PENGGUNAAN MEDIA MUSIK DAN NYANYIAN UNTUK
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM
MATA PELAJARAN IPS SEJARAH DIKELAS
IX
F SMP NEGERI 3 SUNGAI RAYA KABUPATEN KUBU RAYA.
LAPORAN
OLEH :
MASHUDI
RAHMAD .S.Pd
JOKO
HADIWIJAYA.S.Pd
SALIYAH.S.Pd
WARYO.S.Pd
PEMERINTAH KABUPATEN KUBU RAYA
DINAS PENDIDIKAN
SMP NEGERI 3 SUNGAI RAYA
2012
LEMBAR
PENGESAHAN
PENGGUNAAN
MEDIA MUSIK DAN NYANYIAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPS
SEJARAH DIKELAS
IX
F SMP NEGERI 3 SUNGAI RAYA KABUPATEN KUBU RAYA.
OLEH :
MASHUDI
RAHMAD .S.Pd
JOKO
HADIWIJAYA.S.Pd
SALIYAH.S.Pd
WARYO.S.Pd
DISETUJUI OLEH
KATA PENGANTAR
Fuji sukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, yang telah melimpahkan taufik
dan hidayahnya serta kekuatan dan kemudahan bagi peserta / peneliti sehingga
dapat menyelesaikan Laporan Penelitian Tindaka sekolah sebagai imflementasi
dari Tugas MGMP Dari tanggal 25 juni sampai 17 juli 2012.
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan Judul ” Penggunaan media musik dan
nyanyian untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS
Sejarah di kelas IX F SMP Negeri 3 Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya,
Segala Upaya dalam penyelesaian
Kartulis Ilmiah ini adalah karna berkat kerjasama kelompok dan pembimbing yang
mendukung satu sama lain maka melalui laporan ini kami menghaturkan banyak
terima kasih kepada Yth :
1. Bapak widiaswara Asep Sutisna M.Pd
2. Kerjasama
kelompok SMP, Khusunya Kelompok IPS
Kabupaten Kubu Raya
3. Pihak-pihak
lain yang mendukung.
Semoga
apa yang menjadi masukan dan saran dari
semua fihak dapat menjadi acuan dan perbaikan Karya tulis ilmiah ini sehingga
untuk dimasa yang akan datang karya tulis ini tampil lebih mendekati
kesempurnaan demi karya dimasa-masa yang akan datang.
Akhirnya atas nama peneliti hanya dapat
menghatur terima kasih atas segala kontribusinya terhadap penyelesaian karya
tulis ini mudah-mudahan dengan tampil karya tulis ini dapat membantu Bapak /Ibu
guru dalam upaya peningkatan Propesional guru dan kualitas pendidikan pada
umunya
Pontianak, 12 juli 2012
Peneliti
DAFTAR ISI
Judul………….…………………………………………………………… . i
Lembar
Pengesahan…………………………………………………………ii
Daftar Isi…….………………………………………………………………iii
Kata
Pengantar………………………………………………………………iv
Daftar Lampiran………………………………………………………….. v
Ringkasan………………………………………………………………….
vi
BAB. I PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang Masalah………………………………………………… 1
B.
Identifikasi
Masalah …………………………………………………2
C.
Pemecahan
Masalah…………………………………………………….. 2
D.
Tujuan
Penelitian………..……………………………………………… 2
E.
Manfaat
penelitian…………………………………………………… … 2
BAB.II KAJIAN PUSTAKA
A.
Kajian
Teori dan hasil Penelitianyang relevan…………………….……..3
B.
Kerangka
berpikir …..………………………………………….…….3
BAB. III METODE PENELITIAN
A.
Subjek,Lokasi
dan Waktu Penelitian……………………………………. ..8
B.
Prosedur Penelitian……..………………………………………………... 8
C.
Teknik
Pengumpulan Data..…………………………………………….…8
D.
Teknik
Analisis Data……….……………………………………………..10
E.
Indikator
Keberhasilan……………………………………………………11
BAB I
A. LATAR BELAKANG
Proses
pembelajaran dalam sistem
intruksional merupakan salah
satu aspek yang didalamnya terjadi berbagai interaksi unsur pembelajaran,diantaranya adalah
guru,tujuan,materi, metode, alat bantu
mengajar bagi siswa .Guru
harus mampu menciptakan model
pembelajaran yangefektif untuk mencapai
tujuanpembelajaran.
Proses
pembelajaran akan berhasil dengan baik bila
mana ditunjang dengan kemampuan
guru dalam menciptakan situasi atau interaksi belajar mengajar,interakasi dalam
proses belajar yang menarik dan
menyenangkan akan menumbuhkan minat belajar yang tinggi bagi
siswa.Sehubungan dengan itu Guru harus menentukan atau memilih metode mengajar
yang sesuai dengan tujuan dan materi pelajaran dalam proses pembelajaran yang dilakukan.
Pelajaran IPS Sejarah merupakan pembelajaran yang sulit bagi
siswa,karena pelajaran tersebut merupakan pelajaran yang banyak menggu-Nakan hafalan dan cerita
yang berkaitan dengan terjadinya suatu
peristiwa . Salah sutu metode yang mampu membuat siswa
berfartisipasi dalam pembelajaran adalah dengan menggunakan nyanyian dan musik
.Agar siswa mampu menghafal
hal-hal yang berkaitan dengan materi yang disampaikan kepada siswa
. Mengubah kalimat dalam lagu menjadi kalimat yang berkaitan dengan materi yang
disampaikan,,ini semua bisa membantu
siswa menghafal mulai dari kejadian,tempat kejadian,tanggal kejadian
sampai tokoh-tokoh yang terlibat peristiwa yang lalu yang menjadi sejarah
bangsa .Pada kenyataannya bahwaSetiap pelajaran sejarah sebagian besar murid
SMP Negeri 3 Sungai RayaKelas IX E mengalami kesulitan untuk menghafal hal-hal
yang berkenaanTanggal kejadian,tempat kejadian,dan nama tokoh yang terlibat
dalamKejadian tersebut serta peristiwa apa yang terjadi.
Pada
dasarnya kelas IX F ini merupakan kelas yang dilihat dari hasi lbelajarnya pada
mata pealajaran IPS Sejarah ,apabila dilakukan penilaianSecara tertulis maupun
lisan selalu mendapatkan nilai dibawah KMM.Dengan menggunakan nyanyain dan musik
maka ada peningkatan dalamHasil penilaian secara tertulis maupun lisan.
B. RUMUSAN
MASALAH
Berdasarkan latar belakang tersebut diatas, maka masalah dalam
penelitian ini adalah : “Apakah dengan
menggunakan media musik dan nyanyian dapat meningkatkan hasil bejar siswa SMP
Negeri 3 Sungai “Raya Kelas IX f.
C.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Berdasarkan rumusan masalah di atas,
maka tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah:
1.
Meningkatkan
hasil siswa dalam pembelajaran pelajaran IPS
2.
Meningkatkan
prestasi siswa pada mata pelajaran IPS sejarah
3.
Meningkatkan
kinerja guru dalam pembelajaran IPS Sejarah kelas IX F
D. MANFAAT PENELITIAN
Hasil
dari penelitian tindakan kelas ini akan memberikan manfaat yang berarti bagi
perorangan ./intansi di bawah ini
1. Siswa
a.memberikan motivasi dan
mengubah prilaku murid dalam kegiatan
belajar
mengajar.
b.mengungkap pengetahuan
siswa dalam menghafal tanggal, tempat dan
tokoh
yang terjadi
c.melakukan evaluasi
akhir satu pokok bahasan atau sub pokok bahas an yang
dibelajarkan .
2. Guru
a.
Meningkatkan
kemampuan guru dalam menggunakan media computer
b.
Lebih
memudahkan melaksanakan KBM
c.
Dengan
menggunkan musik dan nyanyian lebih memudahkan guru dalam menyampaikan materi
BAB II
.KAJIAN TEORI
Belajar dalam pandangan teori modern
adalah merupakan proses perubahan
tingkah laku interaksi
dengan lingkungan , jadi seorang dikatakan melakukan
kegiatan belajar setelah
ia memperoleh hasil misalnya dari tidak tahu ,tidak
mengerti menjadi mengerti .
Belajar menurut
daya, jiwa manusia terdiri
dari berbagai daya,Keinginan dan
daya kemauan. Daya akan berfungsi
jika telah terbentukAtau berkembang ,oleh karena
itu daya tersebut harus terlatih belajar Menurut
fiskologi assosiasi.
Aliran fiskologi
ini terkenal dengan
sebutan S-R Bond The Ory Yaitu teori stimulus dan respon.
Setiap stimulus akan
menimbulkan respon atau
jawaban tertentu ,ikatan stimulus
dan respon ini akan bertambah kuat apabila sering mendapat
latihan.Tiori ini dikemukakan oleh Thorndike.
Teori belajar menurut fiskologi
daya seperti yang sudah diuraikan
diatas, bahwa jiwa manusia terdiri dari berbagai daya dimana salah satu
diantaranya adalah daya ingat.Hakekat dari daya ingat adalakemampuan dari jiwa
manusia untuk mengungkapkan atau mengaktualkan
kembali hal-hal atau konsep- konsep yang telah diterimaOleh jiwanya.
Daya ingat dalam proses pembelajaran
IPS sejarah merupakan
ide- ide ,struktur-struktur
dari hubungan yang lebih abstrak
(Herman Hudojo,1979,hal 96 ).
Kata media berasal dari bahasa latin
dan merupakan bentuk jamakDari kata medium yang secara harfiah berarti perentara, dan juga mediaItu merupakan wahana
penyalur pesan atau informasi belajar,
sedangkan defenisi mediapendidikan atau media pembelajaran dalam IPS sejarah sering disebut dengan alat
peraga.Dalam pembelajaran dapat
Terjadi komunikasi,dan hal ini bisa
disebabkan oleh beberapa hal,diantaranya :
1. Guru
kurang mampu dalam menyampaikan informasi
2. Adanya
perbedaandaya tangkap para siswa
3. Adanya
perbedaan ruang dan waktu
4. Jumlah
siswa dalam kelas relatif besar sehingga sulit dijangkau.
Untuk menghindari kemungkinan terjadi
salah komunikasi, maka perlu media pembelajaran yang menurut Darhim (1993) berfungsi:
1. Menghindari
kesalahan komunikasi
2. Meningkatkan
hasil proses belajar mengajar
3. Membangkitkan
minat belajar
4. Membantu
daya ingat atau daya tilik siswa
5. Melihat
hubungan antara konsep IPS Sejarah dengan lingkungan
BAB III
METODOLOGI
PENELITIAN
1.
Tempat
penelitian
Tempat
penelitian dilakukan di SMP Negeri 3 Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya Khususnya Pada kelas IX
F.
2.
WAKTU
PENELITIAN
Jadwal penelitian dibuat pada bulan awal januari 2011 ( awal semester
genap ) sampai pada akhir maret.
No
|
Jenis
Kegiatan
|
Januari
|
Pebruari
|
Maret
|
|||||||||
1
|
Persetujuan
Proposal
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Persiapan
Penelitian
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Tindakan
Kelas
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Pengelolaam
data
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Analisis
Hasil
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Laporan
Hasil
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
E. Prosedur
penelitian dan Rencana tindakan
Siklus
pertama
Penelitian
ini menggunakan metode tindakan kelas,yang bersiklus dialkukan dalam tahap,
penelitian ini dilakukan melalui 2 tahap :
1. Tahap
Perencanaan
Dalam
tahap perencanaan ini dilakukan dengan cara mempersiapkan perangat pembelajaran
2. Tahap
Pelaksanaan
Dalam
tahap pelakasanaan ini adalah tahap yang menetukan apakah metode yang diterapkan itu bisa tercapai atau
tidak.
Tahap pelaksanaan terdiri
dari :
a.Menyusun rencana tindakan
Untuk menyusun rencana tindakan ini
dilakukan beberapa cara:
1.
Guru mempersiapkan bahan ajar termasuk dalam hal
ini RPP
2.
Karena menggunakan media musik dan nyanyian ini juga
dipersiapkan.
a.
Melaksanakan tindakan.
Untuk melaksanakan
tindakan ini siswa diajak mengingat salah satu lagu yang lagi tren atau
yang lagi top-topnya setelahItu kita ganti kata dalam lagu itu dengan kata
–kata dalam materi yang yang akan kita sampaikan .Kemudian siswa kita ajak
menyanyikan lagu yang kalimatnya sudah diganti dengan materi pelajaran .
Selain
kami sendiri selaku peneliti juga dari
guru yang sama-sama mengajar IPS sekaligus pengamat dalam kegiatan mengajar berlangsung dan siswa yang dikenai tindakan.
F. Alat
pengumpul data dan observasi
Alat pengumpul data
adalah
1.Catatan harian ini meliputi
perubahan cara guru dalam menetukan metode pembelajaran agar siswa dapat menghafal hal-hal yang penting
dalam pelajaran IPS sejarah
2.Pengamatan kelas untuk
merekam interaksi guru
dan
murud
Dalam
hal ini penanaman konsep yang meliputi suasana
kelas,dan aktifitas siswa dalam
mengikuti pelajaran. Pengamatan
yang dilakukan oleh peneliti dengan guru
IPS yang lainsebagai pembantu
peneliti
.
3.pengukuran
hasil belajar
Pengukuran hasil belajar
dilakukan dengan tes belajar yang disusun
berdasarkan konsep /sub konsep
yang diajarkan dengan bentuk
nyanyian yang dibuat oleh guruCatatan harian ini meliputi perubahan cara guru dalam
menetukan metode pembelajaran agar siswa
dapat menghafal hal-hal yang
penting dalam pelajaran IPS sejarah
G. ANALISIS
DAN REFLEKSI
a. Prosedur
analisis
Data
dianalisis berdasarkan perubahan serta siklus tentang banyakNya frekwensi siswa
yang mampu menghafal hal-hal yang berkaitanDengan pelajaran IPS Sejarah.
b. Pemaknaan
hasil analisis dan kreteria keberhasilan
Pemaknaan
hasil penelitian mengenai hasil dari
materi pembelajaranDengan membuatnya menjadi nyanyian membuat sisemakin mampu
untumenghafal hal- hal yang menyangkut pelajaran IPS sejarah .
Rencana
tindakan siklus berikutnya
Pada
siklus berikutnya diharapkan ada peningkatan perubahan prilaku maupun kamampuan
menghafal materi IPS Sejarah, Apabila pada siklus ini tidak terjdi perubahan
akan dilanjutkan pada siklus berikunya , persentase yang diharapkan pada siklus
ini minimal 20 %Dari siklus sebelumnya.
H. Indikator keberhasilan
Pemaknaan
hasil penelitian mengenai hasil dari
materi pembelajaranDengan membuatnya menjadi nyanyian membuat sisemakin mampu
untumenghafal hal- hal yang menyangkut pelajaran IPS sejarah .
BAB IV
A.Hasil penelitian
hasil penelitian mengenai hasil dari materi pembelajaran Dengan membuatnya menjadi nyanyian membuat sisemakin
mampu untumeng hafal hal- hal yang
menyangkut pelajaran IPS
sejarah .
B.Pembahasan
Proses pembelajaran akan berhasil dengan baik
bila mana ditunjang dengan kemampuan guru dalam
menciptakan situasi atau interaksi belajar mengajar,interakasi dalam proses
belajar yang menarik dan menyenangkan
akan menumbuhkan minat belajar yang tinggi bagi siswa.Sehubungan dengan itu
Guru harus menentukan atau memilih metode mengajar yang sesuai dengan tujuan
dan materi pelajaran dalam proses
pembelajaran yang dilakukan.
Pelajaran IPS Sejarah merupakan pembelajaran yang sulit bagi
siswa,karena pelajaran tersebut merupakan pelajaran yang banyak menggu-Nakan hafalan dan cerita
yang berkaitan dengan terjadinya suatu
peristiwa . Salah sutu metode yang mampu membuat siswa
berfartisipasi dalam pembelajaran adalah dengan menggunakan nyanyian dan musik
.Agar siswa mampu menghafal
hal-hal yang berkaitan dengan materi yang disampaikan kepada siswa
. Mengubah kalimat dalam lagu menjadi kalimat yang berkaitan dengan materi yang
disampaikan,,ini semua bisa membantu
siswa menghafal mulai dari kejadian,tempat kejadian,tanggal kejadian
sampai tokoh-tokoh yang terlibat peristiwa yang lalu yang menjadi sejarah
bangsa .Pada kenyataannya bahwaSetiap pelajaran sejarah sebagian besar murid
SMP Negeri 3 Sungai RayaKelas IX E mengalami kesulitan untuk menghafal hal-hal
yang berkenaanTanggal kejadian,tempat kejadian,dan nama tokoh yang terlibat
dalamKejadian tersebut serta peristiwa apa yang terjadi.
Pada
dasarnya kelas IX F ini merupakan kelas yang dilihat dari hasi lbelajarnya pada
mata pealajaran IPS Sejarah ,apabila dilakukan penilaianSecara
tertulis maupun lisan selalu mendapatkan nilai dibawah KMM.Dengan menggunakan
nyanyain dan musik maka ada peningkatan dalamHasil penilaian secara tertulis
maupun lisan.
BAB V
Kesimpulan
Dari hasil penelitian yang kami
buat dengan judul
Dapat kami simpulkan bahwa apa yang telah
kami temui mulai
Dari latar bealakang
masalah,pemecahan masalah ,identifikasi masalah ,tujuan penelitian,prosedur
penelitian serta didukung oleh kajian teori sampai kekerangka teori masuk pada
bagian bab III muali dari lokasi dan waktu penelitian prosedur
penelitian.tehnik penelitian,tehnis analisis
terakhir indikator keberhasilan.ksemua menunjukkan bahwa penelitian kami
mempunyai hasil yang cukup meningkat dibandingkan sebelum kami menggunakan
metode pembelajaran lain yang pernah kami gunakan untuk mengajar sejarah
sikelas IX F ini ,peneingkatan itu dapat dilihat dari hasil ulangan harian yang
kami buat.data keberhasilan itu juga dapat dilihat di entri data yang terlampir
didalam penelitian kami ini.
DAFTAR PUSTAKA
H.U .Husna Asmara ,Prof,Dr.(
2007-2008 ) Penulisan Karya ilmiah
Thondike,S-R Bond The Ory (1993) Teori stimulas dan respon
Lif Khoiru Ahmadi,M.Pd, Sopan
Amari,S.Pd( Mei 2011) Pengembangan
Pembelajaran
LAMPIRAN
Contoh
Lagu Yang kalimatnya di ubah menjadi
Nada
lagu ini Adalah Gugur Bunga
Betapa
hatiku takkan pilu telah gugur Pahlawanku
Betapa
hatiku takkan sedih Hamba ditinggal sendiri
Gugur
Pahlawanku di Lubuk buaya
Karena
Dibunuh oleh PKI
Gugur
satu
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMPN 3 SUNGAI RAYA
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester : IX / 2
Standar Kompetensi : 6. Memahami usaha mempertahankan Republik
Indonesia.
Kompetensi dasar : 6.1 Mendeskripsikan
peristiwa tragedi nasional, peristiwa Madiun/PKI, DI/TII, G 30 S/PKI dan
konflik-konflik internal lainnya.
A. Tujuan Pembelajaran :
Setelah selesai kegiatan
pembelajaran, siswa dapat :
1. Menjelaskan
dampak persoalan hubungan pusat – daerah, persaingan idiologis serta pergolakan
sosial politik lainnya terhadap kehidupan nasional dan daerah sampai awal tahun
1960-an dengan tetap memperdulikan sosial dan lingkungan.
2. Mendeskripsikan
terjadinya peristiwa Madiun / PKI dan cara yang dilakukan oleh pemerintah dalam
penanggulangannya dan konflik-konflik internal lainnya dengan jujur dan
berfikir logis dan kritis.
3. Menjelaskan
terjadinya peristiwa DI / TII dan cara yang dilakukan oleh pemerintah dalam
penanggulangannya dengan jujur dan berfikir logis dan kritis.
4. Menjelaskan
keadaan politik, ekonomi, sosial dan budaya sebelum terjadinya peristiwa G 30 S
/ PKI jujur dan berfikir logis dan kritis.
5.
Menjelaskan terjadinya G 30 S / PKI serta cara
penanggulangannya dengan jujur kreatif dan inovatif.
# Karakter siswa yang diharapka Dapat
dipercaya ( Trustwort ) Rasa
Hormat dan perhatian ( Respect) Tekun ( Dilegenc ) Jujur
( Fairnes)
Kewarganegaraan ( Citizenship)
B. MATERI
PEMBELAJARAN
1. Dampak hubungan pusat daerah, persaingan idiologis
serta pergolakan sosial politik lainnya terhadap kehidupan nasional dan daerah
sampai awal tahun 1960-an.
2. Latar
belakang terjadinya peristiwa Madiun /
PKI, serta yang dilakukan oleh pemerintah dalam penanggulangannya.
3. Latar
belakang terjadinya peristiwa DI / TII, serta yang dilakukan oleh pemerintah
dalam penanggulangannya.
4. Keadaan
politik, ekonomi serta sosial budaya sebelum terjadinya peristiwa G 30 S / PKI.
Peristiwa G 30 S / PKI serta cara penanggulangannya.
C. METODE
PEMBELAJARAN
1. Ceramah
bervariasi
2. Penugasan
3. Diskusi
4. Tanya
jawab
5. Observasi
D. Laangkah-langkah
kegiatan pembelajaran
1. Pertemuan
I
a. Pendahuluan
Apersepsi : Guru
menanyakan materi yang lalu kepada siswa.
Motivasi : Guru
menyampaikan kompetensi dasar yang baru
kepada siswa.
b. Kegiatan
Eksplorasi
-
Guru mengarahkan siswa untuk membaca buku sumber dan
mengamati gambar-gambar yang berhubungan dengan kehidupan bangsa Indonesia (pusat – daerah) sampai awal tahun
1960-an.
-
Siwa di suruh mengingat satu salah satu lagu yang akan di berikan oleh guru
-
Guru
mengajak siswa untuk menyanyikan lagu tersebut dan kemudian kata-kata dalam
lagu tersebut diganti dengan kata kata yang akan dihafal oleh siswa
-
Guru menilai siswa dengan cara menyanyikan lagu
tersebut
-
Elaborasi
-Mempasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas
-Memberikan kesempatan untuk berfikir,menganalisis
menyelesaikan masalah
dan bertindak
tanpa rasa takut.
-Mempasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaborasi,
-Mempasilitasi peserta didik berkompetensi secara
sehat untuk meningkatkan
Prestasi
belajar
-Mempasilitasi peserta didik membuat laporan
eksplorasi yang dilakukan baik
lisan maupun tertulis,secara
individual maupun kelompok.
-Mempasilitasi peserta didik unutk menyajikan hasil
kerja indipidual maupun
Kelompok
-Mempasilitasi peserta didik melakukan
pameran,turnamen,festival,serta roduk
yang
dihasilkan
-Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan
kebanggaan dan
rasa percaya diri peserta didik.
Konfermasi
*Guru bertanya jawab tentang hal- hal yang belum
diketahui siswa
*Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman,
memberikan
penguatan dan penyimpulakan
c. Penutup
-
Membuat kesimpulan bersama-sama dari hasil penyampaian materi
-
Refleksi
-
Guru memberikan tugas untuk dikerjakan di rumah.
-
E.Sumber Belajar
1. Buku IPS yang relefan
2. Peta Indonesia
3.Nara Sumber
4.Gambar- gambar pahlawan
5. Fhoto- fhoto dokumen
6. Guru