berani mengungkapkan pendapat
c.       Meningkatkan prestasi sekolah melalui peningkatan prestasi belajar siswa melalui metode Group Investigation
                        Belajar dalam pandangan teori modern adalah merupakan proses perubahan tingkah laku berkaitan interaksi dengan lingkuangan, jadi seorang dikatakan melakukan kegiatan belajar setelah ia memperoleh hasil, misalnya dari tidak tahu menjadi tahu dan dari tidak mengerti menjadi mengerti.
            Teori belajar menurut fiskoligi daya seperti  yang telah diuraikan , berbagai daya dimana salah satu diantaranya daya ingat.
            Istilah hasil belajar suatu proses perubahan tingkat, daya kemajuan anak dalam proses belajar.
Kata Group artinya kelompok atau kumpulan orang-orang mempunyai suatu ikatan atau tujuan yang sama. Menurut kamus Besar bahasa Indonesia Group adalah: kelompok atau rombongan.Dari pengertian ini maka group adalah: suatu kerjasama kelompok yang berinteraksi .
                Di dalam istilah hasil belajar, terdapat 2 unsur di dlamnya, yaitu unsur hasil dan unsur belajar.Hasil merupakan suatu yang telah di capai pelajar dalam kegiatan belajarnya.Jelaskan dalam kamus besar bahasa Indonesia,(1995:787).Dari pengertian ini,maka hasil belajar adalah penguasaan, pengetahuan atau ketrampilan yang di kembangkan oleh mata pelajaran, ditunjukan dengan nilai tes atau angka nilai yang diberikan oleh guru.
            Nawawi( 1981: 100) mengemukakan pengertian hasil adalah sebagai berikut.Keberhasilan murid dalam mempelajari materi pelajaran di sekolah yang dinyatakan dalam bentuk nilai atau skor dari hasil tes mengenai sejumlah pelajaran tertentu.
            Pendapat lain dikemukakan oleh Sadly(1997:904), yang memberikan penjelasan tentang hasil belajar sebagai berikut,hasil yang dicapai oleh tenaga atau daya kerja seseorang dalam waktu tertentu,sedangkan Marimba(1978:143)
Mengatakan, bahwa hasil adalah kemampuan seseorang atau kelompok yang secara langsung dapat diukur.
            Komunikasi  yang akan terjadi disebabkan oleh :
1.      Guru kurang mampu dalam informasi
2.      Adanya perbedaan daya tangkp para siswa
3.      Adanya perbedaan ruang dan waktu
4.      Jumlah siswa dalan kelas relative besar.

Menghindari kemungkinan terjadi salah komunikasi,maka perlu media komunikasi serta membangkitkan minat belajar siswa
Proxsedur pelasanaan Group Investigation
1. Setiap kelompok diberi tugas berbeda-beda dari kelompok lain dalam materi yang
                    sama
              2. Menjelaskan maksud pembelajaran dan tugas kelompok
              3. Memanggil ketua untuk membagi materi tugas setiap kelompok
              4. Masing-masing kelompok membahas materi  yang sudah ada secara kooperatif berisi 
                  Penemuan
              5. Selesai  diskusi lewat juru bicara, ketua menyampaikan hasil pembahasan kelompok
              6. Guru memberikan penjelasan singkat sekaligus memberikan kesimpulan
              7. Evaluasi
DAFTAR PUSTAKA
KAMUS BESAR BAHASA INDONESIA (1995)
NAWAWI.Prof.Dr.(1981)                                                     
SADLY (1997)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar