PENGGUNAAN MODEL GROUP INVESTIGATION
SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS
EKONOMI DI KELAS VIII C SMP NEGERI 1 SUNGAI RAYA
KABUPATEN KUBU RAYA
LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS
DISUSUN OLEH :
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
KABUPATEN KUBU RAYA
2012
|
PENGGUNAAN MODEL GROUP INVESTIGATION SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL
BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS EKONOMI DI KELAS VIII C SMP NEGERI 1
SUNGAI RAYA
KABUPATEN KUBU RAYA
OLEH
NAMA
|
ASAL SEKOLAH
|
SUTRISNO,S.Pd
|
SMP NEGERI 5 SUNGAI RAYA
|
SURYATI, S.Pd
|
SMP NEGERI 1 SUNGAI RAYA
|
SERIANA,S.Pd
|
SMP NEGERI 6 SUNGAI AMBAWANG
|
RASI WIDIASARI,S.Pd
|
SMP NEGERI 2 SUNGAI RAYA
|
Disetujui oleh
Kepala SMP Negeri 7
Sungai Ambawang
Drs. Selamet Riyadi, M.Pd
NIP : 19680102199702 1003
Disahkan Oleh
Kepala Dimas
Pendidikan
Kabupaten Kubu Raya
FRANS RANDUS, S.Pd.M.Si
NIP.19591010
198009 1 001
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur kehadirat Allah SWT yang telah
melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan Paporan
Penelitian Tindakan Kelas yang berjudul ” Penggunaan model group investigation
sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS
ekonomi di kelas VIII C SMP Negeri 1 Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya”
Laporan
Penelitian Tindakan Kelas ini disusun dalam rangka pengembangan
karir guru dan sebagai prasyarat kenaikan pangkat jabatan guru
Penulis
mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu
pelaksanaan penelitian sampai selesainya penulisan laporan ini
Akhirnya , penulis berharap semog
a lapoaran penelitian tindakan
kelas ini bermanfaat bagi para pembacanya
Sungai Raya,
Penulis
DAFTAR ISI
Halaman
HALAMAN SAMPUL . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . .
HALAMAN JUDUL .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
PERNYATAAN .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
KATA PENGANTAR .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . i
DAFTAR ISI .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . iv
DAFTAR TABEL .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . vi
DAFTAR GRAFIK .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . vii
DAFTAR LAMPIRAN .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . viii
RINGKASAN .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . ix
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . 1
B. Masalah Penelitian. ... . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . 7
C. Cara Pemecahan Masalah . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . 8
D. Tujuan Penelitian . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. 9
E. Manfaat Penelitian . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. 9
F. Definisi Operasional . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . 11
BAB II TINJAUAN PUSTAKA DAN
HIPOTESIS TINDAKAN
A. Tinjauan Pustaka . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . 13
B. Hipotesis Tindakan . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. 18
BAB III PROSEDUR PENELITIAN
A. Setting Penelitian . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. 19
B. Rencana Tindakan . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. 20
C. Sumber Data dan Cara Pengambilan Data. . .
. . . . . . . . . . . . . 22
D. Indikator Kerja Tindakan . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . ... . 23
E. Pelaksanaan Tindakan . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . 24
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN
PEMBAHASAN
A. Kemampuan Awal Siswa . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . .. . 38
B. Kemampuan Akhir Siswa . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . 38
C. Pembahasan . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
43
D. Pengujian Hipotesis Tindakan . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. 48
BAB V PENUTUP
A. Kesimpulan .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 50
B. Saran .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 51
DAFTAR PUSTAKA .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 52
LAMPIRAN .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 53
DAFTAR TABEL
Halaman
Tabel 1.1
Nilai Ulangan Harian . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . 5
Tabel 2.1
Langkah – langkah Pembelajaran GI . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . 16
Tabel 3.1
Pelaksanaan Tindakan Siklus I . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . 25
Tabel 3.2
Pelaksanaan Tindakan Siklus II . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . 32
Tabel 4.1
Rekapitutasi Nilai Rata-rata .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 39
Tabel 4.2
Rekapitulasi Nilai Siswa sebelum dan Sesudah Tindakan . . . . . . . . . . . . . 41
Tabel 4.3
Pencapaian Berdasarkan Indikator Kerja Tindakan . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 48
Tabel 4.4
Rekapitulasi Hasil Pengamatan Siswa Siklus I . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. 57
Tabel 4.5
Rekapitulasi Hasil Pengamatan Siswa Siklus II . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. 59
DAFTAR GRAFIK
Halaman
Grafik 4.1
Nilai Rata – rata Sebelum dan Sesudah Tindakan . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 41
Grafik 4.2
Persentase Jumlah Siswa yang Mencapai Ketuntasan . . . . . . . . . . . . . . . . . . 43
DAFTAR LAMPIRAN
Halaman
Lampiran 1 Format
Observasi Guru Siklus I . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . 53
Lampiran 2
Format Observasi Guru Siklus II . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . .
54
Lampiran 3 Format Observasi Siswa Siklus I. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 55
Lampiran 4 Format
Observasi Siswa Siklus II. . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . 56
Lampiran 5 Rekapitulasi
Hasil Pengamatan Siswa Siklus I . . . . . . . . . . . 57
Lampiran 6 Rekapitulasi
Hasil Pengamatan Siswa Siklus II . . . . . . . . . . 59
Lampiran 7 Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus I
. . . . . . . . . 61
Lampiran 8 Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus I
. . . . . . . . . 65
Lampiran 9 Kisi-kisi
Ulangan Harian Siklus I . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . 69
Lampiran 10 Post
test Siklus I . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . 72
Lampiran 11 Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus II
. . . . . . . . 74
Lampiran 12 Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus II
. . . . . . . 78
Lampiran 13 Kisi-kisi
Ulangan Harian Siklus II. . . . . . . . . . .. . . . . . . . . . . . 82
Lampiran 14 Post
test Siklus II . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
85
ABSTRAK
Laporan ini
berjudul “ Penggunaan Model Group Investigation sebagai upaya untuk
meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi di kelas VIII
C SMP Negeri 1 Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya” yang dilatar belakangi
rendahnya hasil belajar siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Sungai Raya serta model
mengajar yang di terapkan guru IPS Ekonomi di kelas VIII C kurang bervariasi (
monoton). Akibatnya, kegiatan belajar
mengajar kurang menarik dan membosankan karena siswa tidak terangsang atau
ditantang untuk berfikir kreatif.
Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk
memperbaiki dan meningkatkan hasil belajar siswa serta dapat terlaksananya
pembalajaran IPS Ekonomi dengan menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi
melalui Model Group Investigation sebanyak 2 siklus. Siklus ini terdiri dari rencana tindakan,
pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi, dan rencana tindakan selanjutnya.
Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah
Dengan Penggunaan Model Group Investigation, hasil belajar, kreatifitas dan
kerja sama siswa pada mata pelajaran IPS
Ekonomi kelas VIII C di SMP Negeri 1 Sungai Raya dapat di tingkatkan.
Berdasarkan data sebelum penelitian rata-rata
hasil belajar siswa adalah 56,07. hanya 19 siswa saja yang tuntas atau
45,24%. Setelah penelitian tindakan
dilaksanakan pada siklus I dan siklus II ternyata hasil belajar siswa mengalami
peningkatan. Pada siklus I nilai
rata-rata mencapai 68,33, dan pada siklus II nilai rata-rata mencapai
73,85. Jadi nilai rata-rata pada siklus
I dan siklus II meningkat sesuai dengan yang diharapkan. Nilai ketuntasan pada
siklus I mencapai 69,05% dengan indikator kinerja tindakan sebesar 60% dan pada
siklus II mencapai 88,09% dengan indikator kinerja tindakan 70%. Sedangkan persentase kreatifitas dan kerja
sama siswa juga mengalami peningkatan.
Adapun kreatifitas dan kerja sama pada siklus I sebesar 66,67% dengan
indikator kinerja tindakan sebesar 60%, dan pada siklus II sebesar 85,71%
dengan indikator kinerja tindakan sebesar 70%. Dengan demikian Penelitian
Tindakan Kelas ini terbukti.
Dengan penggunaan Group Investigation dalam
pembelajaran IPS Ekonomi, hasil belajar siswa dikelas VIII C SMPN 1 Sungai Raya
dapat ditingkatkan. Sehingga proses pembelajaran terlaksana dengan baik dan
diharapkan nantinya guru mencoba untuk menggunakan model yang bervariasi.
Kata Kunci : Group Investigation, IPS Ekonomi, Hasil Belajar.
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Pendidikan sebagai suatu upaya mencerdaskan kehidupan bangsa diharapkan
mampu memberikan peran dan andilnya dalam meningkatkan pembangunan. Karena itu, pendidikan haruslah mampu
memberikan kontribusi yang nyata terhadap pembangunan. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka wujud
nyata dari kebijakan Pemerintah adalah menetapkan Undang – undang Nomor 20
Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasiaonal (2003 : 6) Pasal 3 yang berbunyi
:
“Pendidikan nasional
berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa
yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk
berkembangnya peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa
kepada Tuhan YME, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan
menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab”
Berdasarkan pendapat diatas, bahwa pendidikan salah satu kebutuhan yang
sangat penting bagi seseorang, karena dengan pendidikan yang lebih baik
seseorang akan dapat menentukan masa depannya.
Oleh karena itu, untuk menunjang pendidikan, Pemerintah membentuk suatu
lembaga pendidikan yaitu sekolah sebagai lembaga formal yang menyelenggarakan
pendidikan secara berencana, terorganisir, terarah dan sistematis. Tetapi sejauh mana efektifitas dalam
mewujudkan masa depan, sangatlah ditentukan oleh komponen – komponen yang
terlibat dalam pendidikan yang salah satu diantaranya adalah guru.
Guru merupakan komponen yang penting peranannya dalam kegiatan
pembelajaran, yang mengendalikan susasana belajar di kelas. Oleh karena itu, sedini mungkin guru haruslah
mampu berperan sebagai pelaku proses dan juga sekaligus sebagai evaluator
terhadap proses pembelajaran yang diberikan kepada siswa. Sebagai pelaku, guru merupakan orang yang
bertindak sebagai sumber belajar yang menyimpan atau menyalurkan pesan.
Dalam hal ini, guru adalah perantara dalam menyampaikan pesan antara
materi atau bahan belajar dengan siswa.
Sebagai proses, guru yang mengatur dan menciptakan kondisi belajar yang
menyangkut pemberian materi yang melibatkan perencanaan pengajaran dan model
pengajaran yang mengenai cara penyampaian materi yang akan mendukung proses
belajar itu sendiri, sedangkan sebagai evaluator, guru akan melakukan tes,
pengukuran dan penilaian atau evaluasi untuk dapat menentukan tercapai tidaknya
tujuan pendidikan dan pengajaran yang telah dilaksanakan yang secara umum dapat
dilihat dari tinggi rendahnya hasil belajar siswa.
Dalam proses pembelajaran yang berorientasi pada keberhasilan tujuan,
masih sering ditemukan adanya kecenderungan siswa yang tidak terlibat secara
aktif, sehingga siswa cenderung bersifat pasif.
Siswa lebih banyak menunggu dan mendengarkan sajian guru. Oleh karena itu, dalam proses pembelajaran
IPS Ekonomi hendaknya guru menggunakan cara belajar yang membuat siswa lebih
aktif. Selain itu, guru juga masih
dominan menggunakan metode ceramah dalam mengajar. Akibatnya, kegiatan belajar mengajar kurang
menarik dan membosankan karena siswa tidak terangsang atau ditantang untuk
belajar dan berfikir kreatif
Dalam proses belajar-mengajar, khususnya dalam upaya
meningkatkan hasil belajar para siswa,
idealnya peran guru IPS Ekonomi dituntut untuk memiliki kemampuan :
1.
Memanfaatkan berbagai sumber belajar
2.
Memahami cara berfikir siswa
3.
Memahami cara siswa belajar
4.
Memilih dan menggunakan media yang tepat
5.
Memilih dan menggunakan model secara tepat
6.
Menguasai bahan atau materi pelajaran yang disampaikan kepada
siswa
(Dekdikbud 1998 : 15)
Seperti penjelasan diatas, yaitu didalam pembelajaran mata pelajaran IPS
Ekonomi umumnya para guru lebih banyak
menggunakan model ceramah. Hal ini
menyebabkan siswa menjadi pasif dan kemampuan berfikirnya tidak berkembang
Pengembangan cara berfikir kritis dalam pembelajaran IPS Ekonomi dapat
diberikan melalui berbagai cara pembelajaran menggunakan metode dan teknik yang
bervariasi, deangan harapan proses pembelajaran mencapai tujuan yang semaksimal
mungkin, dengan demikian guru harus memilih strategi pembelajaran yang
tepat. Beberapa metode mengajar yang
sudah banyak dikenal antara lain metode ceramah, metode diskusi termasuk metode
Tanya jawab. Keberhasilan pengajaran
selain ditentukan oleh metode mengajar dan kesiapan guru, juga dipengaruhi oleh
keterlibatan secara aktif peserta anak didik tanpa ada perhatian dari peserta
didik tujuan dari pembelajaran tidak akan tercapai dengan baik.
Berdasarkan pengamatan dari penulis dalam proses pembelajaran di kelas
VIII C SMP Negeri 1 Sungai Raya, sedikit sekali siswa yang berani merespon
pertanyaan yang diajukan, kalaupun ada yang berani tunjuk tangan itu bisa
dilihat hanya beberapa orang saja, terutama yang pintar-pintar. Dari kenyataan tersebut, penulis tertarik dan
ingin mengangkat masalah ini dengan mengadakan penelitian tindakan kelas, yang
mana di kelas VIII C ini termasuk kelas yang pasif dan kurang kreatif. Apalagi di tambah adanya informasi dari
rekan-rekan guru lainnya mengenai kelas tersebut, yang menyatakan bahwa kelas
VIII C siswa-siswanya pasif dibandingkan dengan kelas A dan B.
Dari hasil observasi, peneliti dengan guru
bidang studi IPS Ekonomi di SMP Negeri 1 Sungai Raya Kubu Raya berhubungan
dengan hasil belajar siswa menunjukkan bahwa dalam kegiatan belajar mengajar,
dimana yang terjadi didalam kelas selama guru menyampaikan pelajaran siswa
cenderung pasif, pada saat guru memberikan pertanyaan atau memberi kesempatan
siswa beragumen, hanya siswa yang biasa menjawab saja yang menjawab dan
mengemukakan pendapat, sementara siswa yang lain hanya pasif, keadaan lain
menunjukkan bahwa pada umunya pembelajaran masih didominasi oleh guru, siswa
tidak terbiasa untuk bersikap aktif, dan guru kurang memberikan kesempatan yang
pada semua siswa, sehingga siswa yang aktif saja yang mendominasi pembelajaran.
Adapun peneliti memilih kelas VIII C sebagai objek
penelitian itu di karenakan kelas VIII C memiliki nilai rata-rata yang lebih
rendah yaitu 56,07 sedangkan kelas VIII A 70,05 dan VIII B 67,50, dimana
sekolah SMP Negeri I Sungai Raya Kubu Raya ini standar ketuntasan mata
pelajaran IPS Ekonomi adalah 65.
Kurangnya perhatian guru dalam memberikan
kesempatan siswa untuk lebih aktif menyebabkan peneliti memilih model Group
Investigation (GI), model GI merupakan model yang memfokuskan atau melatih
siswa untuk lebih aktif dan kreatif. Berhubungan dengan hasil belajar siswa
kelas VIII C SMP Negeri 1 Sungai Raya Kubu Raya diperoleh nilai rata-rata
ulangan harian, hasil yang dicapai oleh siswa kelas VIII C adalah sebagai
berikut :
Tabel 1.1 : Nilai Ulangan Harian Mata Pelajaran IPS Ekonomi kelas VII C
Tahun ajaran 2009/2010
No
|
Nama Siswa
|
Nilai
|
Keterangan
|
1
|
Aisah Ayunani
|
72
|
Tuntas
|
2
|
Aldrince
|
68
|
Tuntas
|
3
|
Aminah
|
61
|
Tak Tuntas
|
4
|
Andre
|
38
|
Tak Tuntas
|
5
|
Archie
|
72
|
Tuntas
|
6
|
Ari Triono
|
56
|
Tak Tuntas
|
7
|
Ary Kurniadin
|
67
|
Tuntas
|
8
|
Ayung
|
44
|
Tak Tuntas
|
9
|
Bertyana
|
67
|
Tuntas
|
10
|
Decya Monika
|
65
|
Tuntas
|
11
|
Desi
|
51
|
Tak Tuntas
|
12
|
Dewi
|
40
|
Tak Tuntas
|
13
|
Dhiar
|
62
|
Tak Tuntas
|
14
|
Hadi
|
51
|
Tak Tuntas
|
15
|
Gita
|
60
|
Tak Tuntas
|
16
|
Imam
|
65
|
Tuntas
|
17
|
Indras Suworo
|
65
|
Tuntas
|
18
|
Indriyani
|
42
|
Tak Tuntas
|
19
|
Kiswanto
|
68
|
Tuntas
|
20
|
Kristianus
|
67
|
Tuntas
|
21
|
Lili Erviani
|
50
|
Tak Tuntas
|
22
|
Lili Yana
|
68
|
Tuntas
|
23
|
Lydia
|
21
|
Tak Tuntas
|
24
|
M.Imam Arifin
|
28
|
Tak Tuntas
|
25
|
Meilisa
|
33
|
Tak Tuntas
|
26
|
Muliya Nanda
|
68
|
Tuntas
|
27
|
Muthia
|
70
|
Tuntas
|
28
|
Nur Alamsyah
|
41
|
Tak Tuntas
|
29
|
Okkie
|
68
|
Tuntas
|
30
|
Puri
|
51
|
Tak Tuntas
|
31
|
Rahmi
|
70
|
Tuntas
|
32
|
Reza
|
61
|
Tak Tuntas
|
33
|
Rhisna
|
70
|
Tuntas
|
34
|
Rifky
|
60
|
Tak Tuntas
|
35
|
Rizky
|
78
|
Tuntas
|
36
|
Romi
|
60
|
Tak Tuntas
|
37
|
Siti
|
55
|
Tak Tuntas
|
38
|
Sivia
|
42
|
Tak Tuntas
|
39
|
Susilawati
|
60
|
Tak Tuntas
|
|
|
|
|
40
|
Sy.Rudiansyah
|
55
|
Tak Tuntas
|
41
|
Tio
|
65
|
Tuntas
|
42
|
Tegu
|
65
|
Tuntas
|
|
Jumlah
rata-rata
|
56,07
|
Tak Tuntas
|
Sumber : Guru Mata Pelajaran IPS Ekonomi
Berdasarkan tabel diatas, hasil belajar
siswa pada mata pelajaran IPS Ekonomi
masih kurang memuaskan, dimana standar ketuntasan untuk mata pelajaran IPS
Ekonomi adalah 65. pada pelaksanaan tiga
kali ulangan, siswa yang memperoleh nilai diatas 65 (tuntas) berjumlah 19 orang
dari 42 atau 45,24 %, sedangkan siswa yang memperoleh nilai dibawah 65 (tidak
tuntas) berjumlah 23 orang dari 42 siswa atau 54,76 %
Berdasarkan
data-data diatas, maka faktor utama adalah guru kurang menerapkan model
pembelajaran yang variatif dan menarik yang dapat melibatkan aktifitas siswa.
Motivasi yang kuat dari siswa untuk terus mau belajar semestinya tetap tumbuh, terpelihara dan
harus terus dikembangkan. Hal seperti
ini merupakan suatu tantangan,
bagaimana seorang guru menemukan suatu upaya untuk selalu memberikan motivasi
pada siswa, misalnya dengan model pembelajaran yang menarik, variatif, serta
menyenangkan sehingga dapat melibatkan siswa untuk bertanggung jawab terhadap
keberhasilan pembelajaran.
Banyak
model mengajar yang dapat diterapkan, salah satunya adalah dengan meodel
pembelajaran Group Investigation yang merupakan salah satu dari model
pembelajaran kooperatif (Coorperation
Learning). Model pembelajaran Group
Investigation ini digunakan untuk melatih dan mengembangkan keterampilan sosial
agar siswa tidak mendominasi pembicaraan atau diam sama sekali, dan siswa ikut
bertanggung jawab atas pembelajaran yang akan dilakukan. Kesepakatan untuk menggunakan model
pembelajaran Group Investigation ini, adalah upaya untuk mengadakan tindak
lanjut atas permasalahan di atas dengan melaksanakan penelitian tindakan kelas.
B.
Rumusan Masalah
Berdasarkan
latar belakang tersebut diatas, maka dapat penulis kemukakan permasalahan yang dihadapi adalah sebagai berikut :
1.
Model mengajar yang diterapkan guru IPS Ekonomi di kelas VIII C kurang bervariasi,
2.
Rendahnya hasil belajar siswa kelas VIII C SMPN 1 Sungai
Raya.
C.
Cara Pemecahan Masalah
Model
pemecahan masalah yang akan digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini
adalah model pembelajaran Group Investigation, dengan menggunakan model ini
diharapkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS Ekonomi meningkat.
Adapun
langkah-langah pemecahan masalah dalam penelitian tindakan ini adalah :
1.
Kolaborasi, peneliti bersama guru mitra mata pelajaran Ilmu
Pengetahuan Sosial melakukan kerja sama dalam menyiapkan, menyajikan dan
melakukan evaluasi pembelajaran kepada siswa.
2.
Brainstorming (sumbang saran), peneliti bersama guru mitra
mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial melakukan musyawarah untuk menyusun
skenario tindakan yang perlu dipersiapkan dalam proses pembelajaran dikelas
dengan model pemberian tugas.
3.
Observasi, guru mitra melakukan kegiatan pengamatan terhadap
jalannya pemberian tindakan yang dilakukan oleh peneliti berdasarkan skenario
yang telah disiapkan. Kegiatan ini
dimaksudkan untuk memperoleh informasi keberhasilan ataupun kegagalan dan
penyebabnya. Hasil kegiatan ini akan
mnemberi masukkan yang berguna dalam menentukan cara pemecahan masalah yang
dihadapi dan sekaligus dijadikan bahan pertimbangan untuk menyusun rencana
tindakan.
4.
Refleksi, peneliti bersama guru mitra mata pelajaran IPS
Eonomi melakukan diskusi guna membahas dan menganalisis hasil pengamatan. Hasil kegiatan ini akan memberikan masukkan
yang berguna dalam menentukan cara pemecahan masalah yang dihadapi dan
selanjutnya sekaligus akan menjadi bahan pertimbangan untuk menyusun rencana
selanjutnya.
D.
Tujuan Penelitian
Berdasarkan masalah yang telah
dirumuskan diatas, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui :
1. Keadaan kelas setelah dilaksanakannya penggunaan
model pembelajaran Group Investigation pada mata pelajaran IPS Ekonomi kelas
VIII C SMPN 1 Sungai Raya,
2. Hasil belajar siswa setelah pembinaan
model pembelajaran Group Investigation pada mata pelajaran IPS Ekonomi kelas
VIII C SMPN 1 Sungai Raya
E.
Manfaat Penelitian
Adapun manfaat
penelitian ini :
1.
Bagi siswa
a. Dapat melatih dan mengembangkan kopetensi
siswa dalam organisasi
b. Melatih kreatifitas siswa dalam organisasi
kelompok
c. Meningkatkan motivasi dan hasil belajar
serta prestasi siswa
d. Mengembangkan rasa tanggung jawab siswa terhadap
kelompok belajar masing-masing.
2.
Bagi Guru Mata Pelajaran IPS Ekonomi
a. Dapat membantu memecahkan masalah
pembelajaran yang terjadi dikelas.
b. Dapat menjadikan guru untuk lebih kreatif
dengan melakukan inovasi dalam kegiatan pembelajaran.
c. Dapat menetapkan model pembelajaran Group
Investigation sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan aktivitas
belajar siswa sehingga hasil belajar dapat ditingkatkan.
3.
Bagi Sekolah
a. Dapat memberikan masukan kepada pihak
Sekolah untuk meningkatkan kemampuan profesional guru khususnya guru mata
pelajaran IPS Ekonomi,
b. Dapat meningkatkan kualitas belajar siswa
dan hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan kualitas kelulusan
4.
Bagi Peneliti
Dapat menerapkan ilmu yang telah dipelajari selama
perkuliahan serta menambah pengalaman penulis dalam melaksakan pembelajaran dan
pemecahan dalam kegiatan belajar mengajar.
F.
Defenisi Operasional
Untuk
menghindari kesalahpahaman terhadap istilah yang digunakan dalam penelitian ini
maka peneliti berfikir untuk menjelaskan istilah yang digunakan dalam
penelitian ini, adapun penjelasan yang dimaksud :
1. Model Pembelajaran Group Investigation
Dalam Pembelajaran IPS Ekonomi.
Menurut Robert E. Slavin (2008 : 214) GI
yang diterjemahkan Amrazi Zakso adalah “suatu model pembelajaran yang memfokuskan
pada kemampuan siswa untuk bekerja sama dan berinteraksi dengan teman-teman
kelompok serta mengajarkan teman untuk mengambil suatu keputusan”. Jadi yang
dimaksud dengan model pembelajaran Group Investigation dalam penelitian ini
adalah suatu model pembelajaran yang memfokuskan pada kemampuan siswa untuk
berkerja sama dan berinteraksi dengan teman-teman kelompok serta mengajarkan
teman-teman untuk mengambil keputusan pada mata pelajaran IPS Ekonomi yang
dilakukan dikelas VIII C SMP Negeri 1 Sungai Raya.
2. Hasil Belajar
Sebagaimana yang dikemukakan Dimyati dan
Moedjiono (1994:4), bahwa hasil belajar merupakan hasil dari suatu interaksi
tindak belajar dan tindak mengajar. Sedangkan menurut Soedijarto ( 1998 : 49 ) hasil belajar adalah
tingkat penguasaan
yang dicapai oleh pelajar dalam mengikuti program
belajar sesuai dengan tujuan pendidikan yang ditetapkan.
Jadi hasil belajar adalah kemampuan yang
dimiliki siswa setelah ia menerima pengalaman belajarnya. Adapun yang hasil belajar dalam penelitian
ini adalah nilai post tes yang dilakukan pada akhir pembelajaran. Pada siswa kelas VIIIC SMP Negeri 1 Sungai
Raya Kubu Raya Tahun 2010/2011.
3. Pembelajaran IPS Ekonomi
Menurut Trigen
( 1992 : 12 ) pembelajaran adalah pengalaman belajar yang dialami siswa dalam
menguasai suatu bahan kajian. Sedangkan ilmu pengetahuan Sosial – Ekonomi
adalah salah satu ilmu pengetahuan yang berkaitan langsung dengan kehidupan manusia sehari-hari karena ilmu
ekonomi mengkaji bagaimana manusia dan masyarakat memenuhi kebutuhannya ( Sunarto
dan Sudarno, 2003 : V ).
BAB II
TINJAUAN PUSTAKA DAN HIPOTESIS TINDAKAN
A. Tinjauan
Pustaka
1.
Penelitian Tindakan Kelas
a.
Pengertian Penelitian Tindakan Kelas
Menurut IGAK Wardani,dkk
(2007:1.4) “Penelitian Tindakan kelas (PTK) adalah penelitian yang dilakukan
oleh guru dikelasnya sendiri melalui refleksi diri dengan tujuan untuk
memperbaiki kinerjanya sehingga hasil belajar siswa meningkat”
Menurut Basuki Wibawa
(2004:5) Penelitian Tindakan Kelas
adalah :
Penelitian Tindakan Kelas suatu
pendekatan untuk memperbaiki pendidikan melalui perubahan, dengan mendorong
para guru untuk memikirkan praktik tersebut, dan agar mau mengubahnya, PTK
bukan sekedar mengajar, dan menggunakan kesadaran kritis terhadap dirinya
sendiri untuk bersiap terhadap proses perubahan dan perbaikan proses
pembelajaran. PTK mendorong guru untuk
berani bertindak dan berfikir kritis.
Berdasarkan
uraian diatas maka dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud dengan Penelitian
Tindakan Kelas adalah penelitian yang dilakukan oleh guru di dalam kelas
melalui refleksi diri dengan tujuan untuk memperbaiki kinerjanya sebagai guru
sehingga hasil belajar siswa menjadi meningkat.
b.
Tujuan Penelitian Tindakan Kelas
Berdasarkan
pengertian diatas, maka dapat dinyatakan bahwa Penelitian Tindakan Kelas
bertujuan untuk :
1. Memecahkan masalah pembelajaran yang
terjadi didalam kelas.
2. Meningkatkan kemantapan guru dalam
melaksanakan tugas.
3. Memperbaiki kondisi praktek-praktek
pengajaran.
4. Meningkatkan kualitas proses pembelajaran
dikelas.
5. Meningkatkan hasil belajar siswa.
6. Meningkatkan keaktifan dan kerja sama
siswa.
c.
Prosedur Penelitian Tindakan Kelas
Penggunaan
model penelitian haruslah sesuai dengan tujuan penelitian. Berdasarkan tujuan yang ingin dicapai maka
penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang merupakan
proses pengkajian melalui sistem berdaur dari berbagai kegiatan pembelajaran
(Depdikbud, 1999).
Menurut
Kemmis (Sulistiyarini dan Warneri, 2002:6) menyebutkan bahwa :
Langkah-langkah
Penelitian Tindakan Kelas adalah :
1) Mengidentifikasi masalah
2) Melakukan analisis masalah.
3) Merumuskan masalah.
4) Menentukan hipotesis tindakan.
5) Melaksanakan tindakan.
Adapun alur pelaksanaan tindakan penelitian ini
adalah :
1) Rencana tindakan
2) Pelaksanaan tindakan
3) Observasi
4) Refleksi
Penelitian
ini dilakukan dengan dua siklus, setiap siklus tindakan mempunyai model-model
penilaian yang memiliki alur yang sama.
Menurut
Kemmis (Sulistiyarini, 2002 :17) alur pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas
adalah sebagai berikut :
Sumber :
Sulistiyarini : 2002
Gambar 2.1 : Alur pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
Berdasarkan
gambar 2.1 dapat ditarik kesimpulan bahwa penelitian kelas suatu bentuk
penelitian yang bertujuan melakukan tindakan perbaikan, peningkatan, juga
melakukan suatu perubahan kearah yang lebih baik dari sebelumnya agar suatu
permasalahan dapat teratasi.
2.
Model Pembelajaran Group Investigation
Menurut
Robert E. Slavin (2008 : 214) GI yang diterjemahkan Amrazi Zakso adalah “ suatu
model pembelajaran yang memfokuskan pada kemampuan siswa untuk bekerja-sama dan
berinteraksi dengan teman-teman kelompok serta mengajarkan teman untuk
mengambil suatu keputusan”.
a.
Tujuan Penggunaan Model Pembelajaran Group
Investigation
Penggunaan
model pembelajaran GI memiliki tujuan yang ingin dicapai. Tujuan tersebut adalah sebagai berikut :
1) Siswa semakin kreatif dan berfikir kritis.
2) Hasil belajar siswa dapat berubah menjadi
lebih baik.
3) Siswa menemukan hal baru dalam
menyelesaikan masalah dan mengambil suatu keputusan.
4) Menumbuhkan rasa sosial terhadap
teman-teman yang lain
b.
Tahap Pengguanaan Model Pembelajaran Group
Investigation
Pembelajaran
GI menurut Amrazi Zakso (2009 : 9) adalah sebagaimana terlihat pada tabel
berikut :
Tabel 2.1 : Langkah-langkah Pembelajaran GI
Langkah - langkah
|
Tingkah Laku Guru
|
Langkah 1
Mengorganisasikan
siswa kedalam kelompok-kelompok belajar
|
Guru membagi
kelas dalam beberapa kelompok hitrogen
|
Langkah 2
Menyampaikan
tujuan dan memotivasi siswa
|
Guru
menyampaikan tujuan pelajaran yang ingin dicapai pada pelajaran tersebut dan
memotivasi siswa belajar.
|
Langkah 3
Menyajikan
informasi
|
Guru membagikan
materi yang berbeda kesetiap kelompok
|
Langkah 4
Membimbing
kelompok bekerja dan belajar
|
Guru membimbing
kelompok-kelompok belajar pada saat mereka mengerjakan tugas mereka
|
Langkah 5
Persentasi
tugas
|
Guru memanggil
ketua kelompok sebagai juru bicara untuk menyampaikan hasil pembahasan
kelompok.
|
Langkah 6
Evaluasi
|
Guru
mengevaluasi hasil belajar tentang tentang materi yang telah dipelajari siswa
|
Langkah 7
Kesimpulan
|
Guru memberikan
penjelasan atau kesimpulan
|
Langkah 8
Penutup
|
Guru menutup
diskusi dengan memberikan penghargaan baik upaya maupun hasil belajar .
|
3.
Hasil Belajar
Menurut
Susanti (dalam www.teknodik.com) hasil
belajar adalah “tingkat penguasaan terhadap materi pelajaran sebagai akibat
dari perubahan perilaku setelah mengikuti proses belajar mengajar berdasarkan
tujuan pengajaran yang ingin dicapai”.
Sejalan dengan pendapat diatas, menurut Hadari Nawawi (1985 : 24),
“Hasil belajar siswa merupakan tingkat keberhasilan siswa dalam pencapaian
materi pembelajaran di sekolah dalam bentuk skor yang diperoleh dari tes.
Sesuai
dengan pendapat diatas, maka dalam penelitian ini yang dimaksud dengan hasil
belajar adalah tingkat keberhasilan siswa dalam mempelajari suatu materi
pelajaran disekolah yang dilihat dari nilai ulangan pada mata Pelajaran IPS
Ekonomi di kelas VIII C SMP Negeri 1 Sungai Raya.
B.
Hipotesis Tindakan
Adapun rumusan hipotesis
tindakan dalam penelitian tintdakan kelas ini adalah ” Dengan penggunaan model
Group Investigation, hasil belajar, kreatifitas dan kerja sama siswa dalam mata
pelajaran IPS Ekonomi dikelas VIII C di SMP Negeri 1 Sungai Raya dapat
ditingkatkan” .
BAB III
PROSEDUR PENELITIAN DAN TINDAKAN KELAS
A.
Setting Penelitian
Untuk mengetahui apakah hasil
belajar dapat ditingkatkan melalui pembelajaran dengan model pembelajaran Group
Investigation, maka penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan
Kelas.
Penelitian ini dilaksanakan di
SMP Negeri 1 Sungai Raya Kubu Raya, dengan fokus penelitian pada siswa kelas
VIII C Tahun Ajaran 2010/2011, pada
pembelajaran IPS Ekonomi dengan jumlah
siswa sebanyak 42 orang terdiri dari 22 orang siswa laki-laki dan 20 orang
siswa perempuan.
Hasil belajar siswa dikelas
ini rata-rata dibawah ketuntasan belajar,
dimana ketuntasan belajar siswa di SMP Negeri 1 Sungai Raya ini adalah
65. berdasarkan nilai sebelum penelitian,
untuk mata pelajaran IPS Ekonomi kelas VIII C, siswa
yang mendapat nilai diatas standar ketuntasan
hanya sekitar 19 siswa atau 45,24
%, dan yang tidak tuntas 23 siswa atau 54,76
%. Dan belum mencapai kategori
ketuntasan belajar.
Ada beberapa faktor yang ingin
diselidiki dalam penelitian ini, faktor-faktor tersebut adalah sebagai berikut
:
a. Faktor Siswa : dengan melihat keaktifan
siswa dalam kegiatan pembelajaran, yaitu berhubungan dengan antusias siswa
menginvestigasi materi yang dilihat dari persentasi hasil investigasi ketua
kelompok, dan melihat kemampuan siswa dalam memahami materi pembelajaran. Selain itu juga mengetahui bagaimana keadaan
kelas dan tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran Group
Investigation.
b. Faktor Guru : yaitu dengan mengamati
kesesuaian pelaksanaan pembelajaran, dengan perencanaan model pembelajaran
Group Investigation.
B.
Rencana Tindakan
Prosedur penelitian tindakan
ini terdiri dari 2 siklus, tiap siklus dilaksanakan sesuai dengan perubahan
yang ingin dicapai. Adapun prosedur
penelitian tindakan untuk tiap siklus dapat dijabarkan sebagai berikut :
a. Perencanaan
Adapun kegiatan yang dilakukan
dalam tahap perencanaan ini adalah sebagai berikut :
1) Menyusun rencana pembelajaran meliputi
skenario, alokasi, dan menyiapkan tes.
2) Membuat lembar observasi untuk melihat
bagaimana kondisi belajar mengajar di kelas ketika pelaksanaan pengajaran
menggunakan Group Investigation.
b. Pelaksanaan Tindakan
Kegiatan yang dilaksanakan
dalam tahap ini adalah melaksanakan skenario pembelajaran yang telah
direncanakan, diantaranya :
1) Guru menyiapkan pelajaran sesuai dengan
rencana pembelajaran dengan menggunakan metode Group Investigation.
2) Guru menyajikan pokok bahasan dengan
menggunakan metode Group Investigation.
3) Guru menutup pelajaran dan memberikan
tugas kepada siswa.
c. Observasi / Pengamatan
Selama berlangsunganya proses
pembelajaran di kelas peneliti bersama guru mengadakan pengamatan terhadap
pelaksanaan tindakan kelas.
Adapun hal-hal yang diamati
adalah sebagai berikut :
1) Pelaksanaan strategi pembelajaran yang
direncanakan.
2) Kesesuaian waktu penyajian dengan model
pembelajaran yang digunakan.
3) Keaktifan dan kerja sama siswa dalam
mengikuti proses belajar mengajar yang dapat dilihat dari lembar pengamatan
(observasi).
4) Minat dan daya ingat siswa yang dapat
dilihat dari hasil belajar siswa yang diambil dari nilai tes dan ulangan
harian.
d. Refleksi
Hasil yang diperoleh dari
observasi dikumpulkan serta dianalisis dalam tahap ini. Dari hasil observasi guru dapat merefleksikan
diri dengan melihat proses dan data observasi.
Guru dan peneliti melakukan diskusi tentang temuan maupun
masalah-masalah yang dirasakan oleh guru.
Hasil analisa proses dan data yang dilaksanakan pada tahap ini akan
dijadikan acuan untuk merencanakan siklus berikutnya.
e. Membuat Rencana Lanjutan
Berdasarkan
refleksi diatas, kemudian guru dan peneliti berusaha untuk menyusun tindakan
selanjutnya dengan membuat penyempurnaan tindakan yang telah dilakukan. Hal ini dilakukan apabila setelah dilaksanakan
siklus I, tetapi tujuan yang diinginkan belum tercapai.
C.
Sumber Data dan Cara Pengambilan Data
a) Sumber Data :
Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 1
Sungai Raya Kubu Raya tahun ajaran 2010/2011 dan guru bidang studi IPS Ekonomi.
b) Jenis Data
Data yang diperlukan dalam
pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini terdiri dari :
·
Rencana
Pembelajaran (RPP).
·
Hasil
Belajar
·
Data
dari hasil observasi terhadap pelaksanaan pembelajaran IPS Ekonomi dengan
teknik pembelajaran menggunakan model Group Investigation.
c) Cara Pengambilan Data
a. Data tentang rencana belajar mengajar pada
saat dilaksanakan tindakan, diambil dengan menggunakan lembar observasi.
b. Data tentang keterkaitan antara
perencanaan dengan pelaksanaan didapat dari perencanaan pengajaran dan lembar
observasi.
c. Data hasil belajar IPS Ekonomi diambil
dengan memberikan tes kepada siswa.
d. Data tentang keaktifan dan kerja sama
siswa diambil dengan menggunakan lembar observasi.
e. Data tentang situasi/keadaan belajar
diperoleh melalui dokumentasi gambar pada saat kegiatan pelaksanaaan tindakan.
D.
Indikator Kerja Tindakan
Untuk mengukur keberhasilan
pelaksanaan tindakan kelas ini, maka ditetapkan indikator kinerjanya :
- Adanya perubahan yang terlihat dari sikap dan perilaku siswa terutama keaktifan dan kerjasama siswa dalam mengikuti proses pembelajaran melalui teknik pembelajaran dengan menggunakan GI.
- Keberhasilan meningkatkan minat belajar dan daya ingat siswa dengan melihat hasil belajar siswa dalam menerapkan teknik pembelajaran GI.
Siklus I
a. Aktifitas siswa dalam proses pembelajaran
: diharapkan sekurang-kurangnya 60 %
siswa masuk dalam kriteria aktif dan kerjasama.
b. Hasil belajar diharapkan
sekurang-kurangnya 60 % siswa memperoleh nilai diatas 65.
c. Peningkatan minat belajar siswa dapat dilihat
dari hasil belajar siswa.
Siklus II
a. Aktifitas siswa dalam proses pembelajaran
: diharapkan sekurang-kurangnya 70 %
siswa masuk dalam kriteria aktif dan kerjasama.
b. Hasil belajar diharapkan
sekurang-kurangnya 70 % siswa memperoleh nilai diatas 65.
c. Peningkatan minat belajar siswa dapat
dilihat dari hasil belajar siswa.
Sesuai dengan tujuan dari
penelitian ini yaitu, untuk membantu guru meningkatkan minat belajar dan hasil
belajar siswa kelas VIII C SMP N 1 Sungai Raya Kubu Raya. Apabila setelah dilaksanakan Siklus I nilai
ketuntasan belajar yang diperoleh belum mencapai ketuntasan atau meskipun
mencapai indikator ketuntasan tetapi belum cukup memuaskan oleh guru dan
peneliti maka dapat dilanjutkan dengan siklus berikutnya.
E.
Pelaksanaan Tindakan
Pelaksanaan penelitian
Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus tindakan dengan maksud untuk
mengadakan perbaikan dan peningkatan aktifitas belajar mengajar di kelas agar
lebih baik dan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Berikut ini rincian tindakan setiap siklusnya
:
1.
Siklus I
Siklus
ini dilaksanakan dalam tiga kali pertemuan, seperti terlihat pada tabel 3.1 berikut ini :
Tabel 3.1 : Pelaksanaan Tindakan Siklus I
No
|
Keterangan
|
Standar
Kompetensi
/ Kompetensi
Dasar
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
1
|
Pertemuan
Hari/Tanggal
Kamis,
19 Agustus 2010/2011
|
Standar Kompetensi :
4 : Memahami kegiatan pelaku Ekonomi di masyarakat.
Kompetensi Dasar :
4.2.Mendistribusikan pelaku Ekonomi
rumah tangga, masyarakat, perusahaan, koperasi dan Negara
Indikator :
· Menggolongkan pelaku Ekonomi utama dalam
perekonomian Indonesia.
· Mengidentifikasi peranan dan tujuan
keberadaan 3 sektor usaha formal (BUMN, BUMS, dan KOPERASI)
|
Di laksanakan sesuai dengan skenario
yang telah disepakati
|
2
|
Pertemuan
Hari/anggal
Sabtu,
21 Agustus 2010/2011
|
Standar Kompetensi :
4 : Memahami kegiatan pelaku Ekonomi di masyarakat.
Kompetensi Dasar :
4.2.Mendistribusikan pelaku Ekonomi
rumah tangga, masyarakat, perusahaan, koperasi dan Negara
Indikator :
· Mengidentifikasi pokok-pokok
perkoperasian diIndonesia ( pengertian, landasan, azas, sejarah,
keanggotaanya, sumber modal, prinsip-prinsip)
· Mengidentifikasi tentang cara pendirian,
tujuan, peranan, ciri-ciri, manfaat, cara pembagian SHU, pembubaran dan
jenis-jenis usaha koperasi)
· Mampu menyebutkan tata cara pendirian
koperasi
|
Di laksanakan sesuai dengan skenario
yang telah disepakati
|
3
|
Pertemuan
Hari/Tanggal
Selasa,
24 Agustus 2010/2011
|
Post tes
|
|
a.
Rencana Tindakan
1. Rencana tindakan pada siklus I ini
diarahkan untuk memperbaiki strategi pembelajaran, yaitu yang mengacu pada
penerapan model pembelajaran Group Investigation, sehingga penyampaian materi
pelajaran menjadi lebih menarik, menambah pemahaman serta meningkatkan
aktivitas belajar siswa.
2. Mengelompokkan 42 siswa dalam 6 kelompok
belajar berdasarkan kriteria heterogenitas.
Pembagian kelompok ini diumumkan pada siswa sebelum pelaksanaan
tindakan.
3. Menyusun rencana tindakan yang meliputi
skenario pembelajaran, RPP, lembar kerja siswa, instrument test, dan lembar
observasi.
b.
Skenario Tindakan
1. Menyajikan materi pembelajaran sesuai
dengan rencana pelaksanaan pembelajaran.
2. Skenario pembelajaran disusun dengan
fase-fase sebagai berikut.
Kegiatan awal :
Fase 1 : a. Menyampaikan tujuan dan
memotivasi siswa.
1)
Memberikan
penjelasan pada siswa tentang pembelajaran yang akan dilaksanakan yaitu dengan
metode pembelajaran Group Investigation,
2)
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dan memotivasi siswa.
Fase 2 : b. Menyajikan Informasi
1)
Guru
menyajikan informasi pada siswa tentang materi pembelajaran yang akan
dipelajari,
Kegiatan Inti :
Fase 3 : c. Mengorganisir siswa kedalam
kelompok-kelompok belajar.
1)
Guru
membentuk kelompok yang terdiri dari 7 orang siswa tiap kelompok,
2)
Guru
membagikan materi setiap kelompok, masing-masing kelompok mendapat 1 materi,
3)
Guru
membagikan soal untuk dijawab oleh kelompok.
Fase 4 : d. Membimbing kelompok membahas materi
1)
Setiap
kelompok membahas materi yang telah diberikan guru secara kooperatif berisi
pemikiran kelompok masing-masing,
Fase 5 :e. Presentasi Hasil investigasi kelompok
1)
Setiap
ketua kelompok mempresentasikan hasil investigasi kelompok masing-masing,
2)
Guru
memerintahkan masing-masing kelompok untuk menanggapi hasil persentase kelompok
lain.
Fase 6 : f. Kesimpulan
1)
Masing-masing
kelompok menyerahkan laporan diskusi yang sudah disempurnakan kepada guru,
2)
Guru
mengajak siswa membuat kesimpulan mengenai materi yang telah diinvestigasi
bersama
Fase 7: g. Penutup
1)
Memberrikan
post test
2)
Memberikan
tugas sebagai bahan persiapan untuk pertemuan selanjutnya,
3)
Post-test
dilaksanakan setiap akhir siklus
c. Indikator
Kerja Tindakan
Untuk mengukur keberhasilan
pelaksanaa siklus I ini, ditentukan indikator keberhasilan tindakan sebagai
berikut :
1. Adanya perubahan terhadap sikap dan
perilaku belajar siswa, yaitu peningkatan keaktifan siswa baik dalam berfikir
maupun bertindak dalam proses belajar mengajar
2. Aktifitas siswa dalam proses pembelajaran
: diharapkan sekurang-kurangnya 60 %
siswa masuk dalam kriteria aktif dan kerjasama.
3. Hasil belajar diharapkan
sekurang-kurangnya 60 % siswa memperoleh nilai diatas 65.
4. peningkatan minta belajar siswa yang dapat
dilihat dari hasil belajar siswa.
a. Kreatif/Kritis :
·
Siswa
yang selalu bertanya
·
Siswa
yang selalu mengemukakan pendapat/ide
·
Siswa
yang berani dan mampu beragumentasi.
b. Kerja sama :
·
Siswa
mau bekerja sama dalam kegiatan kelompok
·
Siswa
mau mengambil giliran dan berbagi tugas
·
Siswa
mau membantu teman kelompoknya dalam memahami materi.
c. Mengambil keputusan :
·
Siswa
dapat menentukan hasil dalam diskusinya dengan benar
·
Siswa
dapat mempertahankan hasil diskusi dengan argumen yang tepat
·
Siswa
dapat menyimpulkan hasil diskusi secara benar.
d.
Observasi
Observasi terhadap pelaksanaan
tindakan dilakukan oleh peneliti dan mitra.
Hal-hal yang diamati dalam keseluruhan pelaksanaan proses belajar mengajar
yang berkaitan dengan penelitian yaitu :
1. Pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan
perencanaan, kesesuaian waktu, penyajian dan penggunaan metode pembelajaran.
2. Keaktifan dan kerjasama siswa dalam
mengikuti pembelajaran.
3. Hasil belajar siswa.
4. Keadaan kelas saat pelaksanaan metode
pembelajaran.
e.
Hasil Observasi dan Refleksi
Dalam kegiatan observasi, baik
peneliti maupun guru mitra mencatat temuan-temuan yang berkaitan dengan
pelaksanaan strategi dengan model pembelajaran tersebut. Selanjutnya peneliti dan guru mitra
mendiskusikan temuan-temuan tersebut sebagai refleksi. Dari hasil observasi diperoleh informasi
sebagai berikut :
1. Pada siklus I strategi pembelajaran belum
begitu baik kerena belum sesuai dengan rencana pembelajaran, hal ini dilihat
dari ketidaksesuaian antara skenario yang dibuat dengan pelaksanaan yang
dilakukan oleh guru di kelas.
2. Untuk pembagian kelompok yang dilakukan
pada hari pertama, siswa membagi kelompok sebanyak 6 kelompok belajar sedangkan
untuk penilaian dilakukan secara individu.
3. masih ada siswa yang tidak ikut bekerja
dalam kelompoknya pada saat penyelelesaian tugas mereka dan membantu temannya
untuk mempersentasikan tugas mereka.
4. Guru memberikan bimbingan kepada
kelompok-kelompok yang kesulitan dan kurang mengerti dari tugas yang mereka
kerjakan, selain itu guru memberi motivasi kepada siswa.
5. Ada ketertartikan siswa dalam belajar,
tetapi hal tersebut dirasakan belum optimal yang dilihat dari hasil pekerjaan
siswa, dimana cara siswa mempersentasikan dan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan
masih kurang tepat.
6. dalam siklus I indikator kinerja tindakan
sudah tercapai akan tetapi haasil yang dirasakan masih belum begitu memuaskan
sehingga guru dan peneliti memutuskan untuk melanjutkan kembali pemberian
tindakan ini pada siklus berikutnya dengan harapan hasil yang diperoleh nanti
akan lebih baik.
2.
Siklus II
Pada siklus II, masih
dilaksanakan dengan tiga kali pertemuan, seperti pada tabel 3.2 berikut ini :
Tabel 3.2 : Pelaksanaan
Tindakan Siklus II
No
|
Keterangan
|
Standar
Kompetensi
/ Kompetensi
Dasar
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
1
|
Pertemuan
Hari/Tanggal
Kamis,
26 Agustus 2010/20100
|
Standar Kompetensi :
4 : memahami kegiatan pelaku Ekonomi
Kompetensi Dasar :
4.3.mengidentifikasi bentuk pasar dalam kegiatan ekonomi masyarakat.
Indikator :
· Menjelaskan pengertian, funsi pasar, dan
peranan pasar.
· Mengidentifikasi syarat-syarat
terjadinya pasar.
· Mengklasifikasi macam-macam pasar
beserta contohnya masing-masing.
|
Di laksanakan sesuai dengan skenario yang telah disepakati
|
2
|
Pertemuan
Hari/Tanggal
Sabtu,
28 Agustus 2010/2011
|
Standar Kompetensi :
4 : memahami kegiatan pelaku ekonomi di masyarakat.
Kompetensi Dasar :
4.3. mengidentifikasi bentuk pasar dalam kegiatan ekonomi masyarakat
Indikator :
· Mengidentifikasikan ciri-ciri pasar
konkrit dan pasar abstrak serta menyebutkan contoh-contohnya.
· Mendemonstrasikan kegiatan jual beli di
suatu pasar.
|
Di laksanakan sesuai dengan skenario yang telah
disepakati
|
3
|
Pertemuan
Hari/Tanggal
Selasa,
31 Agustus 2010/2011
|
Post test
|
|
a.
Rencana Tindakan
1. Rencana tindakan pada siklus II ini
diarahkan untuk memperbaiki strategi pembelajaran, yaitu yang mengacu pada
penerapan model pembelajaran Group Investigation, sehingga penyampaian materi
pelajaran menjadi lebih menarik, menambah pemahaman serta meningkatkan aktivitas
belajar siswa.
2. Mengelompokkan 42 siswa dalam 6 kelompok
belajar berdasarkan kriteria heterogenitas.
Pembagian kelompok ini diumumkan pada siswa sebelum pelaksanaan
tindakan.
3. Menyusun rencana tindakan yang meliputi
skenario pembelajaran, RPP, lembar kerja siswa, instrument test, dan lembar
observasi.
b.
Skenario Tindakan
1. Menyajikan materi pembelajaran sesuai
dengan rencana pelaksanaan pembelajaran.
2. Skenario pembelajaran disusun dengan
fase-fase sebagai berikut.
Kegiatan awal :
Fase 1 : a. Menyampaikan tujuan dan
memotivasi siswa.
1. Memberikan penjelasan pada siswa tentang
pembelajaran yang akan dilaksanakan yaitu dengan metode pembelajaran Group
Investigation,
2. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang
ingin dicapai dan memotivasi siswa.
Fase 2 : b. Menyajikan Informasi
1. Guru menyajikan informasi pada siswa
tentang materi pembelajaran yang akan dipelajari,
Kegiatan Inti :
Fase 3 : c. Mengorganisir siswa kedalam
kelompok-kelompok belajar.
1. Guru membentuk kelompok yang terdiri dari
7 orang siswa tiap kelompok,
2. Guru membagikan materi setiap kelompok,
masing-masing kelompok mendapat 1 materi,
3. Guru membagikan soal untuk dijawab oleh
kelompok.
Fase 4 : d. Membimbing kelompok membahas materi
1. Setiap kelompok membahas materi yang telah
diberikan guru secara kooperatif berisi pemikiran kelompok masing-masing,
Fase 5 :e. Presentasi Hasil investigasi kelompok
1. Setiap ketua kelompok mempresentasikan
hasil investigasi kelompok masing-masing,
2. Guru memerintahkan masing-masing kelompok
untuk menanggapi hasil persentase kelompok lain.
Fase 6 : f. Kesimpulan
1. Masing-masing kelompok menyerahkan laporan
diskusi yang sudah disempurnakan kepada guru,
2. Guru mengajak siswa membuat kesimpulan
mengenai materi yang telah diinvestigasi bersama
Fase 7: g. Penutup
1. Memberrikan post test
2. Memberikan tugas sebagai bahan persiapan
untuk pertemuan selanjutnya,
3. Post-test dilaksanakan setiap akhir siklus
c. Indikator
Kerja Tindakan
Untuk mengukur keberhasilan
pelaksanaa siklus II ini, ditentukan indikator keberhasilan tindakan sebagai
berikut :
1. Adanya perubahan terhadap sikap
dan perilaku belajar siswa, yaitu peningkatan keaktifan siswa baik dalam
berfikir maupun bertindak dalam proses belajar mengajar
2. Aktifitas siswa dalam proses pembelajaran
: diharapkan sekurang-kurangnya 70 %
siswa masuk dalam kriteria aktif dan kerjasama.
3. Hasil belajar diharapkan
sekurang-kurangnya 70 % siswa memperoleh nilai
diatas 65.
4. peningkatan minta belajar siswa yang dapat
dilihat dari hasil belajar siswa.
a. Kreatif/Kritis :
·
Siswa
yang selalu bertanya
·
Siswa
yang selalu mengemukakan pendapat/ide
·
Siswa
yang berani dan mampu beragumentasi.
b. Kerja sama :
·
Siswa
mau bekerja sama dalam kegiatan kelompok
·
Siswa
mau mengambil giliran dan berbagi tugas
·
Siswa
mau membantu teman kelompoknya dalam memahami materi.
c. Mengambil keputusan :
·
Siswa
dapat menentukan hasil dalam diskusinya dengan benar
·
Siswa
dapat mempertahankan hasil diskusi dengan argumen yang tepat
·
Siswa
dapat menyimpulkan hasil diskusi secara benar.
d.
Observasi
Observasi terhadap pelaksanaan
tindakan dilakukan oleh peneliti dan mitra.
Hal-hal yang diamati dalam keseluruhan pelaksanaan proses belajar
mengajar yang berkaitan dengan penelitian yaitu :
2. Pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan
perencanaan, kesesuaian waktu, penyajian dan penggunaan metode pembelajaran.
3. Keaktifan dan kerjasama siswa dalam
mengikuti pembelajaran.
4. Hasil belajar siswa.
e.
Hasil Observasi dan Refleksi
Dalam kegiatan observasi, baik
peneliti maupun guru mitra mencatat temuan-temuan yang berkaitan dengan
pelaksanaan strategi dan model pembelajaran tersebut. Selanjutnya peneliti dan guru mitra
mendiskusikan temuan-temuann tersebut sebagai refleksi. Dari hasil observasi diperoleh informasi
sebagai berikut:
1. Pada pertemuan pertama strategi
pembelajaran dengan baik sesuai dengan rencana pembelajaran, hal ini dilihat dari
kesusaian waktu antara penyajian materi pembelajaran dengan waktu yang
tersedia.
2. Guru memberikan bimbingan kepada
kelompok-kelompok yang kesulitan dan kurang mengerti dari tugas yang mereka
kerjakan, selain itu guru memberi motivasi kepada siswa.
3. Dalam siklus II peneliti dan guru mitra
merasa cukup memuaskan dengan hasil yang diperoleh. Oleh karena itu pada siklus II ini pemberian
tindakan dirasakan sudah cukup.
BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A. Kemampuan Awal Siswa
Kemampuan
awal siswa kelas VIII C SMPN 1 Sungai Raya dilakukan tindakan kelas dengan
menerapkan model pembelajaran Group Investigation dari hasil belajar siswa pada
pelajaran IPS Ekonomi. Hal ini diketahui nilai rata-rata kelas sebesar 56,07
sedangkan nilai ketuntasan dari 42 siswa yang belum mencapai 65 berjumlah 23
orang atau 54,76% sedangkan yang mencapai 65 berjumlahh 19 orang atau 45,24%.
B. Kemampuan
Akhir Siswa
Kemampuan
akhir siswa dalam penelitian ini terlihat dari perubahan aktifitas belajar
siswa dan kemampuan siswa menguasai materi pelajaran IPS Ekonomi. Setelah
melakukan proses belajar mengajar dengan tindakan kelas yang menerapkan model
pembelajaran Group Investigation selama dua siklus, setiap siklus siswa
diberikan tes atau ulangan harian sebagai wujud hasil belajar siswa pada tiap
siklus.
Hasil belajar siswa kelas VIII C SMPN 1
Sungai Raya setelah dilaksanakan tindakan kelas melalui siklus pertama dan
kedua didapat data sebagai berikut :
Tabel 4.1 Rekapitulasi nilai rata-rata ulangan IPS
Ekonomi kelas VIII C
SMPN 1 Sungai Raya Kabupaten
Kubu Raya
No
|
Nama Siswa
|
JK
|
Sebelum Tindakan
|
Ulangan Siklus I
|
Ulangan
Siklus II
|
1
|
Aisah Ayunani
|
P
|
72
|
78
|
82
|
2
|
Aldrince
|
P
|
68
|
70
|
85
|
3
|
Aminah
|
P
|
61
|
65
|
71
|
4
|
Andre
|
L
|
38
|
55
|
65
|
5
|
Archie
|
L
|
72
|
75
|
82
|
6
|
Ari Triono
|
L
|
56
|
66
|
78
|
7
|
Ary Kurniadin
|
L
|
67
|
70
|
82
|
8
|
Ayung
|
P
|
44
|
60
|
60
|
9
|
Bertyana
|
P
|
67
|
70
|
85
|
10
|
Decya Monika
|
P
|
65
|
70
|
85
|
11
|
Desi
|
P
|
51
|
60
|
72
|
12
|
Dewi
|
P
|
40
|
56
|
65
|
13
|
Dhiar
|
L
|
62
|
65
|
75
|
14
|
Hadi
|
L
|
51
|
65
|
71
|
15
|
Gita
|
P
|
60
|
65
|
72
|
16
|
Imam
|
L
|
65
|
67
|
75
|
17
|
Indras Surowo
|
L
|
65
|
67
|
70
|
18
|
Indriyani
|
P
|
42
|
60
|
65
|
19
|
Kiswanto
|
L
|
68
|
70
|
82
|
20
|
Kristianus
|
L
|
67
|
70
|
80
|
21
|
Lili Erviani
|
P
|
50
|
56
|
68
|
22
|
Lili Yana
|
P
|
68
|
72
|
81
|
23
|
Lydia
|
P
|
21
|
56
|
62
|
24
|
M.Imam Arifin
|
L
|
28
|
51
|
60
|
25
|
Meilisa
|
P
|
33
|
58
|
62
|
26
|
Muliya Nanda
|
P
|
68
|
76
|
80
|
27
|
Muthia
|
P
|
70
|
72
|
80
|
28
|
Nur Alamsyah
|
L
|
41
|
54
|
65
|
29
|
Okkie
|
L
|
68
|
70
|
75
|
30
|
Puri
|
P
|
51
|
65
|
71
|
31
|
Rahmi
|
P
|
70
|
72
|
78
|
32
|
Reza
|
P
|
61
|
68
|
75
|
33
|
Rhisna
|
L
|
70
|
72
|
81
|
34
|
Rifky
|
L
|
60
|
65
|
72
|
35
|
Rizky
|
L
|
78
|
81
|
86
|
|
|
|
|
|
|
36
|
Romi
|
L
|
60
|
60
|
75
|
37
|
Siti
|
P
|
55
|
61
|
68
|
38
|
Sivisa
|
P
|
42
|
50
|
65
|
39
|
Susilawati
|
P
|
60
|
65
|
68
|
40
|
Sy.Rudiansyah
|
L
|
55
|
62
|
70
|
41
|
Tio
|
L
|
65
|
67
|
85
|
42
|
Teguh
|
L
|
65
|
67
|
82
|
|
Jumlah Rata-rata
|
|
56,07
|
68,33
|
73,85
|
Berdasarkan tabel 4.1 menunjukkan bahwa
siswa yang mengalami ketuntasan belajar sebelum dilakukan penelitian tindakan
dan sesudah dilakukan tindakan siklus I dan siklus II dapat digambarkan pada
grafik di bawah ini :
Grafik 4.1 : Nilai Rata-Rata Sebelum dan
sesudah Tindakan
Dibawah ini disajikan hasil rekapitulasi nilai
sebelum dan sesudah tindakan yaitu siklus I dan siklus II
Tabel 4.2 Rekapitulasi Nilai Siswa Sebelum dan Sesudah Tindakan
RENTANG NILAI
|
SEBELUM TINDAKAN
|
ULANGAN SIKLUS I
|
ULANGAN SIKLUS II
|
0 – 14
|
-
|
-
|
-
|
15 – 24
|
1
|
-
|
-
|
25 – 34
|
2
|
-
|
-
|
35 – 44
|
4
|
1
|
-
|
45 – 54
|
7
|
2
|
-
|
55 – 64
|
9
|
10
|
5
|
65 – 74
|
18
|
24
|
15
|
75 – 84
|
1
|
5
|
17
|
85 – 94
|
-
|
-
|
5
|
95 - 100
|
-
|
-
|
-
|
Sumber :Hasil
rekapitulasi nilai ulangan sebelum dan sesudah tindakan yang diamati oleh
peneliti dan guru mata pelajaran IPS Ekonomi.
Dari tabel 4.1 dapat diketahui sebelum
diadakan tindakan, siswa yang memperoleh nilai 65 atau setelah mencapai standar
ketuntasan belajar sebanyak 19 orantg atau sebesar 45,24%. Setelah diadakan
siklus I, siswa yang mencapai ketuntasan belajar meningkat menjadi 29 orang
atau 69,05%. Dan pada siklus ke II, siswa yang mencapai standar ketuntasan
meningkat menjadi 37 orang siswa atau sebesar 88,09%. Untuk lebih jelasnya lagi
dibawah ini disajikan grafik persentase jumlah siswa yang mencapai ketuntasan
belajar sebelum tindakan dan sesudah tindakan pada siklus I dan siklus II.
Grafik 4.2 :Persentase jumlah siswa yang
mencapai ketuntasan belajar sebelum
dan sesudah tindakan
C. PEMBAHASAN
Penelitian tindakan kelas ini
dilakukan pada siswa kelas VIII C SMPN 1 Sungai Raya pada mata pelajaran IPS
Ekonomi dengan guru kolaborator Endi A.Md. penelitian ini dilaksanakan dengan
sumber-sumber permasalahan yang telah ditulis pada BAB I, BAB II dan BAB III.
Tindakan yang dilakukan dalam penelitian ini sebanyak 2 siklus, yaitu siklus
pertama terdiri dari 3 kali pertemuan dan siklus kedua sebanyak tiga kali
pertemuan. Setiap siklus dilaksanakan dengan materi pembelajaran satu pokok
bahasan dan dengan sub pokok bahasan yang berbeda.
Peneliti dan guru mitra
bersepakat menggunakan teknik pembelajaran dengan Group Investigation yang
bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Pelaksanaan Penelitian
Tindakan Kelas sudah sesuai dengan prosedur penelitian tindakan kelas. Dimana
tindakan terbagi menjadi beberapa siklus tindakan yang direncanakan sesuai
dengan permasalahan baru yang muncul dari hasil siklus terdahulu dengan adanya
permasalahan itu kemudian dibuat suatu rencana tindakan selanjutnya untuk
pelaksanaan siklus berikutnya.
Dalam pembahasan ini akan
dikemukakan tentang perkembangan kemajuan belajar siswa selama dilaksanakan
tindakan ( dua siklus ), mengenai perkembangan minat belajar siswa yang dapat
dilihat dari hasil belajar siswa dan perkembangan sikap siswa dalam proses
pembelajaran IPS Ekonomi dengan menggunakan teknik pembelajaran Group
Investigation.
Pada pelaksanaan tindakan
kelas ini siswa dibagi menjadi 6 kelompok belajar dengan setiap kelompok
terdiri dari 7 orang siswa. Tugas yang harus dikerjakan oleh setiap kelompok
adalah mendiskusikan materi yang sudah dibagikan kemudian beberapa kelompok
lain diminta mempresentasikan hasil tugasnya dan kelompok lain memberikan
tanggapan.
Berdasarkan hasil pengamatan
dan refleksi maka dapat diketahui hal-hal sebagai berikut :
1. Rendahnya nilai rata-rata ulangan dan
sedikitnya siswa yang mencapai nilai ketuntasan pada mata pelajaran IPS
Ekonomi, hal inilah yang menjadi permasalahan bagi guru mata pelajaran IPS
Ekonomi yang mengajar dikelas VIII C SMPN 1 Sungai Raya. Dengan rendahnya nilai
rata-rata yang didapat oleh siswa kelas VIII C SMPN 1 Sungai Raya, peneliti
tertarik untuk mencari sebab serta solusi yang tepat untuk permasalahan
tersebut dengan melakukan penelitian tindakan kelas. Setelah melakukan
observasi awal, diketahui bahwa guru dalam melaksanakan pembelajaran dikelas
masih didominasi oleh metode ceramah sehingga siswa lebih bersifat pasif, siswa
hanya mendengarkan informasi dari guru, selain itu penyampaian materi secara
kontekstual oleh guru juga dirasakan kurang mengembangkan kemampuan berfikir.
Hal ini mentyebabkan siswa menjadi jenuh, kurang berminat mengikuti pelajaran
sehingga tidak jarang ada siswa yang tidak serius mengikuti pelajaran di kelas.
Dengan menerapkan teknik pembelajaran Group Investigation dalam proses
pembelajaran IPS Ekonomi diharapkan dapat meningkatkan minat siswa dan
keaktifan siswa, siswa juga dapat lebih serius dalam belajar yang pada akhirnya
berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa yang dilihat dari meningkatnya
hasil nilai ulangan yang diberikan kepada siswa.
2. Dalam pelaksanaan siklus 1
peneliti menginformasikan tentang
pembelajaran dengan menggunakan Group Investigation dimana siswa diberikan
contoh Group Investigation dan cara membahasnya. Kemudian siswa diberi tugas mendiskusikan
materi yang sudah ditentukan dan dibimbing oleh guru. Pada pelaksanaan siklus 1
ini terdapat kemajuan, tetapi belum memuaskan.
Hal ini dilihat dari sebagian siswa masih ada yang kurang serius
mengerjakan tugas mereka. Adapun hal-hal yang ditemukan dalam siklus 1 adalah
sebagai berikut :
a)
Sebagian
siswa mulai tertarik dengan teknik pembelajaran Group Investigation dalam
pelajaran IPS Ekonomi,
b)
Sebagian
siswa sudah mulai banyak bertanya kepada guru tentang pelajaran dan siswa sudah
mulai tertarik membahas tugas mereka yang berupa soal-soal,
c)
Guru
sudah memberikan bimbingan, arahan dan motivasi kepada siswa tetapi masih
dirasakan kurang karena masih banyak siswa yang kebingungan tentang cara
mengerjakan ( awal pertemuan), selain itu juga guru kurang memberikan penguatan
kepada siswa sehingga siswa tidak percaya diri dalam memberikan penjelasan
tentang Group Investigation yang mereka bahas dalam menjawab pertanyaan dari
kelompok yang lain,
d)
Masih
ada siswa yang malas untuk berfikir dalam kerja kelompok,
e)
Waktu
yang tersedia kurang mencukupi sehingga dalam pelaksanaannya kurang sesuai
dengan urutan rencana yang ditetapkan,
f)
Hasil
pelaksanaan siklus 1 menunjukkan kemajuan yang tidak begitu memuaskan. Hal ini
terlihat dari nilai rata-rata ulangan
siswa yaitu 68,33 yang hanya mengalami peningkatan sebesar 12,26 dan
siswa yang mencapai standar ketuntasan juga mengalami peningkatan yaitu siswa
yang mendapat nilai 65 berjumlah 29 orang atau sebesar 69,05%. Dalam
pelaksanaan siklus 1, dapat dilihat perubahan minat siswa kelas VIII C SMPN 1
Sungai Raya yang dilihat dari keaktifan dan kerja sama siswa dalam mengikuti
proses pembelajaran Group Investigation yang ditunjukkan dari tabel 4.5 (
terlampir ) didapat 66,67% siswa yang aktif dan kerja sama dalam mengikuti pembelajaran
dengan menggunakan Group Investigation. Pada siklus 2 perubahan minat belajar
siswa kelas VIII C SMPN 1 Sungai Raya dapat dilihat pada tabel 4.6 ( terlampir
). Dari tabel 4.6 didapat 85,71% siswa yang aktif dan kerja sama dalam
mengikuti pembelajaran Group Investigation. Sehingga dapat dilihat perubahan
minat belajar siswa dari siklus 1 dan 2 menjadi 18,50%.
3. Dalam pelaksanaan siklus ke 2, teknik
pembelajaran yang diberikan masih sama yaitu teknik pembelajaran Group
Investigation. Pada siklus ini masih terdapat siswa yang kurang aktif dalam
belajar. Namun nilai hasil belajar siswa mengalami peningkatan dibandingkan
siklus 1, adapun hal-hal yang ditemukan pada siklus 2 adalah :
a)
Strategi
pembelajaran sudah berjalan dengan baik sesuai dengan rencana yang telah
ditetapkan, hal ini dilihat dari kesesuaian waktu antara penyajian materi
pelajaran dengan waktu yang tersedia,
b)
Siswa
sudah mengarti dan memahami cara pengerjaan tugas mereka,
c)
Siswa
lebih termotivasi dan aktif bekerja sama dalam mengerjakan tugas mereka,
d)
Siswa
sudah mengalami peningkatan dalam bekerja sama dengan kelompoknya dimana siswa
mulai dapat berbagi pekerjaan dengan temannya untuk menyelesaikan pekerjaan
kelompoknya,
e)
Masih
ada siswa yang malas berfikir dan terlibat dalam pekerjaan kelompoknya
f)
Hasil
kegiatan siklus 2 telah menunjukkan kemajuan yang cukup berarti dengan
tercapainya standar ketuntasan yaitu 65. nilai rata-rata kelas yang diperoleh
yakni 73,85 meningkat sebesar 17,78 dan ketuntasan belajar siswa mencapai
88,09% pada siklus ke 2 siswa yang memperoleh nilai ulangan 65 berjumlah 37
siswa.
D. PENGUJIAN
HIPOTESIS
Berdasarkan uraian dalam pembahasan, maka pembuktian hipotesis yang
diterapkan sebagaimana tabel di bawah ini :
Tabel 4.3 : Pencapaian Berdasarkan Indikator Kerja Tindakan di kelas
VIII C SMPN 1 Sungai Raya tahun ajaran 2010/2011.
No
|
Aspek
|
Siklus I
|
Siklus II
|
||
Indikator
Kinerja
|
Hasil
|
Indikator
Kinerja
|
Hasil
|
||
1
|
Guru
|
Ada peningkatan disetiap pertemuan
|
Ada peningkatan
|
Ada peningkatan disetiap pertemuan
|
Ada peningkatan
|
2
|
Aktifitas Siswa
|
60 % siswa aktif dan kerja sama
|
66,67
|
70 % siswa aktif dan kerja sama
|
85,71
|
3
|
Hasil Belajar
|
60 % tuntas
|
69.05 %
|
70 % tuntas
|
88.09 %
|
4
|
Nilai rata-rata
|
56,07
Nilai awal
|
68,33
|
|
73,85
|
Sumber : Hasil observasi yang dilakukan oleh
peneliti bekerja sama dengan guru mitra.
Berdasarkan tabel diatas menunjukkan bahwa peningkatan keaktifan dan
kerja sama siswa dalam proses pembelajaran IPS Ekonomi dengan menggunakan
Grioup Investigation pada siklus 1 sebesar 66,67% dan siklus ke 2 sebesar
85,71%, dan Pencapaian hasil belajar
siswa pada siklus 1 sebesar 69,05% serta pada siklus 2 sebesar 88,09% dengan
nilai rata-rata siswa yang mengikuti pembelajaran IPS Ekonomi pada siklus 1
sebesar 68,33 dan nilai rata-rata siswa pada siklus 2 sebesar 73,85.
Hal
diatas menunjukkan bahwa penggunaan Group Investigation dapat meningkatkan
hasil belajar siswa kelas VIII C SMPN 1 Sungai Raya. Dalam hal ini skenario
yang disusun bersama peneliti dengan guru mitra ternyata memberi pengaruh
terhadap keaktifan belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran IPS Ekonomi.
Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa dengan penggunaan Group
Investigation dalam pembelajaran IPS Ekonomi, hasil belajar siswa dikelas VIII
C SMPN 1 Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya dapat ditingkatkan
BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN
A.
KESIMPULAN
Berdasarkan hasil-hasil penelitian
tindakan kelas yang diuraikan pada BAB I, II dan BAB III, dapat ditarik
kesimpulan sebagai berikut :
- Penggunaan teknik pembelajaran Group Investigation dalam kegiatan pembelajaran dapat meningkatkan minat belajar siswa, hal ini dilihat dari keseriusan dan keaktifan dan kerja sama siswa,
- Indikasi keberhasilan dari teknik pembelajaran Group Investigation dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa yang diambil dari nilai postest. Sebelum diadakan tindakan rata-rata ulangan harian siswa hanya sebesar 56,07 kemudian meningkat menjadi 68,33 pada siklus 1 dan 73,85 pada siklus ke 2.
- Usaha-usaha yang dilakukan oleh guru IPS Ekonomi dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas VIII C SMPN 1 Sungai Raya adalah dengan menggunakan sumber-sumber belajar dari buku dari berbagai penerbit yang relevan dengan pelajaran IPS Ekonomi. Selain itu, dalam kegiatan belajar-mengajar menggunakan teknik pembelajaran Group Investigation.
B. SARAN
a. Siswa hendaknya lebih tertib dan serius
dalam mengikuti proses pembelajaran dan memperhatikan guru yang menjelaskan
didepan kelas,
b. Dalam belajar kelompok diharapkan kepada
siswa agar saling bekerja sama dengan baik dan dapat mengerjakan tugas
bersama-sama, tidak mengandalkan temannya,
c. Siswa yang kurang aktif diharapkan jangan
malu dalam bertanya,
d. Sebaiknya guru IPS Ekonomi dapat lebih
menumbuhkan aktifitas dan kreatifitas belajar siswa dengan menggunakan model
Group Investigation serta menanamkan nilai-nilai tentang pentingnya belajar.
DAFTAR PUSTAKA
Abdul Azis Wahab. 2007. “Metode dan Model-Model Mengajar”.
Bandung : Alfabeta
Amrazi Zakso. 2009. “Model Pembelajaran Alternatif”.
Pontianak : FKIP UNTAN.
Basuki Wibawa. 2004. “Penelitian
Tindakan Kelas”. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional Direktorat
Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Tenaga Kependidikan.
Etin Solihatin, dkk. 2005. “Cooperative Learning, Analisis Model
Pembelajaran IPS”. Jakarta : Bumi
Aksara.
FKIP UNTAN. 2007. “Pedoman Penulis Karya Ilmiah”.
Pontianak : FKIP UNTAN
IGAK Wardhani, dkk. 2007. “Penelitian
tindakan Kelas”. Jakarta :
Universitas Terbuka.
R. Ibrahim, dkk. 2003. “Perencanaan Pengajaran”.
Jakarta : Rineka Cipta.
Robert E. Slavin. 2008. “Coorperative
Learning”. Bandung : Nusa Media
Suharsimi Arikunto, dkk. 2006. “ Penelitian Tindakan Kelas”. Jakarta : Bumi Aksara.
Tjipto Sumadi. 1999. “Pengajaran
Ilmu Pengetahuan sosial”. Jakarta :
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Trianto.
2007. “Model Pembelajaran
Terpadu”. Jakarta : Prestasi Pustaka
Undang-undang Republik
Indonesia No. 20. 2003. “Sistem
Pendidikan Nasional”. Bandung :
Citra Umbara.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar