Kami keluarga besar MGMP IPS Kabupaten Kubu Raya Mengucapkan SELAMAT HARI NATALTAHUN 2013 DAN SELAMAT TAHUN BARU 2014 . Semoga di tahun 2014 MGMP IPS dapat lebih memberikan manfaat dalam peningkatan profesionalisme guru INFORMASI PERTEMUAN BULAN JANUARI DILAKSANAKAN TANGGAL 16 JANUARI PUKUL 07.30 DI SMP NEGERI 12 SUNGAI RAYA HARAP MEMBAWA RPP

Senin, 23 Juli 2012

KEKOMPOK 2 LAP PTK





PENGGUNAAN MEDIA MUSIK DAN NYANYIAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL  BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPS SEJARAH  DIKELAS IX F SMP NEGERI 3 SUNGAI RAYA KABUPATEN KUBU RAYA.

                                               LAPORAN       
                                                             OLEH :
MASHUDI RAHMAD .S.Pd
JOKO HADIWIJAYA.S.Pd
SALIYAH.S.Pd
WARYO.S.Pd
                                




PEMERINTAH KABUPATEN KUBU RAYA
DINAS PENDIDIKAN 
SMP NEGERI 3 SUNGAI RAYA


2012

LEMBAR PENGESAHAN
PENGGUNAAN MEDIA MUSIK DAN NYANYIAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL  BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPS SEJARAH  DIKELAS IX F SMP NEGERI 3 SUNGAI RAYA KABUPATEN KUBU RAYA.



tutwuri





OLEH :
MASHUDI RAHMAD .S.Pd
JOKO HADIWIJAYA.S.Pd
SALIYAH.S.Pd
WARYO.S.Pd
                                         
 DISETUJUI OLEH




                                        

                             



KATA PENGANTAR
         Fuji sukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, yang telah melimpahkan taufik dan hidayahnya serta kekuatan dan kemudahan bagi peserta / peneliti sehingga dapat menyelesaikan Laporan Penelitian Tindaka sekolah sebagai imflementasi dari Tugas MGMP  Dari  tanggal 25 juni sampai 17 juli 2012.
         Penelitian Tindakan Kelas (PTK)  dengan Judul ” Penggunaan media musik dan nyanyian untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS Sejarah di kelas IX F SMP Negeri 3 Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya,
          Segala Upaya dalam penyelesaian Kartulis Ilmiah ini adalah karna berkat kerjasama kelompok dan pembimbing yang mendukung satu sama lain maka melalui laporan ini kami menghaturkan banyak terima kasih kepada Yth :
1.      Bapak  widiaswara Asep Sutisna M.Pd
2.      Kerjasama kelompok   SMP, Khusunya Kelompok IPS Kabupaten Kubu Raya
3.      Pihak-pihak lain yang mendukung.
Semoga apa yang  menjadi masukan dan saran dari semua fihak dapat menjadi acuan dan perbaikan Karya tulis ilmiah ini sehingga untuk dimasa yang akan datang karya tulis ini tampil lebih mendekati kesempurnaan demi karya dimasa-masa yang akan datang.
           Akhirnya atas nama peneliti hanya dapat menghatur terima kasih atas segala kontribusinya terhadap penyelesaian karya tulis ini mudah-mudahan dengan tampil karya tulis ini dapat membantu Bapak /Ibu guru dalam upaya peningkatan Propesional guru dan kualitas pendidikan pada umunya
                                                                                       Pontianak, 12 juli 2012
                                                                                                                          
                                                         Peneliti

DAFTAR  ISI

Judul………….…………………………………………………………… . i
Lembar Pengesahan…………………………………………………………ii
Daftar Isi…….………………………………………………………………iii
Kata Pengantar………………………………………………………………iv
Daftar Lampiran…………………………………………………………..  v
Ringkasan…………………………………………………………………. vi

BAB. I  PENDAHULUAN
A.     Latar Belakang Masalah………………………………………………… 1
B.     Identifikasi Masalah       …………………………………………………2
C.     Pemecahan Masalah…………………………………………………….. 2
D.     Tujuan Penelitian………..……………………………………………… 2
E.      Manfaat penelitian…………………………………………………… … 2
BAB.II KAJIAN PUSTAKA
A.     Kajian Teori dan hasil Penelitianyang relevan…………………….……..3
B.     Kerangka berpikir      …..………………………………………….…….3
BAB. III METODE PENELITIAN
A.     Subjek,Lokasi dan Waktu Penelitian……………………………………. ..8
B.     Prosedur  Penelitian……..………………………………………………... 8
C.     Teknik Pengumpulan Data..…………………………………………….…8
D.     Teknik Analisis Data……….……………………………………………..10
E.      Indikator Keberhasilan……………………………………………………11      

                                                           BAB I


A.  LATAR BELAKANG
       Proses  pembelajaran  dalam  sistem   intruksional   merupakan salah satu aspek yang didalamnya terjadi berbagai interaksi  unsur pembelajaran,diantaranya adalah guru,tujuan,materi,  metode, alat bantu mengajar bagi  siswa  .Guru  harus  mampu menciptakan model pembelajaran  yangefektif untuk mencapai tujuanpembelajaran.
      Proses pembelajaran akan berhasil dengan baik bila  mana  ditunjang dengan kemampuan guru dalam menciptakan situasi atau interaksi belajar mengajar,interakasi dalam proses belajar yang menarik dan  menyenangkan akan menumbuhkan minat belajar yang tinggi bagi siswa.Sehubungan dengan itu Guru harus menentukan atau memilih metode mengajar yang sesuai dengan tujuan dan materi pelajaran dalam proses   pembelajaran yang dilakukan.
      Pelajaran IPS Sejarah merupakan pembelajaran yang sulit bagi siswa,karena pelajaran tersebut merupakan pelajaran  yang banyak menggu-Nakan hafalan dan cerita yang berkaitan dengan   terjadinya suatu peristiwa  .    Salah sutu metode yang mampu membuat siswa berfartisipasi dalam pembelajaran adalah dengan menggunakan nyanyian dan musik .Agar siswa  mampu  menghafal   hal-hal   yang berkaitan   dengan materi yang disampaikan kepada siswa . Mengubah kalimat dalam lagu menjadi kalimat yang berkaitan dengan materi yang disampaikan,,ini semua bisa membantu  siswa menghafal mulai dari kejadian,tempat kejadian,tanggal kejadian sampai tokoh-tokoh yang terlibat peristiwa yang lalu yang menjadi sejarah bangsa .Pada kenyataannya bahwaSetiap pelajaran sejarah sebagian besar murid SMP Negeri 3 Sungai RayaKelas IX E mengalami kesulitan untuk menghafal hal-hal yang berkenaanTanggal kejadian,tempat kejadian,dan nama tokoh yang terlibat dalamKejadian tersebut serta peristiwa apa yang terjadi.
        Pada dasarnya kelas IX F ini merupakan kelas yang dilihat dari hasi lbelajarnya pada mata pealajaran IPS Sejarah ,apabila dilakukan penilaianSecara tertulis maupun lisan selalu mendapatkan nilai dibawah KMM.Dengan menggunakan nyanyain dan musik maka ada peningkatan dalamHasil penilaian secara tertulis maupun lisan.

B.     RUMUSAN MASALAH
       Berdasarkan latar belakang tersebut diatas, maka masalah dalam penelitian ini  adalah : “Apakah dengan menggunakan media musik dan nyanyian dapat meningkatkan hasil bejar siswa SMP Negeri 3 Sungai “Raya  Kelas IX f.

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN

         Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah:
1.      Meningkatkan hasil siswa dalam pembelajaran pelajaran IPS
2.      Meningkatkan prestasi siswa pada mata pelajaran IPS sejarah
3.      Meningkatkan kinerja guru dalam pembelajaran IPS Sejarah kelas IX F


D.  MANFAAT PENELITIAN

Hasil dari penelitian tindakan kelas ini akan memberikan manfaat yang berarti bagi perorangan ./intansi di bawah ini

1.      Siswa
a.memberikan motivasi dan mengubah prilaku murid dalam kegiatan     belajar   
   mengajar.
b.mengungkap pengetahuan siswa dalam menghafal tanggal, tempat dan  tokoh
   yang terjadi
c.melakukan evaluasi akhir satu pokok bahasan atau sub pokok bahas an yang
   dibelajarkan .

2.      Guru
a.       Meningkatkan kemampuan guru dalam menggunakan media computer
b.      Lebih memudahkan melaksanakan KBM
c.       Dengan menggunkan musik dan nyanyian lebih memudahkan guru dalam menyampaikan materi





                                                         BAB II

.KAJIAN TEORI

          Belajar dalam pandangan teori  modern  adalah merupakan proses perubahan   tingkah   laku   interaksi   dengan   lingkungan ,  jadi seorang dikatakan   melakukan   kegiatan  belajar  setelah  ia   memperoleh  hasil misalnya dari tidak tahu ,tidak mengerti menjadi mengerti .
           Belajar  menurut   daya, jiwa  manusia  terdiri  dari  berbagai  daya,Keinginan  dan  daya  kemauan. Daya akan berfungsi jika telah terbentukAtau  berkembang  ,oleh karena  itu  daya  tersebut harus terlatih belajar Menurut fiskologi assosiasi.
           Aliran  fiskologi  ini  terkenal  dengan  sebutan  S-R  Bond  The Ory Yaitu  teori stimulus  dan respon.  Setiap  stimulus  akan  menimbulkan respon atau  jawaban  tertentu ,ikatan  stimulus  dan  respon ini  akan bertambah kuat apabila sering mendapat latihan.Tiori ini dikemukakan oleh Thorndike.
        Teori belajar menurut  fiskologi  daya  seperti yang sudah diuraikan diatas, bahwa jiwa manusia terdiri dari berbagai daya dimana salah satu diantaranya adalah daya ingat.Hakekat dari daya ingat adalakemampuan dari jiwa manusia untuk   mengungkapkan atau  mengaktualkan  kembali hal-hal atau konsep- konsep yang telah diterimaOleh jiwanya. Daya ingat dalam  proses  pembelajaran  IPS  sejarah  merupakan  ide- ide ,struktur-struktur  dari   hubungan yang lebih abstrak (Herman Hudojo,1979,hal 96 ).
         Kata media berasal dari bahasa latin dan merupakan bentuk jamakDari kata medium yang secara harfiah berarti  perentara, dan juga mediaItu merupakan wahana penyalur pesan atau informasi  belajar, sedangkan defenisi mediapendidikan atau media pembelajaran  dalam IPS sejarah sering disebut dengan alat peraga.Dalam pembelajaran dapat
Terjadi komunikasi,dan hal ini bisa disebabkan oleh beberapa hal,diantaranya :
1.      Guru kurang mampu dalam menyampaikan informasi
2.      Adanya perbedaandaya tangkap para siswa
3.      Adanya perbedaan ruang dan waktu
4.      Jumlah siswa dalam kelas relatif besar sehingga sulit dijangkau.

Untuk menghindari kemungkinan terjadi salah komunikasi, maka perlu media pembelajaran yang menurut Darhim (1993) berfungsi:

1.      Menghindari kesalahan komunikasi
2.      Meningkatkan hasil proses belajar mengajar
3.      Membangkitkan minat belajar
4.      Membantu daya ingat atau daya tilik siswa
5.      Melihat hubungan antara konsep IPS Sejarah dengan lingkungan
                 
                









                                         BAB  III
METODOLOGI PENELITIAN

1.      Tempat penelitian
Tempat penelitian dilakukan di SMP Negeri 3 Sungai Raya  Kabupaten Kubu Raya Khususnya Pada kelas IX F.

2.    WAKTU PENELITIAN

         Jadwal penelitian dibuat  pada bulan awal januari 2011 ( awal semester genap ) sampai pada akhir maret.


No
Jenis Kegiatan
Januari
Pebruari
Maret
1
Persetujuan Proposal












2
Persiapan Penelitian












3
Tindakan Kelas












4
Pengelolaam data












5
Analisis Hasil












6
Laporan Hasil












E.        Prosedur penelitian dan Rencana tindakan
Siklus pertama
Penelitian ini menggunakan metode tindakan kelas,yang bersiklus dialkukan dalam tahap, penelitian ini dilakukan melalui 2 tahap :

1.      Tahap Perencanaan
Dalam tahap perencanaan ini dilakukan dengan cara mempersiapkan perangat pembelajaran

2.      Tahap Pelaksanaan
Dalam tahap pelakasanaan ini adalah tahap yang menetukan apakah  metode yang diterapkan itu bisa tercapai atau tidak.
Tahap pelaksanaan terdiri dari :

a.Menyusun  rencana tindakan
    Untuk menyusun rencana tindakan ini dilakukan beberapa cara:
1.      Guru  mempersiapkan bahan ajar termasuk dalam hal ini RPP
2.      Karena  menggunakan media musik dan nyanyian ini juga dipersiapkan.
a.       Melaksanakan tindakan.
Untuk  melaksanakan  tindakan ini siswa diajak mengingat salah satu lagu yang lagi tren atau yang lagi top-topnya setelahItu kita ganti kata dalam lagu itu dengan kata –kata dalam materi yang yang akan kita sampaikan .Kemudian siswa kita ajak menyanyikan lagu yang kalimatnya sudah diganti dengan materi pelajaran .
Selain kami sendiri  selaku peneliti juga dari guru yang sama-sama mengajar IPS sekaligus pengamat  dalam kegiatan mengajar berlangsung  dan siswa yang dikenai  tindakan.

F.      Alat pengumpul data dan observasi

Alat pengumpul data adalah
1.Catatan harian ini meliputi perubahan cara guru dalam    menetukan  metode pembelajaran  agar siswa dapat   menghafal hal-hal yang  penting dalam pelajaran IPS sejarah

2.Pengamatan kelas untuk merekam interaksi guru   
dan murud
Dalam hal ini penanaman konsep yang meliputi suasana   kelas,dan aktifitas siswa dalam  mengikuti pelajaran.  Pengamatan yang dilakukan oleh peneliti dengan guru       IPS yang lainsebagai pembantu peneliti
.
                   3.pengukuran hasil belajar
 Pengukuran hasil belajar dilakukan dengan tes belajar   yang  disusun  berdasarkan  konsep /sub konsep yang  diajarkan dengan bentuk nyanyian yang dibuat oleh guruCatatan harian ini meliputi perubahan cara guru  dalam menetukan metode pembelajaran  agar siswa    dapat menghafal hal-hal yang penting dalam pelajaran  IPS sejarah

G.    ANALISIS DAN REFLEKSI
a.      Prosedur analisis
Data dianalisis berdasarkan perubahan serta siklus tentang banyakNya frekwensi siswa yang mampu menghafal hal-hal yang berkaitanDengan pelajaran IPS Sejarah.
b.      Pemaknaan hasil analisis dan kreteria keberhasilan
Pemaknaan hasil penelitian mengenai hasil  dari materi pembelajaranDengan membuatnya menjadi nyanyian membuat sisemakin mampu untumenghafal hal- hal yang menyangkut pelajaran IPS sejarah .


            Rencana tindakan siklus berikutnya

Pada siklus berikutnya diharapkan ada peningkatan perubahan prilaku maupun kamampuan menghafal materi IPS Sejarah, Apabila pada siklus ini tidak terjdi perubahan akan dilanjutkan pada siklus berikunya , persentase yang diharapkan pada siklus ini minimal 20 %Dari siklus sebelumnya.

H.       Indikator keberhasilan
Pemaknaan hasil penelitian mengenai hasil  dari materi pembelajaranDengan membuatnya menjadi nyanyian membuat sisemakin mampu untumenghafal hal- hal yang menyangkut pelajaran IPS sejarah .










BAB IV
  A.Hasil penelitian
 hasil penelitian mengenai hasil  dari materi pembelajaran Dengan   membuatnya menjadi nyanyian membuat sisemakin mampu  untumeng hafal hal- hal yang menyangkut  pelajaran  IPS  sejarah .

B.Pembahasan

Proses pembelajaran akan berhasil dengan baik bila  mana  ditunjang dengan kemampuan guru dalam menciptakan situasi atau interaksi belajar mengajar,interakasi dalam proses belajar yang menarik dan  menyenangkan akan menumbuhkan minat belajar yang tinggi bagi siswa.Sehubungan dengan itu Guru harus menentukan atau memilih metode mengajar yang sesuai dengan tujuan dan materi pelajaran dalam proses   pembelajaran yang dilakukan.
      Pelajaran IPS Sejarah merupakan pembelajaran yang sulit bagi siswa,karena pelajaran tersebut merupakan pelajaran  yang banyak menggu-Nakan hafalan dan cerita yang berkaitan dengan   terjadinya suatu peristiwa  .    Salah sutu metode yang mampu membuat siswa berfartisipasi dalam pembelajaran adalah dengan menggunakan nyanyian dan musik .Agar siswa  mampu  menghafal   hal-hal   yang berkaitan   dengan materi yang disampaikan kepada siswa . Mengubah kalimat dalam lagu menjadi kalimat yang berkaitan dengan materi yang disampaikan,,ini semua bisa membantu  siswa menghafal mulai dari kejadian,tempat kejadian,tanggal kejadian sampai tokoh-tokoh yang terlibat peristiwa yang lalu yang menjadi sejarah bangsa .Pada kenyataannya bahwaSetiap pelajaran sejarah sebagian besar murid SMP Negeri 3 Sungai RayaKelas IX E mengalami kesulitan untuk menghafal hal-hal yang berkenaanTanggal kejadian,tempat kejadian,dan nama tokoh yang terlibat dalamKejadian tersebut serta peristiwa apa yang terjadi.
        Pada dasarnya kelas IX F ini merupakan kelas yang dilihat dari hasi lbelajarnya pada mata pealajaran IPS Sejarah ,apabila dilakukan penilaianSecara tertulis maupun lisan selalu mendapatkan nilai dibawah KMM.Dengan menggunakan nyanyain dan musik maka ada peningkatan dalamHasil penilaian secara tertulis maupun lisan.
































BAB V

Kesimpulan
            Dari hasil penelitian yang kami buat dengan judul
  Dapat kami simpulkan bahwa apa yang telah kami temui mulai
Dari latar bealakang masalah,pemecahan masalah ,identifikasi masalah ,tujuan penelitian,prosedur penelitian serta didukung oleh kajian teori sampai kekerangka teori masuk pada bagian bab III muali dari lokasi dan waktu penelitian prosedur penelitian.tehnik penelitian,tehnis analisis  terakhir indikator keberhasilan.ksemua menunjukkan bahwa penelitian kami mempunyai hasil yang cukup meningkat dibandingkan sebelum kami menggunakan metode pembelajaran lain yang pernah kami gunakan untuk mengajar sejarah sikelas IX F ini ,peneingkatan itu dapat dilihat dari hasil ulangan harian yang kami buat.data keberhasilan itu juga dapat dilihat di entri data yang terlampir didalam penelitian kami ini.




                                      DAFTAR PUSTAKA
H.U .Husna Asmara ,Prof,Dr.( 2007-2008 ) Penulisan Karya ilmiah
Thondike,S-R  Bond The Ory (1993) Teori stimulas dan respon
Lif Khoiru Ahmadi,M.Pd, Sopan Amari,S.Pd( Mei 2011) Pengembangan
             Pembelajaran







LAMPIRAN

Contoh Lagu Yang kalimatnya di ubah menjadi
Nada lagu ini Adalah Gugur Bunga

Betapa hatiku takkan pilu telah gugur Pahlawanku
Betapa hatiku takkan sedih Hamba ditinggal sendiri
Gugur Pahlawanku di Lubuk buaya
Karena Dibunuh  oleh PKI

Gugur satu












                

        

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                                  :     SMPN 3 SUNGAI RAYA
Mata Pelajaran                        :     Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester                       :     IX / 2
Standar Kompetensi               :     6.    Memahami usaha mempertahankan Republik Indonesia.
Kompetensi dasar                   :     6.1  Mendeskripsikan peristiwa tragedi nasional, peristiwa Madiun/PKI, DI/TII, G 30 S/PKI dan konflik-konflik internal lainnya.
A.  Tujuan Pembelajaran :
Setelah selesai kegiatan pembelajaran, siswa dapat :
1.      Menjelaskan dampak persoalan hubungan pusat – daerah, persaingan idiologis serta pergolakan sosial politik lainnya terhadap kehidupan nasional dan daerah sampai awal tahun 1960-an dengan tetap memperdulikan sosial dan lingkungan.
2.      Mendeskripsikan terjadinya peristiwa Madiun / PKI dan cara yang dilakukan oleh pemerintah dalam penanggulangannya dan konflik-konflik internal lainnya dengan jujur dan berfikir logis dan kritis.
3.      Menjelaskan terjadinya peristiwa DI / TII dan cara yang dilakukan oleh pemerintah dalam penanggulangannya dengan jujur dan berfikir logis dan kritis.
4.      Menjelaskan keadaan politik, ekonomi, sosial dan budaya sebelum terjadinya peristiwa G 30 S / PKI jujur dan berfikir logis dan kritis.
5.      Menjelaskan terjadinya G 30 S / PKI serta cara penanggulangannya dengan jujur kreatif dan inovatif.
# Karakter siswa yang diharapka Dapat dipercaya ( Trustwort ) Rasa Hormat dan perhatian ( Respect) Tekun ( Dilegenc ) Jujur ( Fairnes)  Kewarganegaraan ( Citizenship)                                                              
B.     MATERI PEMBELAJARAN
1.      Dampak hubungan pusat daerah, persaingan idiologis serta pergolakan sosial politik lainnya terhadap kehidupan nasional dan daerah sampai awal tahun 1960-an.
2.      Latar belakang terjadinya   peristiwa Madiun / PKI, serta yang dilakukan oleh pemerintah dalam penanggulangannya.
3.      Latar belakang terjadinya peristiwa DI / TII, serta yang dilakukan oleh pemerintah dalam penanggulangannya.
4.      Keadaan politik, ekonomi serta sosial budaya sebelum terjadinya peristiwa G 30 S / PKI. Peristiwa G 30 S / PKI serta cara penanggulangannya.
C.     METODE PEMBELAJARAN
1.      Ceramah bervariasi
2.      Penugasan
3.      Diskusi
4.      Tanya jawab
5.      Observasi

D.     Laangkah-langkah kegiatan pembelajaran

1.      Pertemuan I
a.       Pendahuluan
Apersepsi      :  Guru menanyakan materi yang lalu kepada siswa.
Motivasi        :  Guru menyampaikan kompetensi  dasar yang baru kepada siswa. 
b.      Kegiatan
Eksplorasi
-          Guru mengarahkan siswa untuk membaca buku sumber dan mengamati gambar-gambar yang berhubungan dengan kehidupan bangsa  Indonesia (pusat – daerah) sampai awal tahun 1960-an.
-          Siwa di suruh mengingat  satu salah satu lagu yang  akan di berikan oleh guru
-          Guru mengajak siswa untuk menyanyikan lagu tersebut dan kemudian kata-kata dalam lagu tersebut diganti dengan kata kata yang akan dihafal oleh siswa
-          Guru menilai siswa dengan cara menyanyikan lagu tersebut
-           
Elaborasi
-Mempasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas
-Memberikan kesempatan untuk berfikir,menganalisis menyelesaikan masalah
  dan bertindak tanpa rasa takut.
-Mempasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaborasi,
-Mempasilitasi peserta didik berkompetensi secara sehat untuk meningkatkan
  Prestasi belajar
-Mempasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik 
  lisan maupun tertulis,secara individual maupun kelompok.
-Mempasilitasi peserta didik unutk menyajikan hasil kerja indipidual maupun
  Kelompok
-Mempasilitasi peserta didik melakukan pameran,turnamen,festival,serta roduk
  yang dihasilkan
-Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan
 kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

Konfermasi

*Guru bertanya jawab tentang hal- hal yang belum diketahui siswa
*Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
  memberikan penguatan dan penyimpulakan

c.       Penutup
-          Membuat kesimpulan bersama-sama  dari hasil penyampaian materi
-          Refleksi
-          Guru memberikan tugas untuk dikerjakan di rumah.
-           
   E.Sumber Belajar
       1. Buku IPS yang relefan
       2. Peta Indonesia
       3.Nara Sumber
       4.Gambar- gambar pahlawan
       5. Fhoto- fhoto dokumen
       6. Guru