Kami keluarga besar MGMP IPS Kabupaten Kubu Raya Mengucapkan SELAMAT HARI NATALTAHUN 2013 DAN SELAMAT TAHUN BARU 2014 . Semoga di tahun 2014 MGMP IPS dapat lebih memberikan manfaat dalam peningkatan profesionalisme guru INFORMASI PERTEMUAN BULAN JANUARI DILAKSANAKAN TANGGAL 16 JANUARI PUKUL 07.30 DI SMP NEGERI 12 SUNGAI RAYA HARAP MEMBAWA RPP

Rabu, 18 Juli 2012

PELATIHAN LAPORAN KELOMPOK 3



 PENGGUNAAN MODEL GROUP INVESTIGATION SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS EKONOMI DI KELAS VIII C SMP NEGERI 1 SUNGAI RAYA
KABUPATEN KUBU RAYA


LAPORAN  PENELITIAN TINDAKAN KELAS




DISUSUN OLEH :


SUTRISNO,S.Pd
SMP NEGERI 5 SUNGAI RAYA
SURYATI, S.Pd
SMP NEGERI  1 SUNGAI RAYA
SERIANA,S.Pd
SMP NEGERI 6 SUNGAI AMBAWANG
RASI WIDIASARI,S.Pd
SMP NEGERI 2 SUNGAI RAYA



DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
KABUPATEN KUBU RAYA
2012




 PENGGUNAAN MODEL GROUP INVESTIGATION SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS EKONOMI DI KELAS VIII C SMP NEGERI 1 SUNGAI RAYA
KABUPATEN KUBU RAYA


OLEH
NAMA
ASAL SEKOLAH
SUTRISNO,S.Pd
SMP NEGERI 5 SUNGAI RAYA
SURYATI, S.Pd
SMP NEGERI  1 SUNGAI RAYA
SERIANA,S.Pd
SMP NEGERI 6 SUNGAI AMBAWANG
RASI WIDIASARI,S.Pd
SMP NEGERI 2 SUNGAI RAYA

Disetujui oleh
Kepala SMP Negeri 7 Sungai Ambawang




Drs. Selamet Riyadi, M.Pd
NIP : 19680102199702 1003


Disahkan Oleh
Kepala Dimas Pendidikan
Kabupaten Kubu Raya





FRANS RANDUS, S.Pd.M.Si
NIP.19591010 198009  1 001





KATA PENGANTAR
Puji dan syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan Paporan Penelitian Tindakan Kelas  yang berjudul ” Penggunaan model group investigation sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS ekonomi di kelas VIII C SMP Negeri 1 Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya
Laporan Penelitian Tindakan Kelas  ini disusun dalam rangka pengembangan karir guru dan sebagai prasyarat kenaikan pangkat jabatan guru
Penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu pelaksanaan penelitian sampai selesainya penulisan laporan ini
Akhirnya , penulis berharap semog
a lapoaran penelitian tindakan kelas  ini bermanfaat bagi para  pembacanya


Sungai Raya,


Penulis




DAFTAR ISI

                                                                                                                 Halaman
HALAMAN SAMPUL                      . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
HALAMAN JUDUL                         . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
PERNYATAAN                                . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
KATA PENGANTAR                       . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .  i
DAFTAR ISI                                      . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .  iv
DAFTAR TABEL                              . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .  vi
DAFTAR GRAFIK                           . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .  vii
DAFTAR LAMPIRAN                     . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .  viii
RINGKASAN                                                . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .  ix


BAB I       PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang            . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .   1
B.     Masalah Penelitian.     ... . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .  7
C.     Cara Pemecahan Masalah . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .   8
D.    Tujuan Penelitian        . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .   9
E.     Manfaat Penelitian      . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .   9
F.      Definisi Operasional   . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .  11


BAB II      TINJAUAN PUSTAKA DAN HIPOTESIS TINDAKAN
A.    Tinjauan Pustaka         . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .  13
B.     Hipotesis Tindakan     . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .  18

BAB III    PROSEDUR PENELITIAN
A.    Setting Penelitian        . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .  19
B.     Rencana Tindakan      . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .  20
C.     Sumber Data dan Cara Pengambilan Data. . . . . . . . . . . . . . . .   22
D.    Indikator Kerja Tindakan       . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . ... .  23
E.     Pelaksanaan Tindakan . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .    24

BAB IV    HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.    Kemampuan Awal Siswa        . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .. .  38
B.     Kemampuan Akhir Siswa       . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 38
C.     Pembahasan                . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .  43
D.    Pengujian Hipotesis Tindakan      . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .    48

BAB V      PENUTUP
A.    Kesimpulan           . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .  50
B.     Saran                     . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .  51

DAFTAR PUSTAKA                      . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .  52
LAMPIRAN                                      . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .  53
DAFTAR TABEL


                                                                                                                                                        Halaman


Tabel 1.1
Nilai Ulangan Harian                          . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .  5      
Tabel 2.1
Langkah – langkah Pembelajaran GI  . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .  16
Tabel 3.1
Pelaksanaan Tindakan Siklus I           . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .  25
Tabel 3.2
Pelaksanaan Tindakan Siklus II          . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .  32
Tabel 4.1
Rekapitutasi Nilai Rata-rata                . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .   39
Tabel 4.2
Rekapitulasi Nilai Siswa sebelum dan Sesudah Tindakan    . . . . . . . . . . . . .   41
Tabel 4.3
Pencapaian Berdasarkan Indikator Kerja Tindakan  . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .  48
Tabel 4.4
Rekapitulasi Hasil Pengamatan Siswa Siklus I  . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .   57
Tabel 4.5
Rekapitulasi Hasil Pengamatan Siswa Siklus II  . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .   59


DAFTAR GRAFIK

         Halaman
Grafik 4.1
Nilai Rata – rata Sebelum dan Sesudah Tindakan   . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .  41
Grafik 4.2
Persentase Jumlah Siswa yang Mencapai Ketuntasan  . . . . . . . . . . . . . . . . . .   43




DAFTAR LAMPIRAN


         Halaman
Lampiran 1    Format Observasi Guru  Siklus I . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .     53
Lampiran 2    Format Observasi Guru Siklus II . . . .  . . . . . . . . . . . . . . . . .      54
Lampiran 3    Format Observasi Siswa Siklus I. . . . . . . . . .  . . . . . . . . . . . .     55
Lampiran 4    Format Observasi Siswa Siklus II. . . . . . . . . .  . . . . . . . . . . . .    56
Lampiran 5    Rekapitulasi Hasil Pengamatan Siswa Siklus I . . . . . . . . . . .      57
Lampiran 6    Rekapitulasi Hasil Pengamatan Siswa Siklus II . . . . . . . . . .       59
Lampiran 7    Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus I  . . . . . . . . .  61
Lampiran 8    Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus I  . . . . . . . . .  65
Lampiran 9    Kisi-kisi Ulangan Harian Siklus I  . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .  69
Lampiran 10  Post test  Siklus I  . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .  72
Lampiran 11  Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus II  . . . . . . . .  74
Lampiran 12  Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Siklus II  .  . . . . . .   78
Lampiran 13  Kisi-kisi Ulangan Harian Siklus II. . . . . . . . . . .. . . . . . . . . . . .   82
Lampiran 14  Post test Siklus II   . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .  85





ABSTRAK
Laporan  ini berjudul “ Penggunaan Model Group Investigation sebagai upaya untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi di kelas VIII C SMP Negeri 1 Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya” yang dilatar belakangi rendahnya hasil belajar siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Sungai Raya serta model mengajar yang di terapkan guru IPS Ekonomi di kelas VIII C kurang bervariasi ( monoton).  Akibatnya, kegiatan belajar mengajar kurang menarik dan membosankan karena siswa tidak terangsang atau ditantang untuk berfikir kreatif.
Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan hasil belajar siswa serta dapat terlaksananya pembalajaran IPS Ekonomi dengan menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi melalui Model Group Investigation sebanyak 2 siklus.  Siklus ini terdiri dari rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi, dan rencana tindakan selanjutnya.
Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah Dengan Penggunaan Model Group Investigation, hasil belajar, kreatifitas dan kerja sama siswa  pada mata pelajaran IPS Ekonomi kelas VIII C di SMP Negeri 1 Sungai Raya dapat di tingkatkan.
Berdasarkan data sebelum penelitian rata-rata hasil belajar siswa adalah 56,07. hanya 19 siswa saja yang tuntas atau 45,24%.  Setelah penelitian tindakan dilaksanakan pada siklus I dan siklus II ternyata hasil belajar siswa mengalami peningkatan.  Pada siklus I nilai rata-rata mencapai 68,33, dan pada siklus II nilai rata-rata mencapai 73,85.  Jadi nilai rata-rata pada siklus I dan siklus II meningkat sesuai dengan yang diharapkan. Nilai ketuntasan pada siklus I mencapai 69,05% dengan indikator kinerja tindakan sebesar 60% dan pada siklus II mencapai 88,09% dengan indikator kinerja tindakan 70%.  Sedangkan persentase kreatifitas dan kerja sama siswa juga mengalami peningkatan.  Adapun kreatifitas dan kerja sama pada siklus I sebesar 66,67% dengan indikator kinerja tindakan sebesar 60%, dan pada siklus II sebesar 85,71% dengan indikator kinerja tindakan sebesar 70%. Dengan demikian Penelitian Tindakan Kelas ini terbukti.
Dengan penggunaan Group Investigation dalam pembelajaran IPS Ekonomi, hasil belajar siswa dikelas VIII C SMPN 1 Sungai Raya dapat ditingkatkan. Sehingga proses pembelajaran terlaksana dengan baik dan diharapkan nantinya guru mencoba untuk menggunakan model yang bervariasi.  




Kata Kunci : Group Investigation, IPS Ekonomi,  Hasil Belajar.


BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Pendidikan sebagai suatu upaya mencerdaskan kehidupan bangsa diharapkan mampu memberikan peran dan andilnya dalam meningkatkan pembangunan.  Karena itu, pendidikan haruslah mampu memberikan kontribusi yang nyata terhadap pembangunan.  Untuk mencapai tujuan tersebut, maka wujud nyata dari kebijakan Pemerintah adalah menetapkan Undang – undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasiaonal (2003 : 6) Pasal 3 yang berbunyi :
“Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab”
Berdasarkan pendapat diatas, bahwa pendidikan salah satu kebutuhan yang sangat penting bagi seseorang, karena dengan pendidikan yang lebih baik seseorang akan dapat menentukan masa depannya.  Oleh karena itu, untuk menunjang pendidikan, Pemerintah membentuk suatu lembaga pendidikan yaitu sekolah sebagai lembaga formal yang menyelenggarakan pendidikan secara berencana, terorganisir, terarah dan sistematis.  Tetapi sejauh mana efektifitas dalam mewujudkan masa depan, sangatlah ditentukan oleh komponen – komponen yang terlibat dalam pendidikan yang salah satu diantaranya adalah guru.
Guru merupakan komponen yang penting peranannya dalam kegiatan pembelajaran, yang mengendalikan susasana belajar di kelas.  Oleh karena itu, sedini mungkin guru haruslah mampu berperan sebagai pelaku proses dan juga sekaligus sebagai evaluator terhadap proses pembelajaran yang diberikan kepada siswa.  Sebagai pelaku, guru merupakan orang yang bertindak sebagai sumber belajar yang menyimpan atau menyalurkan pesan.
Dalam hal ini, guru adalah perantara dalam menyampaikan pesan antara materi atau bahan belajar dengan siswa.  Sebagai proses, guru yang mengatur dan menciptakan kondisi belajar yang menyangkut pemberian materi yang melibatkan perencanaan pengajaran dan model pengajaran yang mengenai cara penyampaian materi yang akan mendukung proses belajar itu sendiri, sedangkan sebagai evaluator, guru akan melakukan tes, pengukuran dan penilaian atau evaluasi untuk dapat menentukan tercapai tidaknya tujuan pendidikan dan pengajaran yang telah dilaksanakan yang secara umum dapat dilihat dari tinggi rendahnya hasil belajar siswa.
Dalam proses pembelajaran yang berorientasi pada keberhasilan tujuan, masih sering ditemukan adanya kecenderungan siswa yang tidak terlibat secara aktif, sehingga siswa cenderung bersifat pasif.  Siswa lebih banyak menunggu dan mendengarkan sajian guru.  Oleh karena itu, dalam proses pembelajaran IPS Ekonomi hendaknya guru menggunakan cara belajar yang membuat siswa lebih aktif.  Selain itu, guru juga masih dominan menggunakan metode ceramah dalam mengajar.  Akibatnya, kegiatan belajar mengajar kurang menarik dan membosankan karena siswa tidak terangsang atau ditantang untuk belajar dan berfikir kreatif
            Dalam proses belajar-mengajar, khususnya dalam upaya meningkatkan hasil belajar para siswa,  idealnya peran guru IPS Ekonomi dituntut untuk memiliki kemampuan :
1.      Memanfaatkan berbagai sumber belajar
2.      Memahami cara berfikir siswa
3.      Memahami cara siswa belajar
4.      Memilih dan menggunakan media yang tepat
5.      Memilih dan menggunakan model secara tepat
6.      Menguasai bahan atau materi pelajaran yang disampaikan kepada siswa
(Dekdikbud 1998 : 15)

Seperti penjelasan diatas, yaitu didalam pembelajaran mata pelajaran IPS Ekonomi  umumnya para guru lebih banyak menggunakan model ceramah.  Hal ini menyebabkan siswa menjadi pasif dan kemampuan berfikirnya tidak berkembang
Pengembangan cara berfikir kritis dalam pembelajaran IPS Ekonomi dapat diberikan melalui berbagai cara pembelajaran menggunakan metode dan teknik yang bervariasi, deangan harapan proses pembelajaran mencapai tujuan yang semaksimal mungkin, dengan demikian guru harus memilih strategi pembelajaran yang tepat.  Beberapa metode mengajar yang sudah banyak dikenal antara lain metode ceramah, metode diskusi termasuk metode Tanya jawab.  Keberhasilan pengajaran selain ditentukan oleh metode mengajar dan kesiapan guru, juga dipengaruhi oleh keterlibatan secara aktif peserta anak didik tanpa ada perhatian dari peserta didik tujuan dari pembelajaran tidak akan tercapai dengan baik.
Berdasarkan pengamatan dari penulis dalam proses pembelajaran di kelas VIII C SMP Negeri 1 Sungai Raya, sedikit sekali siswa yang berani merespon pertanyaan yang diajukan, kalaupun ada yang berani tunjuk tangan itu bisa dilihat hanya beberapa orang saja, terutama yang pintar-pintar.  Dari kenyataan tersebut, penulis tertarik dan ingin mengangkat masalah ini dengan mengadakan penelitian tindakan kelas, yang mana di kelas VIII C ini termasuk kelas yang pasif dan kurang kreatif.  Apalagi di tambah adanya informasi dari rekan-rekan guru lainnya mengenai kelas tersebut, yang menyatakan bahwa kelas VIII C siswa-siswanya pasif dibandingkan dengan kelas A  dan B.
Dari hasil observasi, peneliti dengan guru bidang studi IPS Ekonomi di SMP Negeri 1 Sungai Raya Kubu Raya berhubungan dengan hasil belajar siswa menunjukkan bahwa dalam kegiatan belajar mengajar, dimana yang terjadi didalam kelas selama guru menyampaikan pelajaran siswa cenderung pasif, pada saat guru memberikan pertanyaan atau memberi kesempatan siswa beragumen, hanya siswa yang biasa menjawab saja yang menjawab dan mengemukakan pendapat, sementara siswa yang lain hanya pasif, keadaan lain menunjukkan bahwa pada umunya pembelajaran masih didominasi oleh guru, siswa tidak terbiasa untuk bersikap aktif, dan guru kurang memberikan kesempatan yang pada semua siswa, sehingga siswa yang aktif saja yang mendominasi pembelajaran.
Adapun peneliti memilih kelas VIII C sebagai objek penelitian itu di karenakan kelas VIII C memiliki nilai rata-rata yang lebih rendah yaitu 56,07 sedangkan kelas VIII A 70,05 dan VIII B 67,50, dimana sekolah SMP Negeri I Sungai Raya Kubu Raya ini standar ketuntasan mata pelajaran IPS Ekonomi adalah 65.
Kurangnya perhatian guru dalam memberikan kesempatan siswa untuk lebih aktif menyebabkan peneliti memilih model Group Investigation (GI), model GI merupakan model yang memfokuskan atau melatih siswa untuk lebih aktif dan kreatif. Berhubungan dengan hasil belajar siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Sungai Raya Kubu Raya diperoleh nilai rata-rata ulangan harian, hasil yang dicapai oleh siswa kelas VIII C adalah sebagai berikut :





Tabel 1.1 : Nilai Ulangan Harian Mata Pelajaran IPS Ekonomi kelas VII C
Tahun ajaran 2009/2010
No
Nama Siswa
Nilai
Keterangan
1
Aisah Ayunani
72
Tuntas
2
Aldrince
68
Tuntas
3
Aminah
61
Tak Tuntas
4
Andre
38
Tak Tuntas
5
Archie
72
Tuntas
6
Ari Triono
56
Tak Tuntas
7
Ary Kurniadin
67
Tuntas
8
Ayung
44
Tak Tuntas
9
Bertyana
67
Tuntas
10
Decya Monika
65
Tuntas
11
Desi
51
Tak Tuntas
12
Dewi
40
Tak Tuntas
13
Dhiar
62
Tak Tuntas
14
Hadi
51
Tak Tuntas
15
Gita
60
Tak Tuntas
16
Imam
65
Tuntas
17
Indras Suworo
65
Tuntas
18
Indriyani
42
Tak Tuntas
19
Kiswanto
68
Tuntas
20
Kristianus
67
Tuntas
21
Lili Erviani
50
Tak Tuntas
22
Lili Yana
68
Tuntas
23
Lydia
21
Tak Tuntas
24
M.Imam Arifin
28
Tak Tuntas
25
Meilisa
33
Tak Tuntas
26
Muliya Nanda
68
Tuntas
27
Muthia
70
Tuntas
28
Nur Alamsyah
41
Tak Tuntas
29
Okkie
68
Tuntas
30
Puri
51
Tak Tuntas
31
Rahmi
70
Tuntas
32
Reza
61
Tak Tuntas
33
Rhisna
70
Tuntas
34
Rifky
60
Tak Tuntas
35
Rizky
78
Tuntas
36
Romi
60
Tak Tuntas
37
Siti
55
Tak Tuntas
38
Sivia
42
Tak Tuntas
39
Susilawati
60
Tak Tuntas










40
Sy.Rudiansyah
55
Tak Tuntas
41
Tio
65
Tuntas
42
Tegu
65
Tuntas

Jumlah rata-rata
56,07
Tak Tuntas
Sumber : Guru Mata Pelajaran IPS Ekonomi
Berdasarkan tabel diatas, hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS  Ekonomi masih kurang memuaskan, dimana standar ketuntasan untuk mata pelajaran IPS Ekonomi adalah 65.  pada pelaksanaan tiga kali ulangan, siswa yang memperoleh nilai diatas 65 (tuntas) berjumlah 19 orang dari 42 atau 45,24 %, sedangkan siswa yang memperoleh nilai dibawah 65 (tidak tuntas) berjumlah 23 orang dari 42 siswa atau 54,76 %
            Berdasarkan data-data diatas, maka faktor utama adalah guru kurang menerapkan model pembelajaran yang variatif dan menarik yang dapat melibatkan aktifitas siswa. Motivasi yang kuat dari siswa untuk terus mau belajar  semestinya tetap tumbuh, terpelihara dan harus terus dikembangkan.  Hal seperti
ini merupakan suatu tantangan, bagaimana seorang guru menemukan suatu upaya untuk selalu memberikan motivasi pada siswa, misalnya dengan model pembelajaran yang menarik, variatif, serta menyenangkan sehingga dapat melibatkan siswa untuk bertanggung jawab terhadap keberhasilan pembelajaran.
            Banyak model mengajar yang dapat diterapkan, salah satunya adalah dengan meodel pembelajaran Group Investigation yang merupakan salah satu dari model pembelajaran kooperatif (Coorperation Learning).  Model pembelajaran Group Investigation ini digunakan untuk melatih dan mengembangkan keterampilan sosial agar siswa tidak mendominasi pembicaraan atau diam sama sekali, dan siswa ikut bertanggung jawab atas pembelajaran yang akan dilakukan.  Kesepakatan untuk menggunakan model pembelajaran Group Investigation ini, adalah upaya untuk mengadakan tindak lanjut atas permasalahan di atas dengan melaksanakan penelitian tindakan kelas.

B.     Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang tersebut diatas, maka dapat penulis kemukakan permasalahan  yang dihadapi adalah sebagai berikut :
1.            Model mengajar yang diterapkan guru IPS Ekonomi  di kelas VIII C kurang bervariasi,
2.            Rendahnya hasil belajar siswa kelas VIII C SMPN 1 Sungai Raya.
C.    Cara Pemecahan Masalah
Model pemecahan masalah yang akan digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah model pembelajaran Group Investigation, dengan menggunakan model ini diharapkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS Ekonomi meningkat.
Adapun langkah-langah pemecahan masalah dalam penelitian tindakan ini adalah :
1.      Kolaborasi, peneliti bersama guru mitra mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial melakukan kerja sama dalam menyiapkan, menyajikan dan melakukan evaluasi pembelajaran kepada siswa.
2.      Brainstorming (sumbang saran), peneliti bersama guru mitra mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial melakukan musyawarah untuk menyusun skenario tindakan yang perlu dipersiapkan dalam proses pembelajaran dikelas dengan model pemberian tugas.


3.      Observasi, guru mitra melakukan kegiatan pengamatan terhadap jalannya pemberian tindakan yang dilakukan oleh peneliti berdasarkan skenario yang telah disiapkan.  Kegiatan ini dimaksudkan untuk memperoleh informasi keberhasilan ataupun kegagalan dan penyebabnya.  Hasil kegiatan ini akan mnemberi masukkan yang berguna dalam menentukan cara pemecahan masalah yang dihadapi dan sekaligus dijadikan bahan pertimbangan untuk menyusun rencana tindakan.
4.      Refleksi, peneliti bersama guru mitra mata pelajaran IPS Eonomi melakukan diskusi guna membahas dan menganalisis hasil pengamatan.  Hasil kegiatan ini akan memberikan masukkan yang berguna dalam menentukan cara pemecahan masalah yang dihadapi dan selanjutnya sekaligus akan menjadi bahan pertimbangan untuk menyusun rencana selanjutnya.

D.    Tujuan Penelitian
Berdasarkan masalah yang telah dirumuskan diatas, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui :
1.      Keadaan kelas setelah dilaksanakannya penggunaan model pembelajaran Group Investigation pada mata pelajaran IPS Ekonomi kelas VIII C SMPN 1 Sungai Raya,
2.      Hasil belajar siswa setelah pembinaan model pembelajaran Group Investigation pada mata pelajaran IPS Ekonomi kelas VIII C SMPN 1 Sungai Raya




E.     Manfaat Penelitian
Adapun manfaat penelitian ini :
1.      Bagi siswa
a.       Dapat melatih dan mengembangkan kopetensi siswa dalam organisasi
b.      Melatih kreatifitas siswa dalam organisasi kelompok
c.       Meningkatkan motivasi dan hasil belajar serta prestasi siswa
d.      Mengembangkan rasa tanggung jawab siswa terhadap kelompok belajar masing-masing.
2.      Bagi Guru Mata Pelajaran IPS Ekonomi
a.       Dapat membantu memecahkan masalah pembelajaran yang terjadi dikelas.
b.      Dapat menjadikan guru untuk lebih kreatif dengan melakukan inovasi dalam kegiatan pembelajaran.
c.       Dapat menetapkan model pembelajaran Group Investigation sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa sehingga hasil belajar dapat ditingkatkan.
3.      Bagi Sekolah
a.       Dapat memberikan masukan kepada pihak Sekolah untuk meningkatkan kemampuan profesional guru khususnya guru mata pelajaran IPS Ekonomi,
b.      Dapat meningkatkan kualitas belajar siswa dan hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan kualitas kelulusan



4.      Bagi Peneliti
Dapat  menerapkan ilmu yang telah dipelajari selama perkuliahan serta menambah pengalaman penulis dalam melaksakan pembelajaran dan pemecahan dalam kegiatan belajar mengajar.

F.     Defenisi Operasional
Untuk menghindari kesalahpahaman terhadap istilah yang digunakan dalam penelitian ini maka peneliti berfikir untuk menjelaskan istilah yang digunakan dalam penelitian ini, adapun penjelasan yang dimaksud :
1.      Model Pembelajaran Group Investigation Dalam Pembelajaran IPS Ekonomi.
Menurut Robert E. Slavin (2008 : 214) GI yang diterjemahkan Amrazi Zakso adalah “suatu model pembelajaran yang memfokuskan pada kemampuan siswa untuk bekerja sama dan berinteraksi dengan teman-teman kelompok serta mengajarkan teman untuk mengambil suatu keputusan”. Jadi yang dimaksud dengan model pembelajaran Group Investigation dalam penelitian ini adalah suatu model pembelajaran yang memfokuskan pada kemampuan siswa untuk berkerja sama dan berinteraksi dengan teman-teman kelompok serta mengajarkan teman-teman untuk mengambil keputusan pada mata pelajaran IPS Ekonomi yang dilakukan dikelas VIII C SMP Negeri 1 Sungai Raya.  
2.      Hasil Belajar
Sebagaimana yang dikemukakan Dimyati dan Moedjiono (1994:4), bahwa hasil belajar merupakan hasil dari suatu interaksi tindak belajar dan tindak mengajar. Sedangkan menurut  Soedijarto ( 1998 : 49 ) hasil belajar adalah tingkat penguasaan
yang dicapai oleh pelajar dalam mengikuti program belajar sesuai dengan tujuan pendidikan yang ditetapkan.
Jadi hasil belajar adalah kemampuan yang dimiliki siswa setelah ia menerima pengalaman belajarnya.  Adapun yang hasil belajar dalam penelitian ini adalah nilai post tes yang dilakukan pada akhir pembelajaran.  Pada siswa kelas VIIIC SMP Negeri 1 Sungai Raya Kubu Raya Tahun 2010/2011.
3.      Pembelajaran IPS Ekonomi
Menurut Trigen ( 1992 : 12 ) pembelajaran adalah pengalaman belajar yang dialami siswa dalam menguasai suatu bahan kajian. Sedangkan ilmu pengetahuan Sosial – Ekonomi adalah salah satu ilmu pengetahuan yang berkaitan langsung dengan  kehidupan manusia sehari-hari karena ilmu ekonomi mengkaji bagaimana manusia dan masyarakat memenuhi kebutuhannya ( Sunarto dan Sudarno, 2003 : V ).












BAB II
TINJAUAN PUSTAKA DAN HIPOTESIS TINDAKAN

A.  Tinjauan Pustaka
1.            Penelitian Tindakan Kelas
a.            Pengertian Penelitian Tindakan Kelas
         Menurut IGAK Wardani,dkk (2007:1.4) “Penelitian Tindakan kelas (PTK) adalah penelitian yang dilakukan oleh guru dikelasnya sendiri melalui refleksi diri dengan tujuan untuk memperbaiki kinerjanya sehingga hasil belajar siswa meningkat”
         Menurut Basuki Wibawa (2004:5) Penelitian Tindakan Kelas   adalah :
         Penelitian Tindakan Kelas suatu pendekatan untuk memperbaiki pendidikan melalui perubahan, dengan mendorong para guru untuk memikirkan praktik tersebut, dan agar mau mengubahnya, PTK bukan sekedar mengajar, dan menggunakan kesadaran kritis terhadap dirinya sendiri untuk bersiap terhadap proses perubahan dan perbaikan proses pembelajaran.  PTK mendorong guru untuk berani bertindak dan berfikir kritis.

      Berdasarkan uraian diatas maka dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud dengan Penelitian Tindakan Kelas adalah penelitian yang dilakukan oleh guru di dalam kelas melalui refleksi diri dengan tujuan untuk memperbaiki kinerjanya sebagai guru sehingga hasil belajar siswa menjadi meningkat.  
b.      Tujuan Penelitian  Tindakan Kelas
Berdasarkan pengertian diatas, maka dapat dinyatakan bahwa Penelitian Tindakan Kelas bertujuan untuk :

1.      Memecahkan masalah pembelajaran yang terjadi didalam kelas.
2.      Meningkatkan kemantapan guru dalam melaksanakan tugas.
3.      Memperbaiki kondisi praktek-praktek pengajaran.
4.      Meningkatkan kualitas proses pembelajaran dikelas.
5.      Meningkatkan hasil belajar siswa.
6.      Meningkatkan keaktifan dan kerja sama siswa.
c.       Prosedur Penelitian Tindakan Kelas
Penggunaan model penelitian haruslah sesuai dengan tujuan penelitian.  Berdasarkan tujuan yang ingin dicapai maka penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang merupakan proses pengkajian melalui sistem berdaur dari berbagai kegiatan pembelajaran (Depdikbud, 1999).
Menurut Kemmis (Sulistiyarini dan Warneri, 2002:6) menyebutkan bahwa :
Langkah-langkah Penelitian Tindakan Kelas adalah :
1)      Mengidentifikasi masalah
2)      Melakukan analisis masalah.
3)      Merumuskan masalah.
4)      Menentukan hipotesis tindakan.
5)      Melaksanakan tindakan.
Adapun alur pelaksanaan tindakan penelitian ini adalah :
1)      Rencana tindakan
2)      Pelaksanaan tindakan
3)      Observasi
4)      Refleksi
Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus, setiap siklus tindakan mempunyai model-model penilaian yang memiliki alur yang sama.
Menurut Kemmis (Sulistiyarini, 2002 :17) alur pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas adalah sebagai berikut :



 

























Sumber : Sulistiyarini : 2002
Gambar 2.1 : Alur pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)


Berdasarkan gambar 2.1 dapat ditarik kesimpulan bahwa penelitian kelas suatu bentuk penelitian yang bertujuan melakukan tindakan perbaikan, peningkatan, juga melakukan suatu perubahan kearah yang lebih baik dari sebelumnya agar suatu permasalahan dapat teratasi.
2.      Model Pembelajaran Group Investigation
Menurut Robert E. Slavin (2008 : 214) GI yang diterjemahkan Amrazi Zakso adalah “ suatu model pembelajaran yang memfokuskan pada kemampuan siswa untuk bekerja-sama dan berinteraksi dengan teman-teman kelompok serta mengajarkan teman untuk mengambil suatu keputusan”.
a.      Tujuan Penggunaan Model Pembelajaran Group Investigation
Penggunaan model pembelajaran GI memiliki tujuan yang ingin dicapai.  Tujuan tersebut adalah sebagai berikut :
1)      Siswa semakin kreatif dan berfikir kritis.
2)      Hasil belajar siswa dapat berubah menjadi lebih baik.
3)      Siswa menemukan hal baru dalam menyelesaikan masalah dan mengambil suatu keputusan.
4)      Menumbuhkan rasa sosial terhadap teman-teman yang lain
b.      Tahap Pengguanaan Model Pembelajaran Group Investigation
Pembelajaran GI menurut Amrazi Zakso (2009 : 9) adalah sebagaimana terlihat pada tabel berikut :
Tabel  2.1 : Langkah-langkah Pembelajaran GI
Langkah - langkah
Tingkah Laku Guru
Langkah 1
Mengorganisasikan siswa kedalam kelompok-kelompok belajar
Guru membagi kelas dalam beberapa kelompok hitrogen
Langkah 2
Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa
Guru menyampaikan tujuan pelajaran yang ingin dicapai pada pelajaran tersebut dan memotivasi siswa belajar.
Langkah 3
Menyajikan informasi
Guru membagikan materi yang berbeda kesetiap kelompok
Langkah 4
Membimbing kelompok bekerja dan belajar
Guru membimbing kelompok-kelompok belajar pada saat mereka mengerjakan tugas mereka
Langkah 5
Persentasi tugas
Guru memanggil ketua kelompok sebagai juru bicara untuk menyampaikan hasil pembahasan kelompok.
Langkah 6
Evaluasi
Guru mengevaluasi hasil belajar tentang tentang materi yang telah dipelajari siswa
Langkah 7
Kesimpulan
Guru memberikan penjelasan atau kesimpulan
Langkah 8
Penutup
Guru menutup diskusi dengan memberikan penghargaan baik upaya maupun hasil belajar .


3.      Hasil Belajar
Menurut Susanti (dalam www.teknodik.com) hasil belajar adalah “tingkat penguasaan terhadap materi pelajaran sebagai akibat dari perubahan perilaku setelah mengikuti proses belajar mengajar berdasarkan tujuan pengajaran yang ingin dicapai”.  Sejalan dengan pendapat diatas, menurut Hadari Nawawi (1985 : 24), “Hasil belajar siswa merupakan tingkat keberhasilan siswa dalam pencapaian materi pembelajaran di sekolah dalam bentuk skor yang diperoleh dari tes.
Sesuai dengan pendapat diatas, maka dalam penelitian ini yang dimaksud dengan hasil belajar adalah tingkat keberhasilan siswa dalam mempelajari suatu materi pelajaran disekolah yang dilihat dari nilai ulangan pada mata Pelajaran IPS Ekonomi di kelas VIII C SMP Negeri 1 Sungai Raya.

B.     Hipotesis Tindakan
Adapun rumusan hipotesis tindakan dalam penelitian tintdakan kelas ini adalah ” Dengan penggunaan model Group Investigation, hasil belajar, kreatifitas dan kerja sama siswa dalam mata pelajaran IPS Ekonomi dikelas VIII C di SMP Negeri 1 Sungai Raya dapat ditingkatkan” .






BAB III
PROSEDUR PENELITIAN DAN TINDAKAN KELAS


A.    Setting Penelitian
Untuk mengetahui apakah hasil belajar dapat ditingkatkan melalui pembelajaran dengan model pembelajaran Group Investigation, maka penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas.
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Sungai Raya Kubu Raya, dengan fokus penelitian pada siswa kelas VIII C  Tahun Ajaran 2010/2011, pada pembelajaran IPS  Ekonomi dengan jumlah siswa sebanyak 42 orang terdiri dari 22 orang siswa laki-laki dan 20 orang siswa perempuan.
Hasil belajar siswa dikelas ini rata-rata dibawah ketuntasan belajar,  dimana ketuntasan belajar siswa di SMP Negeri 1 Sungai Raya ini adalah 65.  berdasarkan nilai sebelum penelitian, untuk mata pelajaran IPS Ekonomi kelas VIII C, siswa
yang mendapat nilai diatas standar ketuntasan hanya sekitar 19 siswa atau       45,24 %, dan yang tidak tuntas 23 siswa atau 54,76  %.  Dan belum mencapai kategori ketuntasan  belajar.
Ada beberapa faktor yang ingin diselidiki dalam penelitian ini, faktor-faktor tersebut adalah sebagai berikut :
a.       Faktor Siswa : dengan melihat keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran, yaitu berhubungan dengan antusias siswa menginvestigasi materi yang dilihat dari persentasi hasil investigasi ketua kelompok, dan melihat kemampuan siswa dalam memahami materi pembelajaran.  Selain itu juga mengetahui bagaimana keadaan kelas dan tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran Group Investigation.
b.      Faktor Guru : yaitu dengan mengamati kesesuaian pelaksanaan pembelajaran, dengan perencanaan model pembelajaran Group Investigation.    
                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                           
B.     Rencana Tindakan
Prosedur penelitian tindakan ini terdiri dari 2 siklus, tiap siklus dilaksanakan sesuai dengan perubahan yang ingin dicapai.  Adapun prosedur penelitian tindakan untuk tiap siklus dapat dijabarkan sebagai berikut :
a.       Perencanaan
Adapun kegiatan yang dilakukan dalam tahap perencanaan ini adalah sebagai berikut :
1)      Menyusun rencana pembelajaran meliputi skenario, alokasi, dan menyiapkan tes.
2)      Membuat lembar observasi untuk melihat bagaimana kondisi belajar mengajar di kelas ketika pelaksanaan pengajaran menggunakan Group Investigation.
b.      Pelaksanaan Tindakan
Kegiatan yang dilaksanakan dalam tahap ini adalah melaksanakan skenario pembelajaran yang telah direncanakan, diantaranya :
1)      Guru menyiapkan pelajaran sesuai dengan rencana pembelajaran dengan menggunakan metode Group Investigation.
2)      Guru menyajikan pokok bahasan dengan menggunakan metode Group Investigation.
3)      Guru menutup pelajaran dan memberikan tugas kepada siswa.
c.       Observasi / Pengamatan
Selama berlangsunganya proses pembelajaran di kelas peneliti bersama guru mengadakan pengamatan terhadap pelaksanaan tindakan kelas.
Adapun hal-hal yang diamati adalah sebagai berikut :
1)      Pelaksanaan strategi pembelajaran yang direncanakan.
2)      Kesesuaian waktu penyajian dengan model pembelajaran yang digunakan.
3)      Keaktifan dan kerja sama siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar yang dapat dilihat dari lembar pengamatan (observasi).
4)      Minat dan daya ingat siswa yang dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang diambil dari nilai tes dan ulangan harian.
d.      Refleksi
Hasil yang diperoleh dari observasi dikumpulkan serta dianalisis dalam tahap ini.  Dari hasil observasi guru dapat merefleksikan diri dengan melihat proses dan data observasi.  Guru dan peneliti melakukan diskusi tentang temuan maupun masalah-masalah yang dirasakan oleh guru.  Hasil analisa proses dan data yang dilaksanakan pada tahap ini akan dijadikan acuan untuk merencanakan siklus berikutnya.
e.       Membuat Rencana Lanjutan
Berdasarkan refleksi diatas, kemudian guru dan peneliti berusaha untuk menyusun tindakan selanjutnya dengan membuat penyempurnaan tindakan yang telah dilakukan.  Hal ini dilakukan apabila setelah dilaksanakan siklus I, tetapi tujuan yang diinginkan belum tercapai.


C.    Sumber Data dan Cara Pengambilan Data

a)      Sumber Data  :  Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Sungai Raya Kubu Raya tahun ajaran 2010/2011 dan guru bidang studi IPS Ekonomi.
b)      Jenis Data 
Data yang diperlukan dalam pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini terdiri dari :
·         Rencana Pembelajaran (RPP).
·         Hasil Belajar
·         Data dari hasil observasi terhadap pelaksanaan pembelajaran IPS Ekonomi dengan teknik pembelajaran menggunakan model Group Investigation.
c)      Cara Pengambilan Data
a.       Data tentang rencana belajar mengajar pada saat dilaksanakan tindakan, diambil dengan menggunakan lembar observasi.
b.      Data tentang keterkaitan antara perencanaan dengan pelaksanaan didapat dari perencanaan pengajaran dan lembar observasi.
c.       Data hasil belajar IPS Ekonomi diambil dengan memberikan tes kepada siswa.
d.      Data tentang keaktifan dan kerja sama siswa diambil dengan menggunakan lembar observasi.
e.       Data tentang situasi/keadaan belajar diperoleh melalui dokumentasi gambar pada saat kegiatan pelaksanaaan tindakan.

D.    Indikator Kerja Tindakan
Untuk mengukur keberhasilan pelaksanaan tindakan kelas ini, maka ditetapkan indikator kinerjanya :
  1. Adanya perubahan yang terlihat dari sikap dan perilaku siswa terutama keaktifan dan kerjasama siswa dalam mengikuti proses pembelajaran melalui teknik pembelajaran dengan menggunakan GI.
  2. Keberhasilan meningkatkan minat belajar dan daya ingat siswa dengan melihat hasil belajar siswa dalam menerapkan teknik pembelajaran GI.
Siklus I
a.       Aktifitas siswa dalam proses pembelajaran : diharapkan sekurang-kurangnya   60 % siswa masuk dalam kriteria aktif dan kerjasama.
b.      Hasil belajar diharapkan sekurang-kurangnya 60 % siswa memperoleh nilai diatas 65.
c.       Peningkatan minat belajar siswa dapat dilihat dari hasil belajar siswa.
Siklus II
a.       Aktifitas siswa dalam proses pembelajaran : diharapkan sekurang-kurangnya   70 % siswa masuk dalam kriteria aktif dan kerjasama.
b.      Hasil belajar diharapkan sekurang-kurangnya 70 % siswa memperoleh nilai diatas 65.
c.       Peningkatan minat belajar siswa dapat dilihat dari hasil belajar siswa.
Sesuai dengan tujuan dari penelitian ini yaitu, untuk membantu guru meningkatkan minat belajar dan hasil belajar siswa kelas VIII C SMP N 1 Sungai Raya Kubu Raya.  Apabila setelah dilaksanakan Siklus I nilai ketuntasan belajar yang diperoleh belum mencapai ketuntasan atau meskipun mencapai indikator ketuntasan tetapi belum cukup memuaskan oleh guru dan peneliti maka dapat dilanjutkan dengan siklus berikutnya.

E.     Pelaksanaan Tindakan
Pelaksanaan penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus tindakan dengan maksud untuk mengadakan perbaikan dan peningkatan aktifitas belajar mengajar di kelas agar lebih baik dan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.  Berikut ini rincian tindakan setiap siklusnya :
1.      Siklus I
Siklus ini dilaksanakan dalam tiga kali pertemuan, seperti terlihat pada tabel  3.1 berikut ini :

Tabel 3.1 : Pelaksanaan Tindakan Siklus I
No
Keterangan
Standar Kompetensi
/ Kompetensi Dasar
Kegiatan Pembelajaran
1
Pertemuan
Hari/Tanggal
Kamis,
19 Agustus 2010/2011

Standar Kompetensi :
4 : Memahami kegiatan pelaku  Ekonomi di masyarakat.

Kompetensi Dasar :
4.2.Mendistribusikan pelaku Ekonomi rumah tangga, masyarakat, perusahaan, koperasi dan Negara

Indikator :
·     Menggolongkan pelaku Ekonomi utama dalam perekonomian Indonesia.
·     Mengidentifikasi peranan dan tujuan keberadaan 3 sektor usaha formal (BUMN, BUMS, dan KOPERASI)
Di laksanakan sesuai dengan skenario yang telah disepakati
2
Pertemuan
Hari/anggal
Sabtu,
21 Agustus 2010/2011
Standar Kompetensi :
4 : Memahami kegiatan pelaku  Ekonomi di masyarakat.

Kompetensi Dasar :
4.2.Mendistribusikan pelaku Ekonomi rumah tangga, masyarakat, perusahaan, koperasi dan Negara

Indikator :
·     Mengidentifikasi pokok-pokok perkoperasian diIndonesia ( pengertian, landasan, azas, sejarah, keanggotaanya, sumber modal, prinsip-prinsip)
·     Mengidentifikasi tentang cara pendirian, tujuan, peranan, ciri-ciri, manfaat, cara pembagian SHU, pembubaran dan jenis-jenis usaha koperasi)
·     Mampu menyebutkan tata cara pendirian koperasi
Di laksanakan sesuai dengan skenario yang telah disepakati
3
Pertemuan
Hari/Tanggal
Selasa,
24 Agustus 2010/2011
Post tes


a.      Rencana Tindakan
1.      Rencana tindakan pada siklus I ini diarahkan untuk memperbaiki strategi pembelajaran, yaitu yang mengacu pada penerapan model pembelajaran Group Investigation, sehingga penyampaian materi pelajaran menjadi lebih menarik, menambah pemahaman serta meningkatkan aktivitas belajar siswa.
2.      Mengelompokkan 42 siswa dalam 6 kelompok belajar berdasarkan kriteria heterogenitas.  Pembagian kelompok ini diumumkan pada siswa sebelum pelaksanaan tindakan.
3.      Menyusun rencana tindakan yang meliputi skenario pembelajaran, RPP, lembar kerja siswa, instrument test, dan lembar observasi.

b.      Skenario Tindakan
1.      Menyajikan materi pembelajaran sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran.
2.      Skenario pembelajaran disusun dengan fase-fase sebagai berikut.
Kegiatan awal :
   Fase 1 : a. Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa.
1)            Memberikan penjelasan pada siswa tentang pembelajaran yang akan dilaksanakan yaitu dengan metode pembelajaran Group Investigation,
2)            Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dan memotivasi siswa.
Fase 2 : b. Menyajikan Informasi
1)            Guru menyajikan informasi pada siswa tentang materi pembelajaran yang akan dipelajari,
Kegiatan Inti :
Fase 3 : c. Mengorganisir siswa kedalam kelompok-kelompok belajar.
1)            Guru membentuk kelompok yang terdiri dari 7 orang siswa tiap kelompok,
2)            Guru membagikan materi setiap kelompok, masing-masing kelompok mendapat 1 materi,
3)            Guru membagikan soal untuk dijawab oleh kelompok.
Fase 4 : d. Membimbing kelompok membahas materi
1)            Setiap kelompok membahas materi yang telah diberikan guru secara kooperatif berisi pemikiran kelompok masing-masing,
Fase 5 :e. Presentasi Hasil investigasi kelompok
1)            Setiap ketua kelompok mempresentasikan hasil investigasi kelompok masing-masing,
2)            Guru memerintahkan masing-masing kelompok untuk menanggapi hasil persentase kelompok lain.
Fase 6 : f. Kesimpulan
1)            Masing-masing kelompok menyerahkan laporan diskusi yang sudah disempurnakan kepada guru,
2)            Guru mengajak siswa membuat kesimpulan mengenai materi yang telah diinvestigasi bersama
Fase 7: g. Penutup
1)            Memberrikan post test
2)            Memberikan tugas sebagai bahan persiapan untuk pertemuan selanjutnya,
3)            Post-test dilaksanakan setiap akhir siklus

c.   Indikator Kerja Tindakan
Untuk mengukur keberhasilan pelaksanaa siklus I ini, ditentukan indikator keberhasilan tindakan sebagai berikut :
1.      Adanya perubahan terhadap sikap dan perilaku belajar siswa, yaitu peningkatan keaktifan siswa baik dalam berfikir maupun bertindak dalam proses belajar mengajar
2.      Aktifitas siswa dalam proses pembelajaran : diharapkan sekurang-kurangnya   60 % siswa masuk dalam kriteria aktif dan kerjasama.
3.      Hasil belajar diharapkan sekurang-kurangnya 60 % siswa memperoleh nilai diatas 65.
4.      peningkatan minta belajar siswa yang dapat dilihat dari hasil belajar siswa.
a.       Kreatif/Kritis :
·         Siswa yang selalu bertanya
·         Siswa yang selalu mengemukakan pendapat/ide
·         Siswa yang berani dan mampu beragumentasi.
b.      Kerja sama :
·         Siswa mau bekerja sama dalam kegiatan kelompok
·         Siswa mau mengambil giliran dan berbagi tugas
·         Siswa mau membantu teman kelompoknya dalam memahami materi.
c.       Mengambil keputusan :
·         Siswa dapat menentukan hasil dalam diskusinya dengan benar
·         Siswa dapat mempertahankan hasil diskusi dengan argumen yang tepat
·         Siswa dapat menyimpulkan hasil diskusi secara benar.
d.      Observasi
Observasi terhadap pelaksanaan tindakan dilakukan oleh peneliti dan mitra.  Hal-hal yang diamati dalam keseluruhan pelaksanaan proses belajar mengajar yang berkaitan dengan penelitian yaitu :
1.      Pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan perencanaan, kesesuaian waktu, penyajian dan penggunaan metode pembelajaran.
2.      Keaktifan dan kerjasama siswa dalam mengikuti pembelajaran.
3.      Hasil belajar siswa.
4.      Keadaan kelas saat pelaksanaan metode pembelajaran.

e.       Hasil Observasi dan Refleksi
Dalam kegiatan observasi, baik peneliti maupun guru mitra mencatat temuan-temuan yang berkaitan dengan pelaksanaan strategi dengan model pembelajaran tersebut.  Selanjutnya peneliti dan guru mitra mendiskusikan temuan-temuan tersebut sebagai refleksi.  Dari hasil observasi diperoleh informasi sebagai berikut :
1.      Pada siklus I strategi pembelajaran belum begitu baik kerena belum sesuai dengan rencana pembelajaran, hal ini dilihat dari ketidaksesuaian antara skenario yang dibuat dengan pelaksanaan yang dilakukan oleh guru di kelas.
2.      Untuk pembagian kelompok yang dilakukan pada hari pertama, siswa membagi kelompok sebanyak 6 kelompok belajar sedangkan untuk penilaian dilakukan secara individu.
3.      masih ada siswa yang tidak ikut bekerja dalam kelompoknya pada saat penyelelesaian tugas mereka dan membantu temannya untuk mempersentasikan tugas mereka.
4.      Guru memberikan bimbingan kepada kelompok-kelompok yang kesulitan dan kurang mengerti dari tugas yang mereka kerjakan, selain itu guru memberi motivasi kepada siswa.
5.      Ada ketertartikan siswa dalam belajar, tetapi hal tersebut dirasakan belum optimal yang dilihat dari hasil pekerjaan siswa, dimana cara siswa mempersentasikan dan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan masih kurang tepat.
6.      dalam siklus I indikator kinerja tindakan sudah tercapai akan tetapi haasil yang dirasakan masih belum begitu memuaskan sehingga guru dan peneliti memutuskan untuk melanjutkan kembali pemberian tindakan ini pada siklus berikutnya dengan harapan hasil yang diperoleh nanti akan lebih baik.

2.      Siklus II
Pada siklus II, masih dilaksanakan dengan tiga kali pertemuan, seperti pada tabel 3.2 berikut ini :





Tabel 3.2 : Pelaksanaan Tindakan Siklus II
No
Keterangan
Standar Kompetensi
/ Kompetensi Dasar
Kegiatan Pembelajaran
1
Pertemuan
Hari/Tanggal
Kamis,
26 Agustus 2010/20100
Standar Kompetensi :
4 : memahami kegiatan pelaku Ekonomi

Kompetensi Dasar :
4.3.mengidentifikasi bentuk pasar dalam kegiatan ekonomi masyarakat.

Indikator :
·      Menjelaskan pengertian, funsi pasar, dan peranan pasar.
·      Mengidentifikasi syarat-syarat terjadinya pasar.
·      Mengklasifikasi macam-macam pasar beserta contohnya masing-masing.
Di laksanakan sesuai dengan skenario yang telah disepakati
2
Pertemuan
Hari/Tanggal
Sabtu,
28 Agustus 2010/2011
Standar Kompetensi :
4 : memahami kegiatan pelaku ekonomi di masyarakat.

Kompetensi Dasar :
4.3. mengidentifikasi bentuk pasar dalam kegiatan ekonomi masyarakat

Indikator :
·      Mengidentifikasikan ciri-ciri pasar konkrit dan pasar abstrak serta menyebutkan contoh-contohnya.
·      Mendemonstrasikan kegiatan jual beli di suatu pasar.
Di laksanakan sesuai dengan skenario yang telah disepakati
3
Pertemuan
Hari/Tanggal
Selasa,
31 Agustus 2010/2011
Post test


a.      Rencana Tindakan
1.      Rencana tindakan pada siklus II ini diarahkan untuk memperbaiki strategi pembelajaran, yaitu yang mengacu pada penerapan model pembelajaran Group Investigation, sehingga penyampaian materi pelajaran menjadi lebih menarik, menambah pemahaman serta meningkatkan aktivitas belajar siswa.
2.      Mengelompokkan 42 siswa dalam 6 kelompok belajar berdasarkan kriteria heterogenitas.  Pembagian kelompok ini diumumkan pada siswa sebelum pelaksanaan tindakan.
3.      Menyusun rencana tindakan yang meliputi skenario pembelajaran, RPP, lembar kerja siswa, instrument test, dan lembar observasi.
b.      Skenario Tindakan
1.      Menyajikan materi pembelajaran sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran.
2.      Skenario pembelajaran disusun dengan fase-fase sebagai berikut.
Kegiatan awal :
   Fase 1 : a. Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa.
1.      Memberikan penjelasan pada siswa tentang pembelajaran yang akan dilaksanakan yaitu dengan metode pembelajaran Group Investigation,
2.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dan memotivasi siswa.
Fase 2 : b. Menyajikan Informasi
1.      Guru menyajikan informasi pada siswa tentang materi pembelajaran yang akan dipelajari,
Kegiatan Inti :
Fase 3 : c. Mengorganisir siswa kedalam kelompok-kelompok belajar.
1.      Guru membentuk kelompok yang terdiri dari 7 orang siswa tiap kelompok,
2.      Guru membagikan materi setiap kelompok, masing-masing kelompok mendapat 1 materi,
3.      Guru membagikan soal untuk dijawab oleh kelompok.
Fase 4 : d. Membimbing kelompok membahas materi
1.      Setiap kelompok membahas materi yang telah diberikan guru secara kooperatif berisi pemikiran kelompok masing-masing,
Fase 5 :e. Presentasi Hasil investigasi kelompok
1.      Setiap ketua kelompok mempresentasikan hasil investigasi kelompok masing-masing,
2.      Guru memerintahkan masing-masing kelompok untuk menanggapi hasil persentase kelompok lain.
Fase 6 : f. Kesimpulan
1.      Masing-masing kelompok menyerahkan laporan diskusi yang sudah disempurnakan kepada guru,
2.      Guru mengajak siswa membuat kesimpulan mengenai materi yang telah diinvestigasi bersama
Fase 7: g. Penutup
1.      Memberrikan post test
2.      Memberikan tugas sebagai bahan persiapan untuk pertemuan selanjutnya,
3.      Post-test dilaksanakan setiap akhir siklus
c.   Indikator Kerja Tindakan
Untuk mengukur keberhasilan pelaksanaa siklus II ini, ditentukan indikator keberhasilan tindakan sebagai berikut :
1.  Adanya perubahan terhadap sikap dan perilaku belajar siswa, yaitu peningkatan keaktifan siswa baik dalam berfikir maupun bertindak dalam proses belajar mengajar
2.      Aktifitas siswa dalam proses pembelajaran : diharapkan sekurang-kurangnya   70 % siswa masuk dalam kriteria aktif dan kerjasama.
3.      Hasil belajar diharapkan sekurang-kurangnya 70 % siswa memperoleh nilai
   diatas 65.
4.      peningkatan minta belajar siswa yang dapat dilihat dari hasil belajar siswa.
a.       Kreatif/Kritis :
·         Siswa yang selalu bertanya
·         Siswa yang selalu mengemukakan pendapat/ide
·         Siswa yang berani dan mampu beragumentasi.
b.      Kerja sama :
·         Siswa mau bekerja sama dalam kegiatan kelompok
·         Siswa mau mengambil giliran dan berbagi tugas
·         Siswa mau membantu teman kelompoknya dalam memahami materi.
c.       Mengambil keputusan :
·         Siswa dapat menentukan hasil dalam diskusinya dengan benar
·         Siswa dapat mempertahankan hasil diskusi dengan argumen yang tepat
·         Siswa dapat menyimpulkan hasil diskusi secara benar.

d.      Observasi
Observasi terhadap pelaksanaan tindakan dilakukan oleh peneliti dan mitra.  Hal-hal yang diamati dalam keseluruhan pelaksanaan proses belajar mengajar yang berkaitan dengan penelitian yaitu :
2.      Pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan perencanaan, kesesuaian waktu, penyajian dan penggunaan metode pembelajaran.
3.      Keaktifan dan kerjasama siswa dalam mengikuti pembelajaran.
4.      Hasil belajar siswa.

e.       Hasil Observasi dan Refleksi
Dalam kegiatan observasi, baik peneliti maupun guru mitra mencatat temuan-temuan yang berkaitan dengan pelaksanaan strategi dan model pembelajaran tersebut.  Selanjutnya peneliti dan guru mitra mendiskusikan temuan-temuann tersebut sebagai refleksi.  Dari hasil observasi diperoleh informasi sebagai berikut:
1.      Pada pertemuan pertama strategi pembelajaran dengan baik sesuai dengan rencana pembelajaran, hal ini dilihat dari kesusaian waktu antara penyajian materi pembelajaran dengan waktu yang tersedia.
2.      Guru memberikan bimbingan kepada kelompok-kelompok yang kesulitan dan kurang mengerti dari tugas yang mereka kerjakan, selain itu guru memberi motivasi kepada siswa.
3.      Dalam siklus II peneliti dan guru mitra merasa cukup memuaskan dengan hasil yang diperoleh.  Oleh karena itu pada siklus II ini pemberian tindakan dirasakan sudah cukup.








BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

A.  Kemampuan Awal Siswa
            Kemampuan awal siswa kelas VIII C SMPN 1 Sungai Raya dilakukan tindakan kelas dengan menerapkan model pembelajaran Group Investigation dari hasil belajar siswa pada pelajaran IPS Ekonomi. Hal ini diketahui nilai rata-rata kelas sebesar 56,07 sedangkan nilai ketuntasan dari 42 siswa yang belum mencapai 65 berjumlah 23 orang atau 54,76% sedangkan yang mencapai 65 berjumlahh 19 orang atau 45,24%.

B.  Kemampuan Akhir Siswa
            Kemampuan akhir siswa dalam penelitian ini terlihat dari perubahan aktifitas belajar siswa dan kemampuan siswa menguasai materi pelajaran IPS Ekonomi. Setelah melakukan proses belajar mengajar dengan tindakan kelas yang menerapkan model pembelajaran Group Investigation selama dua siklus, setiap siklus siswa diberikan tes atau ulangan harian sebagai wujud hasil belajar siswa pada tiap siklus.
Hasil belajar siswa kelas VIII C SMPN 1 Sungai Raya setelah dilaksanakan tindakan kelas melalui siklus pertama dan kedua didapat data sebagai berikut :





Tabel 4.1  Rekapitulasi nilai rata-rata ulangan IPS Ekonomi kelas VIII C
SMPN 1 Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya

No
Nama Siswa
JK
Sebelum Tindakan
Ulangan Siklus I
Ulangan  Siklus II
1
Aisah Ayunani
P
72
78
82
2
Aldrince
P
68
70
85
3
Aminah
P
61
65
71
4
Andre
L
38
55
65
5
Archie
L
72
75
82
6
Ari Triono
L
56
66
78
7
Ary Kurniadin
L
67
70
82
8
Ayung
P
44
60
60
9
Bertyana
P
67
70
85
10
Decya Monika
P
65
70
85
11
Desi
P
51
60
72
12
Dewi
P
40
56
65
13
Dhiar
L
62
65
75
14
Hadi
L
51
65
71
15
Gita
P
60
65
72
16
Imam
L
65
67
75
17
Indras Surowo
L
65
67
70
18
Indriyani
P
42
60
65
19
Kiswanto
L
68
70
82
20
Kristianus
L
67
70
80
21
Lili Erviani
P
50
56
68
22
Lili Yana
P
68
72
81
23
Lydia
P
21
56
62
24
M.Imam Arifin
L
28
51
60
25
Meilisa
P
33
58
62
26
Muliya Nanda
P
68
76
80
27
Muthia
P
70
72
80
28
Nur Alamsyah
L
41
54
65
29
Okkie
L
68
70
75
30
Puri
P
51
65
71
31
Rahmi
P
70
72
78
32
Reza
P
61
68
75
33
Rhisna
L
70
72
81
34
Rifky
L
60
65
72
35
Rizky
L
78
81
86






36
Romi
L
60
60
75
37
Siti
P
55
61
68
38
Sivisa
P
42
50
65
39
Susilawati
P
60
65
68
40
Sy.Rudiansyah
L
55
62
70
41
Tio
L
65
67
85
42
Teguh
L
65
67
82

Jumlah Rata-rata

56,07
68,33
73,85

Berdasarkan tabel 4.1 menunjukkan bahwa siswa yang mengalami ketuntasan belajar sebelum dilakukan penelitian tindakan dan sesudah dilakukan tindakan siklus I dan siklus II dapat digambarkan pada grafik di bawah ini :
Grafik 4.1 : Nilai Rata-Rata Sebelum dan sesudah Tindakan



Dibawah ini disajikan hasil rekapitulasi nilai sebelum dan sesudah tindakan yaitu siklus I dan siklus II
Tabel 4.2 Rekapitulasi Nilai Siswa Sebelum dan Sesudah Tindakan
RENTANG NILAI
SEBELUM TINDAKAN
ULANGAN SIKLUS   I
ULANGAN SIKLUS   II
0 – 14
-
-
-
15 – 24
1
-
-
25 – 34
2
-
-
35 – 44
4
1
-
45 – 54
7
2
-
55 – 64
9
10
5
65 – 74
18
24
15
75 – 84
1
5
17
85 – 94
-
-
5
95 - 100
-
-
-
Sumber :Hasil rekapitulasi nilai ulangan sebelum dan sesudah tindakan yang diamati oleh peneliti dan guru mata pelajaran IPS Ekonomi.

Dari tabel 4.1 dapat diketahui sebelum diadakan tindakan, siswa yang memperoleh nilai 65 atau setelah mencapai standar ketuntasan belajar sebanyak 19 orantg atau sebesar 45,24%. Setelah diadakan siklus I, siswa yang mencapai ketuntasan belajar meningkat menjadi 29 orang atau 69,05%. Dan pada siklus ke II, siswa yang mencapai standar ketuntasan meningkat menjadi 37 orang siswa atau sebesar 88,09%. Untuk lebih jelasnya lagi dibawah ini disajikan grafik persentase jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebelum tindakan dan sesudah tindakan pada siklus I dan siklus II.

Grafik 4.2 :Persentase jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebelum   
                   dan sesudah tindakan
                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                               
C.  PEMBAHASAN
Penelitian tindakan kelas ini dilakukan pada siswa kelas VIII C SMPN 1 Sungai Raya pada mata pelajaran IPS Ekonomi dengan guru kolaborator Endi A.Md. penelitian ini dilaksanakan dengan sumber-sumber permasalahan yang telah ditulis pada BAB I, BAB II dan BAB III. Tindakan yang dilakukan dalam penelitian ini sebanyak 2 siklus, yaitu siklus pertama terdiri dari 3 kali pertemuan dan siklus kedua sebanyak tiga kali pertemuan. Setiap siklus dilaksanakan dengan materi pembelajaran satu pokok bahasan dan dengan sub pokok bahasan yang berbeda.
Peneliti dan guru mitra bersepakat menggunakan teknik pembelajaran dengan Group Investigation yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas sudah sesuai dengan prosedur penelitian tindakan kelas. Dimana tindakan terbagi menjadi beberapa siklus tindakan yang direncanakan sesuai dengan permasalahan baru yang muncul dari hasil siklus terdahulu dengan adanya permasalahan itu kemudian dibuat suatu rencana tindakan selanjutnya untuk pelaksanaan siklus berikutnya.
Dalam pembahasan ini akan dikemukakan tentang perkembangan kemajuan belajar siswa selama dilaksanakan tindakan ( dua siklus ), mengenai perkembangan minat belajar siswa yang dapat dilihat dari hasil belajar siswa dan perkembangan sikap siswa dalam proses pembelajaran IPS Ekonomi dengan menggunakan teknik pembelajaran Group Investigation.
Pada pelaksanaan tindakan kelas ini siswa dibagi menjadi 6 kelompok belajar dengan setiap kelompok terdiri dari 7 orang siswa. Tugas yang harus dikerjakan oleh setiap kelompok adalah mendiskusikan materi yang sudah dibagikan kemudian beberapa kelompok lain diminta mempresentasikan hasil tugasnya dan kelompok lain memberikan tanggapan.
Berdasarkan hasil pengamatan dan refleksi maka dapat diketahui hal-hal sebagai berikut :
1.         Rendahnya nilai rata-rata ulangan dan sedikitnya siswa yang mencapai nilai ketuntasan pada mata pelajaran IPS Ekonomi, hal inilah yang menjadi permasalahan bagi guru mata pelajaran IPS Ekonomi yang mengajar dikelas VIII C SMPN 1 Sungai Raya. Dengan rendahnya nilai rata-rata yang didapat oleh siswa kelas VIII C SMPN 1 Sungai Raya, peneliti tertarik untuk mencari sebab serta solusi yang tepat untuk permasalahan tersebut dengan melakukan penelitian tindakan kelas. Setelah melakukan observasi awal, diketahui bahwa guru dalam melaksanakan pembelajaran dikelas masih didominasi oleh metode ceramah sehingga siswa lebih bersifat pasif, siswa hanya mendengarkan informasi dari guru, selain itu penyampaian materi secara kontekstual oleh guru juga dirasakan kurang mengembangkan kemampuan berfikir. Hal ini mentyebabkan siswa menjadi jenuh, kurang berminat mengikuti pelajaran sehingga tidak jarang ada siswa yang tidak serius mengikuti pelajaran di kelas. Dengan menerapkan teknik pembelajaran Group Investigation dalam proses pembelajaran IPS Ekonomi diharapkan dapat meningkatkan minat siswa dan keaktifan siswa, siswa juga dapat lebih serius dalam belajar yang pada akhirnya berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa yang dilihat dari meningkatnya hasil nilai ulangan yang diberikan kepada siswa.

2.   Dalam pelaksanaan siklus 1 peneliti menginformasikan  tentang pembelajaran dengan menggunakan Group Investigation dimana siswa diberikan contoh Group Investigation dan cara membahasnya. Kemudian siswa diberi tugas mendiskusikan materi yang sudah ditentukan dan dibimbing oleh guru. Pada pelaksanaan siklus 1 ini terdapat kemajuan, tetapi belum memuaskan.  Hal ini dilihat dari sebagian siswa masih ada yang kurang serius mengerjakan tugas mereka. Adapun hal-hal yang ditemukan dalam siklus 1 adalah sebagai berikut :
a)            Sebagian siswa mulai tertarik dengan teknik pembelajaran Group Investigation dalam pelajaran IPS Ekonomi,
b)            Sebagian siswa sudah mulai banyak bertanya kepada guru tentang pelajaran dan siswa sudah mulai tertarik membahas tugas mereka yang berupa soal-soal,
c)            Guru sudah memberikan bimbingan, arahan dan motivasi kepada siswa tetapi masih dirasakan kurang karena masih banyak siswa yang kebingungan tentang cara mengerjakan ( awal pertemuan), selain itu juga guru kurang memberikan penguatan kepada siswa sehingga siswa tidak percaya diri dalam memberikan penjelasan tentang Group Investigation yang mereka bahas dalam menjawab pertanyaan dari kelompok yang lain,
d)           Masih ada siswa yang malas untuk berfikir dalam kerja kelompok,
e)            Waktu yang tersedia kurang mencukupi sehingga dalam pelaksanaannya kurang sesuai dengan urutan rencana yang ditetapkan,
f)             Hasil pelaksanaan siklus 1 menunjukkan kemajuan yang tidak begitu memuaskan. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata ulangan  siswa yaitu 68,33 yang hanya mengalami peningkatan sebesar 12,26 dan siswa yang mencapai standar ketuntasan juga mengalami peningkatan yaitu siswa yang mendapat nilai 65 berjumlah 29 orang atau sebesar 69,05%. Dalam pelaksanaan siklus 1, dapat dilihat perubahan minat siswa kelas VIII C SMPN 1 Sungai Raya yang dilihat dari keaktifan dan kerja sama siswa dalam mengikuti proses pembelajaran Group Investigation yang ditunjukkan dari tabel 4.5 ( terlampir ) didapat 66,67% siswa yang aktif dan kerja sama dalam mengikuti pembelajaran dengan menggunakan Group Investigation. Pada siklus 2 perubahan minat belajar siswa kelas VIII C SMPN 1 Sungai Raya dapat dilihat pada tabel 4.6 ( terlampir ). Dari tabel 4.6 didapat 85,71% siswa yang aktif dan kerja sama dalam mengikuti pembelajaran Group Investigation. Sehingga dapat dilihat perubahan minat belajar siswa dari siklus 1 dan 2 menjadi 18,50%.

3.   Dalam pelaksanaan siklus ke 2, teknik pembelajaran yang diberikan masih sama yaitu teknik pembelajaran Group Investigation. Pada siklus ini masih terdapat siswa yang kurang aktif dalam belajar. Namun nilai hasil belajar siswa mengalami peningkatan dibandingkan siklus 1, adapun hal-hal yang ditemukan pada siklus 2 adalah :
a)            Strategi pembelajaran sudah berjalan dengan baik sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan, hal ini dilihat dari kesesuaian waktu antara penyajian materi pelajaran dengan waktu yang tersedia,
b)            Siswa sudah mengarti dan memahami cara pengerjaan tugas mereka,
c)            Siswa lebih termotivasi dan aktif bekerja sama dalam mengerjakan tugas mereka,
d)           Siswa sudah mengalami peningkatan dalam bekerja sama dengan kelompoknya dimana siswa mulai dapat berbagi pekerjaan dengan temannya untuk menyelesaikan pekerjaan kelompoknya,
e)            Masih ada siswa yang malas berfikir dan terlibat dalam pekerjaan kelompoknya
f)             Hasil kegiatan siklus 2 telah menunjukkan kemajuan yang cukup berarti dengan tercapainya standar ketuntasan yaitu 65. nilai rata-rata kelas yang diperoleh yakni 73,85 meningkat sebesar 17,78 dan ketuntasan belajar siswa mencapai 88,09% pada siklus ke 2 siswa yang memperoleh nilai ulangan 65 berjumlah 37 siswa.
D.    PENGUJIAN HIPOTESIS     
        Berdasarkan uraian dalam pembahasan, maka pembuktian hipotesis yang diterapkan sebagaimana tabel di bawah ini :
Tabel 4.3 : Pencapaian Berdasarkan Indikator Kerja Tindakan  di kelas   VIII C SMPN 1 Sungai Raya tahun ajaran 2010/2011.     
No
Aspek
Siklus I
Siklus II
Indikator
Kinerja
Hasil
Indikator
Kinerja
Hasil
1
Guru
Ada peningkatan disetiap pertemuan
Ada peningkatan
Ada peningkatan disetiap pertemuan
Ada peningkatan
2
Aktifitas Siswa
60 % siswa aktif dan kerja sama
66,67
70 % siswa aktif dan kerja sama
85,71
3
Hasil Belajar
60 % tuntas
69.05 %
70 % tuntas
88.09 %
4
Nilai rata-rata
56,07
Nilai awal
68,33

73,85
Sumber : Hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti bekerja sama dengan guru mitra.
          Berdasarkan tabel diatas menunjukkan bahwa peningkatan keaktifan dan kerja sama siswa dalam proses pembelajaran IPS Ekonomi dengan menggunakan Grioup Investigation pada siklus 1 sebesar 66,67% dan siklus ke 2 sebesar 85,71%, dan  Pencapaian hasil belajar siswa pada siklus 1 sebesar 69,05% serta pada siklus 2 sebesar 88,09% dengan nilai rata-rata siswa yang mengikuti pembelajaran IPS Ekonomi pada siklus 1 sebesar 68,33 dan nilai rata-rata siswa pada siklus 2 sebesar 73,85.
         Hal diatas menunjukkan bahwa penggunaan Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII C SMPN 1 Sungai Raya. Dalam hal ini skenario yang disusun bersama peneliti dengan guru mitra ternyata memberi pengaruh terhadap keaktifan belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran IPS Ekonomi.
         Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa dengan penggunaan Group Investigation dalam pembelajaran IPS Ekonomi, hasil belajar siswa dikelas VIII C SMPN 1 Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya dapat ditingkatkan

BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN

A.    KESIMPULAN
Berdasarkan hasil-hasil penelitian tindakan kelas yang diuraikan pada BAB I, II dan BAB III, dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut :
  1. Penggunaan teknik pembelajaran Group Investigation dalam kegiatan pembelajaran dapat meningkatkan minat belajar siswa, hal ini dilihat dari keseriusan dan keaktifan dan kerja sama siswa,  
  2. Indikasi keberhasilan dari teknik pembelajaran Group Investigation dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa yang diambil dari nilai postest. Sebelum diadakan tindakan rata-rata ulangan harian siswa hanya sebesar 56,07 kemudian meningkat menjadi 68,33 pada siklus 1 dan 73,85 pada siklus ke 2.
  3. Usaha-usaha yang dilakukan oleh guru IPS Ekonomi dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas VIII C SMPN 1 Sungai Raya adalah dengan menggunakan sumber-sumber belajar dari buku dari berbagai penerbit yang relevan dengan pelajaran IPS Ekonomi. Selain itu, dalam kegiatan belajar-mengajar menggunakan teknik pembelajaran Group Investigation.





B.   SARAN
a.       Siswa hendaknya lebih tertib dan serius dalam mengikuti proses pembelajaran dan memperhatikan guru yang menjelaskan didepan kelas,
b.      Dalam belajar kelompok diharapkan kepada siswa agar saling bekerja sama dengan baik dan dapat mengerjakan tugas bersama-sama, tidak mengandalkan temannya,
c.       Siswa yang kurang aktif diharapkan jangan malu dalam bertanya,
d.      Sebaiknya guru IPS Ekonomi dapat lebih menumbuhkan aktifitas dan kreatifitas belajar siswa dengan menggunakan model Group Investigation serta menanamkan nilai-nilai tentang pentingnya belajar.















DAFTAR PUSTAKA


Abdul Azis Wahab. 2007. “Metode dan Model-Model Mengajar”. Bandung : Alfabeta

Amrazi Zakso. 2009. “Model Pembelajaran Alternatif”.  Pontianak : FKIP UNTAN.

Basuki Wibawa.  2004. “Penelitian Tindakan Kelas”. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Tenaga Kependidikan.

Etin Solihatin, dkk. 2005. “Cooperative Learning, Analisis Model Pembelajaran IPS”.  Jakarta : Bumi Aksara.

FKIP UNTAN. 2007. “Pedoman Penulis Karya Ilmiah”.  Pontianak : FKIP UNTAN

IGAK Wardhani, dkk.  2007. “Penelitian tindakan Kelas”.  Jakarta : Universitas Terbuka.

R. Ibrahim, dkk. 2003. “Perencanaan Pengajaran”.  Jakarta : Rineka Cipta.

Robert E. Slavin.  2008. “Coorperative Learning”.  Bandung : Nusa Media

Suharsimi Arikunto, dkk. 2006. “ Penelitian Tindakan Kelas”.  Jakarta : Bumi Aksara.

Tjipto Sumadi.  1999. “Pengajaran Ilmu Pengetahuan sosial”.  Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Trianto.  2007. “Model Pembelajaran Terpadu”.  Jakarta : Prestasi Pustaka
Undang-undang Republik Indonesia No. 20. 2003. “Sistem Pendidikan Nasional”.  Bandung : Citra Umbara.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar