PEMBELAJARAN KOOPERATIF
GROUP INVESTIGATION MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS
OLEH:
Dwi Sudarmi Sri
Ernawati, John Barnabas, Syarif
Pada masa sekarang, peranan yang harus di mainkan
oleh dunia pendidikan dalam mempersiapkan anak didik untuk berpatisipasi secara
utuh dalam kehidupan bermasyarakat sangat berbeda dengan peranan trasdisional
yang selama ini diterapkan di sekolah-sekolah. Persepsi umum selama ini adalah
tugas guru untuk mengajar dan menyadari siswa dengan muatan-muatan informasi dan
pengetahuan. Guru perlu bersikap atau
setidak nya di pandang oleh siswa sebagai yang mahatahu dan sumber informasi.
Tampak
perlu adanya perubahan paradigma dalam
menelaah proses belajar siswa dan interaksi antara siswa dan guru.
Adanya beberapa alas an penting mengapa system pengajaran ini perlu
dipakai di sekolah. Seiring proses
globalisasi, juga terjadi tranformasi social, ekonomi dan demografis yang
mengharuskan sekolah untuk lebih menyiapkan anak didik dengan ketrampilan baru
untuk ikut berpartisipasi dalam dunia pendidikan .
Apakah
pembelajaran kooperatif model Group Investigasi berpengaruh terrhadap hasil
belajar ilmu pengetahuan sosial siswa
kelas VIII tahun pelajaran 2011/2012 di
SMPN 12 Sungai Raya
Seberapa tinggi tingkat
penguasaan materi pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dengan diterapakan metode
pembelajaran kooperatif model Group Investigatin pada tahun 2011/2012 di SMPN 12
SUNGAI RAYA
Hasil dari artikel ini akan memberikan manfaat yang berarti
a. Tahu cara
memberikan motivasi bagi siswa dalam
perilaku kegiatan belajar dalam berkelompok
b. Memberikan
pengetahuan siswa dalam belajar berani
mengungkapkan pendapat
c. Meningkatkan
prestasi sekolah melalui peningkatan prestasi belajar siswa melalui metode
Group Investigation
Belajar dalam pandangan teori modern
adalah merupakan proses perubahan tingkah laku berkaitan interaksi dengan
lingkuangan, jadi seorang dikatakan melakukan kegiatan belajar setelah ia
memperoleh hasil, misalnya dari tidak tahu menjadi tahu dan dari tidak mengerti
menjadi mengerti.
Teori
belajar menurut fiskoligi daya seperti
yang telah diuraikan , berbagai daya dimana salah satu diantaranya daya
ingat.
Istilah
hasil belajar suatu proses perubahan tingkat, daya kemajuan anak dalam proses
belajar.
Kata Group artinya kelompok atau kumpulan orang-orang
mempunyai suatu ikatan atau tujuan yang sama. Menurut kamus Besar bahasa Indonesia
Group adalah: kelompok atau rombongan.Dari pengertian ini maka group adalah:
suatu kerjasama kelompok yang berinteraksi .
Di dalam
istilah hasil belajar, terdapat 2 unsur di dlamnya, yaitu unsur hasil dan unsur
belajar.Hasil merupakan suatu yang telah di capai pelajar dalam kegiatan
belajarnya.Jelaskan dalam kamus besar bahasa Indonesia,(1995:787).Dari
pengertian ini,maka hasil belajar adalah penguasaan, pengetahuan atau
ketrampilan yang di kembangkan oleh mata pelajaran, ditunjukan dengan nilai tes
atau angka nilai yang diberikan oleh guru.
Nawawi(
1981: 100) mengemukakan pengertian hasil adalah sebagai berikut.Keberhasilan
murid dalam mempelajari materi pelajaran di sekolah yang dinyatakan dalam
bentuk nilai atau skor dari hasil tes mengenai sejumlah pelajaran tertentu.
Pendapat
lain dikemukakan oleh Sadly(1997:904), yang memberikan penjelasan tentang hasil
belajar sebagai berikut,hasil yang dicapai oleh tenaga atau daya kerja
seseorang dalam waktu tertentu,sedangkan Marimba(1978:143)
Mengatakan, bahwa hasil adalah kemampuan seseorang
atau kelompok yang secara langsung dapat diukur.
Komunikasi yang akan terjadi disebabkan oleh :
1. Guru kurang
mampu dalam informasi
2. Adanya
perbedaan daya tangkp para siswa
3. Adanya
perbedaan ruang dan waktu
4. Jumlah
siswa dalan kelas relative besar.
Menghindari
kemungkinan terjadi salah komunikasi,maka perlu media komunikasi serta
membangkitkan minat belajar siswa
Proxsedur
pelasanaan Group Investigation
1. Setiap kelompok diberi tugas berbeda-beda dari kelompok
lain dalam materi yang
sama
2. Menjelaskan maksud pembelajaran dan tugas kelompok
3. Memanggil ketua untuk membagi materi tugas setiap kelompok
4. Masing-masing kelompok membahas materi yang sudah ada secara kooperatif berisi
Penemuan
5. Selesai diskusi lewat juru
bicara, ketua menyampaikan hasil pembahasan kelompok
6. Guru memberikan penjelasan singkat sekaligus memberikan kesimpulan
7. Evaluasi
DAFTAR PUSTAKA
KAMUS
BESAR BAHASA INDONESIA (1995)
NAWAWI.Prof.Dr.(1981)
SADLY
(1997)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar